ArenaLTE.com – Kehadiran teknologi 4G LTE yang masih terbilang baru di Indonesia, menjadi peluang besar bagi para produsen smartphone untuk menggelontorkan berbagai produk andalannya. Lenovo adalah salah satu vendor yang cukup gencar. Berbagai tipe smartphone 4G LTE Lenovo telah menghiasi pasar ponsel di Tanah Air. Menurut perusahaan, dengan memperkenalkan produk 4G yang lebih awal, membuat produknya lebih teruji dibanding pesaing untuk menghasilkan smartphone 4G LTE berkualitas.

Langkah agresif ini membuahkan hasil. Menurut riset yang dilakukan International Data Corporation (IDC), Lenovo menduduki posisi utama di kategori smartphone 4G Indonesia. “Kami bangga menjadi vendor utama di segmen smartphone 4G dan masuk ke pasar ini sejak akhir 2014 ketika banyak vendor lain masih berkutat di smartphone berteknologi 3G. Bahkan berdasarkan data IDC, Lenovo merupakan market leader di segmen 4G smartphone dalam 3 kuartal berturut-turut. Pada kuartal III 2015, kami berhasil meraih pangsa pasar 19,6% naik dari kuartal II yang sebesar 19,2% ” ujar Miranda Vania Warokka, Mobile Business Group (MBG) Marketing Lead Lenovo Indonesia di acara Lenovo 4G Parade yang berlangsung di Jakarta, pekan lalu.

Jajaran smartphone 4G LTE Lenovo terbilang lengkap di semua kelas, baik segmen high-end, middle-end hingga low-end. Nah, bagi Anda yang tertarik untuk belanja ponsel baru pada akhir tahun ini, berikut ini panduan lengkap apa saja smartphone 4G LTE Lenovo yang telah beredar di Indonesia:

DAFTAR Smartphone 4G LTE LENOVO: Segmen High-end

1. Lenovo Vibe S1

lenovo vibe s1 3 picSelfie saat ini adalah jenis foto paling populer yang diambil menggunakan smartphone. Lebih dari sejuta foto selfie dijepret per hari, dan sekitar 48 persen di antaranya di-share di Facebook yang merupakan media sosial paling populer di Indonesia. Maka dibuatlah Lenovo Vibe S1, smartphone unik berlayar 5 inci ini yang mengusung dua kamera depan pertama di dunia ditunjang desain cover belakang berupa kaca lengkung. Kamera selfie Lenovo Vibe S1 juga hadir dengan sejumlah fitur atraktif.

Kamera selfie pada smartphone 4G LTE Lenovo ini bertahta di bagian depan yang terdiri dari kamera utama 8MP untuk mengambil foto paling tajam serta kamera kedua 2MP untuk menganalisa kedalaman informasi medan atau ruang. Sejatinya, ingin meniru kemampuan penglihatan manusia yang memiliki dua mata. Kedua kamera bekerjsa secara bersamaan untuk melepaskan segudang kemungkinan baru, menghadirkan karya selfie kreatif. Sementara itu kamera yang ada di belakang menghasilkan resolusi maksimal 13 MP. Dapur pacunya adalah prosesor MediaTek Octa-core 64 bit dan RAM 3GB dan sistem operasi Android 5.0 Lollipop. Lenovo mematok harga Vibe S1 di kisaran Rp 3.999.000.
Baca: Kamera Selfie Lenovo Vibe S1 Ini Lensanya Ganda Lho!

2. Lenovo Vibe Shot

lenovo-vibe-shot-2Dari namanya saja sudah jelas bahwa seri baru ini menitik beratkan pada fungsi kamera. Tak salah bila Lenovo merilis smartphone yang mengunggulkan kekuatan kamera ini. Sebab, saat ini memang lagi hangat-hangatnya tren penggunaan smartphone sebagai kamera saku. Lenovo Vibe Shot adalah smartphone yang paling dijagokan oleh Lenovo untuk penggila fotografi ponsel dengan memiliki fitur kamera profesional.

Smartphone 4G LTE Lenovo ini diperkuat dengan kamera utama 16MP yang dilengkapi tombol shutter khusus, layaknya kamera saku. Terdapat sistem on-board infrared auto focusing (AF) yang diklaim dua kali lebih cepat dibanding Auto focus konvensional, sementara tri-color LED flash menampilkan warna kulit yang lebih alami. Performa Vibe Shot didukung prosesor Qualcomm Snapdragon 615 dengan octa-core chip yang dirancang untuk multitasking dengan konsumnsi daya hemat. Kinerja diperkuat dengan RAM 3GB, dan penyimpanan internal sebesar 32GB yang dapat ditingkatkan hingga 128GB melalui kartu microSD. Lenovo Vibe Shot dibanderol IDR 4.999.000.
Baca: Lenovo Vibe Shot, Andalan Baru Lenovo di Segmen Smartphone Kamera

3. Lenovo Vibe X2

lenovo-smartphone-vibe-x2-family-colors-1Lenovo Vibe X2 menyodorkan diferensiasi di sektor desain lewat konsep multi-layered aluminium alloy. Smartphone 4G LTE Lenovo ini mengklaim diri sebagai ‘world’s first layered phone‘ dengan desain gradasi tiga lapisan yang unik. Tak hanya terpaku dalam aspek desain, spesifikasi Lenovo Vibe X2 pun cukup menjanjikan mulai dari prosesor, sistem operasi hingga kamera.

Ini merupakan ponsel pertama di dunia yang menggunakan prosesor MediaTek MT65995 4G LTE Tru8Core, yang memberikan kinerja mengesankan. Terdapat dua buah kamera yang masing-masing memiliki resolusi 13 MP (belakang) dan 5 MP wide angle (depan). Ponsel dengan layar berukuran 5 inchi resolusi FHD ini dibanderol dengan harga IDR 2.999.000.
Baca: Review Lenovo Vibe X2, Smartphone Dengan Multi Layered Aluminium

Segmen Middle-End

4. Lenovo Vibe P1m

lenovo-vibe-p1mKapasitas baterai yang besar menjadi andalan ponsel ini. Lenovo Vibe P1m hadir dengan kekuatan baterai sebesar 4.000 mAh serta fitur. Ponsel ini juga diklaim mampu melakukan proses pengisian baterai ponsel lainnya, atau dijadikan sebagai powerbank untuk memberikan bantuan suplai tenaga sementara pada ponsel lain. Lenovo Vibe P1m mampu mengubah mode pengguna ke dalam modus pemakaian yang lebih hemat. Melalui sebuah tombol power saver switch yang ada di bagian sisi bodi ponsel, produk ini diklaim mampu menghemat dirinya untuk digunakan beberapa waktu lagi meski dalam keadaan baterai krisis.

Sementara untuk spesifikasi lainnya, Vibe P1m hadir dengan dimensi layar 5 inci yang mendukung resolusi HD 720p. Pada bagian dapur pacu, menggunakan sokongan prosesor Mediatek MT6735P, dan juga memori RAM kapasitas 2GB. Smartphone 4G LTE Lenovo untuk kelas menengah ini dipasarkan dengan harga IDR 2.299.999.
Baca: Ponsel Powerbank ‘Lenovo Vibe P1m’ Resmi Diperkenalkan

5. Lenovo P70

Lenovo P70Selain Lenovo Vibe P1m, Lenovo juga mengandalkan seri P70 yang memiliki kapasitas baterai berukuran besar yakni 4.000 mAh. Tak hanya itu, ponsel ini juga memiliki fitur Quick Charge untuk isi daya baterai cepat serta softwate penghemat daya yang membuatnya lebih awet. Lenovo P70 adalah ponsel multimedia berkat layar IPS berukuran 5 inchi dengan wide angle viewing 720p HD. Ponsel ini diperkuat dengan prosesor MediaTek 4G LTE True8Core dan RA 2GB yang memungkinkan untuk menikmati video streaming, musik dan games yang mulus.

Smartphone 4G LTE Lenovo ini memiliki kamera depan 5 MP untuk selfie, dan kamera utama 13 MP yang bisa untuk mengabadikan momen penting. Dengan ukurannya yang ramping hanya 8,9 mm, ponsel ini tampil dengan desain yang trendy. Harganya adalah IDR 2.699.000.

6. Lenovo Livo S90

lenovo-livo-s90Lenovo Livo S90 diluncurkan di awal tahun 2015 silam yang diklaim tidak hanya memiliki desain premium, tetapi juga memiliki performa yang sangat baik dikelasnya. Ponsel ini hadir dengan desain premium yang terbuat dari aluminium alloy unibidody. Spesifikasi Lenovo Livo S90 adalah memiliki dapur pacu chip Qualcomm Snapdragon 410 MSM8916 quad-core 1,2GHz, RAM 2GB, ROM 32GB, slot microSD, layar Super AMOLED HD 5″, OS Android 4.4 KitKat, dan baterai Li-Po 2300mAh.

LIVO memamerkan konektivitas yang lengkap, mulai dari jaringan seluler 2G, 3G, 4G hingga Wi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth 4.0 dan NFC. Di sektor fotografi, kamera belakangnya 13MP dengan fitur autofokus dan LED Flash + PureCel. Sementara kamera depan beresolusi 8MP dengan fixed focus, BSI sensor dan LED Flash yang cocok untuk ber-selfie ria meski kondisi kurang cahaya. Bagi yang berminat, ponsel ini bisa dibeli dengan harga IDR 3.099.000.

7. Lenovo S60

lenovo s60Selain mengusung harga terjangkau, Lenovo sengaja mengembangkan smartphone ini dalam balutan desain stylish dan berbagai fitur terkini demi mengakomodasi kebutuhan pengguna dari kalangan muda. Lenovo membungkus S60 dalam desain unibodi dengan pilihan warna dinamis dan modern. Pilihan warna yang disediakan antara lain Laser Yellow, Pearl White dan Graphite Grey. Buat pengemar konten multimedia, perangkat mobile Lenovo ini sudah ditunjang layar HD seluas 5 inci.

Lenovo S60 memiliki kamera belakang 13 MP auto focus dengan LED Flash serta kamera depan 5 MP wide-angle fixed-focus. Untuk prosesor, Lenovo S60 mengusung Qualcomm Snapdragon MSM8916 1.2GHz 64-bit Quad Core, 2 GB RAM dan penyimpanan internal 8GB dengan slot micro SD 32 GB. Adapun untuk sistem operasi, S60 menggunakan Android 4.4 KitKat. Smartphone yang sudah mendukung konektivitas LTE ini memiliki baterai Li-Polymer berkapasitas 2150 mAh. Pihak Lenovo memasarkan produk ini dengan harga resmi IDR 2.299.000.

Segmen Low-End

8. Lenovo A6010

Lenovo 4G LTE A6010Lenovo kembali menghadirkan smartphone 4G LTE terbaru mereka untuk kelas low-end melalui seri Lenovo A6010. Mengandalkan perpaduan yang unik dari desain, kualitas dan kinerja, smartphone 4G LTE Lenovo A6010 menjadi produk terbaru Lenovo yang diproduksi didalam negeri. Dilengkapi layar 5 inchi HD IPS dengan prosesor quad core Qualcomm Snapdragon, ponsel ini juga memiliki kamera utama 13 Megapiksel dan kamera depan 5 Megapiksel.

Dengan dukungan dual SIM yang mendukung hampir semua jaringan operator FDD 4G LTE di Indonesia. Termasuk dukungan terhadap Band 1 (2100 Mhz), Band 3 (1800 Mhz), Band 5 (850 Mhz) dan Band 8 (900 Mhz) Cat 6 yang mampu ngebut di 4G LTE hingga 300 Mbps. Andalan lain dari Lenovo 4G LTE A6010 yaitu kapasitas memori ROM 16 GB dengan dukungan slot memori eksternal hingga 32 GB dan RAM 2 GB untuk mengoperasikan Android 5.0 Lollipop. Dan kemampuan kualitas suara menjadi keuatan utama smartphone 4G LTE Lenovo A6010 dengan speaker ganda Dolby Atmos yang diklaim mampu memutarkan musik sesuai dengan album aslinya. Smartphone 4G LTE Lenovo ini dibanderol dengan harga IDR 1.999.000.
Baca: Lenovo A6010 Resmi Meluncur di Lazada Dengan Harga Terjangkau

9. Lenovo A7000 Special Edition

Lenovo A7000 Special EditionLenovo meluncurkan edisi khusus Lenovo A7000 untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dengan mengusung kemampuan multitasking lebih besar, kemampuan multimedia luar biasa dan fitur tak tertandingi dengan harga terjangkau. Smartphone pendatang baru ini mengusung layar berdiagonal 5,5 inci dengan resolusi full HD 1080p (meningkat dari A7000 biasa yang hanya mengandalkan resolusi 720p). Kerapatan pikselnya mencapai 401 ppi dan Lenovo A7000 Plus juga sudah mengadopsi teknologi One Glass Solution (OGS).

Ponsel ini ditunjang kamera utama berkekuatan 13MP dengan kamera depannya disusupi lensa 5MP.Untuk urusan kapasitas baterainya sudah lebih besar yakni mengandalkan 3000 mAh. Spesifikasi Lenovo A7000 Plus mengandalkan chipset octa core 64-bit MediaTek MTK6752 dan RAM 2GB. Soal konektivitas, smartphone ini juga dilengkapi dengan jaringan 4G LTE (FDD LTE Band1/3/7/20; TDD LTE Band 40). Lenovo A7000 Special Edition tersedia dengan harga IDR 2.499.000.
Baca: Lenovo A7000 Special Edition Resmi Diluncurkan di Indonesia

10. Lenovo A6000

Lenovo-A6000Lenovo A6000 merupakan smartphone 4G LTE dengan fitur dan performa yang mumpuni, namun dengan harga yang lebih terjangkau. Pada bagian dapur pacu Lenovo A6000 mengandalkan prosesor Qualcomm Snapdragon 410 dengan kecepatan 1,2GHZ dengan baterai 2300 mAh. Untuk kamera, seri A6000 dibekali dengan resolusi sebesar 8MP pada bagian utama dengan dilengkapi fitur LED Flash dan Autofokus. Serta kamera depan yang mengandalkan resolusi 2MP untuk menunjang foto selife para pengguna.

Ponsel ini tersedia dalam dua pilihan, yaitu harga IDR 1.499.000 untuk RAM 1GB dan ROM 8GB. Kemudian pilihan kedua adalah harga IDR 1.799.000 dengan memori RAM 2GB dan ROM 16GB.