ArenaLTE.com – Semenjak pertama kali kehadiran game Pokemon Go sudah acap kali menua banyak kontroversi. Suka atau tidak, perdebatan tentang kebaikan dan keburukan dari permainan menangkap makhluk digital ini kerap menjadi pembicaraan serius. Meski memiliki sisi keburukan bermain Pokemon Go, kami juga menelusuri ternyata ada sisi positif dari permainan perburuan hewan ikonik ini.

Pokemon Go memang belum dirilis resmi secara global, namun game ini ternyata sudah banyak menarik pengguna smartphone dunia. Tetapi sayangnya, permainan ini kerap kali disinggung memberikan dampak buruk bagi penggunanya. Tak sedikit informasi yang disebar dari beberapa media luar mengungkapkan, banyak para pemain yang mengalami kecelakaan akibat terlalu asik bermain Pokemon Go.

Dari banyaknya rumor tentang keburukan bermain Pokemon Go, namun sebenarnya permainan ini sendiri memiliki dampak positif. Hal itu bisa diindikasikan dari tata cara bermain, maupun manfaat dari permainan itu sendiri. Berikut kami ulas sedikit tentang sisi positifnya.

Memaksa Berinteraksi

Para gamers boleh dibilang cenderung lebih egois jika sudah asik bermain games. Namun, hal itu bisa berkurang jika sudah memainkan Pokemon Go ini. Pasalnya, dalam permainan ini pengguna akan dipaksa untuk bekerja sama dengan satu tim untuk mempertahankan satu area.

Gym adalah salah satu area pertarungan yang harus diperebutkan oleh setiap Pokemon trainer dalam satu tim atau perseorangan, namun biasanya satu area ini terdapat lebih dari satu orang. Setiap orang dalam tim harus bekerja sama untuk mempertahankan area, hal ini menandakan bahwa setiap pemain harus saling berkomunikasi untuk mempertahankan Gym jika bertemu Pokemon trainer lain yang ingin merebutnya.

Selain itu, tentunya untuk tetap aman bermain Pokemon Go interaksi dengan lingkungan untuk mengenal tempat mutlak harus dilakukan, terlebih ketika Anda bertanya jalan untuk ke satu Pokestop tertentu yang tercantum dalam peta. resiko bahaya game pokemon Go (3)

Mengenal Jalan

Sudahkah Anda bermain Pokemon Go? Tentu bagi para pemain sudah mengetahui atau melihat sistem penebaran binatang ikonik Pokemon tersebut dengan cara ditebar banyak di jalan. Dan hal ini tentunya akan memaksa pengguna untuk mengenal nama jalan itu sendiri. Bahkan, meski hal itu tidak bisa diingat dengan baik, tentunya sistem GPS yang akan langsung memberikan informasi Pokestop (tempat berburu Pokemon) dan pengguna bisa mendalaminya dengan menambah informasi dari internet untuk mengenal jalan ke sana.

Mengetahui Sejarah

Mungkin bermain Pokemon Go tidak membuat Anda pintar, bahkan bisa mengenal lebih jauh sejarah suatu tempat. Namun, dengan sistem penebaran binatang ikonik yang identik dan sering kali ditemukan di tempat-tempat unik bersejarah, hal ini tentu akan memaksa pemainnya menjadi mengetahui beberapa benda sejarah atau nama tempat perburuan Pokemon itu sendiri. Bahkan, tak sedikit binatang digital ini ditemukan di tempat prasasti yang akan memancing para pemainnya mengetahui nama tempat itu langsung dan membaca sejarahnya.

Memaksa Olahraga

Memang bukan hanya Pokemon Go saja yang akan meminta para pemainnya untuk tidak diam dalam satu tempat. Namun, sebagian besar para penggunannya meyakini bahwa permainan ini saja yang akan memaksa para pemainnya untuk berolahraga. Ya, setidaknya para Pokemon trainer harus berjalan dan bergerak dalam beberapa radius, sehingga bisa lebih banyak menemukan binatang buruan digital ini. Hal ini pun kerap terpaksa dilakukan walaupun sekedar menetaskan telur Pokemon itu sendiri.

Membantu Terapis

Pokemon Go memang cukup fenomenal, karena mesti banyak dianggap memiliki keburukan dari sistem dan fitur permainan di dalamnya. Namun ternyata di sisi lain permainan ini justru memiliki dampak positif tersendiri, terutama terhadap beberapa anak yang sedang menjalani theraphy dari rumah sakit. Dalam laman now this ditampilkan sebuah video yang memperlihatkan kemajuan pesat dari pasien sebuah rumah sakit, yang kebanyakkan adalah anak-anak. Video memperlihatkan seorang anak yang sedang menjalani theraphy melalui permainan Pokemon Go. Tak ada keterangan yang lebih detail memang, namun diungkapkan dalam laman bahwa permainan ini membantu si anak dalam proses terapi fisik yang diberikan oleh terapis.

Melatih Ingatan

Seperti pada artikel sebelumnya yang kerap kami singgung perihal mengenai cara menjadi Gym Master. Membutuhkan ingatan lebih untuk mengenal jenis Pokemon Go memang cukup melelahkan pikiran, namun hal ini ternyata sangat membantu untuk memenangkan pertempuran saat beradu Pokemon. Dengan mengenal jenis dan menghafal tipe atau ketagori Pokemon itu sendiri, akan memberikan para pemain kesempatan untuk menumbangkan binatang dari Pokemon trainer lainnya. Jadi tak salah, jika sisi positif dari bermain Pokemon Go salah satunya adalah melatih ingatan.