ArenaLTE.com – Sebagai pendukung aktifitas dan selalu bersama kita sehari-hari, smartphone tentu saja berisi berbagai hal penting dan data yang sifatnya pribadi bagi penggunanya. Mulai dari email personal, akun rekening bank, foto, video, rekaman, aplikasi smartphone dan berbagai data pribadi penting lainnya. Ini berbahaya jika sampai diketahui oleh orang lain sehingga perlu untuk sembunyikan file.

Sebuah smartphone memang mudah diakses oleh orang lain ketika kita meletakkannya. Bahkan bagi sebagian orang sangat mudah untuk membuka kode kunci layar smartphone. Lalu bagaimana caranya untuk sembunyikan file agar semua data dan aplikasi dalam smartphone kita tetap aman meskipun smartphone kita diakses oleh orang lain?

app lockApplock

Dengan menginstal aplikasi Applock memungkinkan kita untuk mengatur dan membuat password atau pengaturan kode pattern khusus untuk aplikasi tertentu di smartphone kita. Aplikasi smartphone ini akan sangat bermanfaat bagi pengguna jika tidak ingin mengunci tampilan layar smartphone namun ingin tetap menyembunyikan file dan aplikasi tertentu dalam smartphone. Dengan AppLock itu, kita kan menemukan daftar aplikasi yang ada dalam smartphone dan bisa memilih aplikasi mana saja yang akan dikunci.

Pengaturan AppLock ini sangat mudah dan dengan segera dapat langsung melakukan pembatasan akses terhadap file dan aplikasi penting dalam smartphone. Banyak juga pengaturan lain yang bisa dilakukan melalui aplikasi ini seperti mengunci kemampuan akses aplikasi terhadap fitur tertentu dalam smartphone.

AndrognitoAndrognito

Aplikasi smartphone ini bukan hanya bermanfaat namun juga memiliki tampilan desain yang menraik dan modern. Dengan melakukan pengaturan password di Andrognito kita akan langsung melindungi semua konten yang ada dalam smartphone dengan aman dari akses orang yang tidak kita inginkan.

Perlindungan dengan aplikasi Andrognito ini menggunakan 4 digit kode PIN, dan file akan dilindungi dengan 3 layar enkripsi. Kita bisa menyembunyikan file, gambar, foto, dokumen, video, aplikasi dan berbagai hal lainnya dalam smartphone. Dan setiap data yang disembunyikan oleh Andognito tidak akan terlihat lagi di smartphone.

smart hide calculator (1)Smart Hide Calculator

Jika dua aplikasi smartphone yang disebutkan sebelumnya yaitu Applock dan andognito memiliki kemmapuan mengenkripsi atau menyembunyikan data, aplikasi Smart Hide Calculator ini menghadirkan keamanan security lebih jauh lagi.

Ketika menjalankan aplikasi ini, tampilannya akan terlihat peris seperti kalkulator dan kita akan dimita untuk memasukkan kobinasi angka di tampilan kalkulator tersebut. Kombinasi angka tersebut selanjutnya akan berfungsi sebagai password. Nantinya, untuk mengakses data dalam smartphone kita harus memasukkan kode password tersebut.

Yang menarik yaitu tidak akan ada batasan berapa kali jumlah kode angka yang dimasukkan untuk menebak kombinasi angka password tersebut. Karena biasanya orang akan mencoba memasukkan PIN atau kombinasi password dan pada jumlah maksimal maka akan meminta smartphone untuk di reset ulang.