ArenaLTE.com – Dibandingkan dengan tahun lalu, perbedaan antara Samsung Galaxy S7 vs Galaxy S7 Edge lebih terlihat jelas. Jika kita melihat seri Samsung Galaxy sebelumnya, perbedaan yang paling mendasar antara Samsung Galaxy S7 vs Galaxy S7 Edge hanya terletak pada layar lengkungnya saja. Perbedaan lain tidak terlalu signifikan seperti selisih kapasitas baterai yang lebih tinggi 50mAh dan Edge UX.

Tahun ini, perbedaan antara dua smartphone premium ini terlihat sangat jelas sekali. Seperti apa perbedaannya? Artikel ini bisa menjadi panduan bagi kalian untuk memilih antara antara kedua flagship terbaru dari Samsung tersebut. Pilih mana yang lebih sesuai? Berikut ini beberapa perbedaan antara Samsung Galaxy S7 vs Galaxy S7 Edge.

Layar
Perbedaan yang jelas terlihat diantara keduanya yaitu layar. Sama seperti pendahulunya, Samsung Galaxy S7 hadir dengan layar 5.1-inch Quad HD Super AMOLED sementara Galaxy S7 Edge memiliki layar lebih luas yaitu 5,5 inci. Ukuran layar yang lebih besar ini untuk membantu dalam membuat lengkungan di sekitar sisi smartphone agar terlihat lebih jelas dan lebih baik antara versi ‘edge’ dengan versi biasa.

Samsung Galaxy S7 Edge juga dilengkapi dengan edge UX yang tidak dimiliki oleh Galaxy S7 biasa. Ini merupakan kelebihan dari Galaxy S7 Edge yang memiliki layar lengkung di sisi. Meskipun demikian keduanya menjalankan versi software yang sama.

Baterai
Perbedaan lain yaitu terletak pada baterai. Ukuran layar yang lebih besar dari Smasung Galaxy S7 Edge menjadikan Samsung untuk masangkan baterai dengan kapsaitas yang lebih besar. Samsung Glaxy S7 Edge dilengkapi dengan kekuatan baterai 3,600mAh, sedangkan Galaxy S7 dilengkapi dengan baterai 3,000mAh saja. Dengan selisih yang cukup besar yaitu sekitar 600 mAh, selain karena ukuran layar yang lebih besar, kapasitas baterai yang ditingkatkan pada S7 Edge ini untuk memastikan bahwa daya tahan baterai akan mampu bertahan lebih lama daripada saudaranya.

Samsung Galaxy S7 vs. Galaxy S7 EdgeDimensi Dan Berat
Dengan ukuran layar yang lebih besar dan baterai yang lebih besar secara otomatis membuat Samsung Galaxy S7 Edge semakin besar dan berat jika dibandingkan dengan saudara kembarnya. Meskipun terjadi peningkatan yang cukup berarti dari ukuran layar dan kapasitas baterai, namun Samsung Galaxy S7 Edge tetap dapat mempertahankan beratnya dengan hanya sekitar 157 gram jika dibandingkan dengan Galaxy S7 yang berbobot 152gram.

Semakin besar ukuran layar otomatis membuat Samsung Galaxy S7 Edge sedikit lebih tinggi daripada Galaxy S7 biasa yaitu perbandingannya menjadi 150.9mm vs. 142.4mm. Dan Galaxy S7 Edge menjadi lebih lebar 72.6mm vs. 69.6mm. Namun yang menariknya adalah, Samsung Galaxy S7 Edge ini ternyata lebih tipis yaitu 7.7mm. Perbedaannya sangat kecil sekali jadi penggunanya juga tidak akan menyadari perbedaannya.

Harga
Ternyata layar lengkung di bagian sisi layar yang lebih luas dan kapasitas baterai lebih besar membuat harga Samsung Galaxy S7 dibanderol harga lebih mahal IDR1,5 juta dari saudara kembarnya. Jika melihat Pre order Samsung Galaxy S7 Samsung di beberapa toko online di Indonesia, pre order Samsung Galaxy S7 ditawarkan seharga IDR 8.149.00 plus bonus case dengan wireless charger. Sementara Samsung Galaxy S7 edge ditawarkan pre-order seharga IDR 9.624.000 dimana akan mendapatkan gratis Backpack (Wireless Charging Cover).

Selain dari perbedaan yang disebutkan tadi, antara Samsung Galaxy S7 vs Galaxy S7 Edge tidak ada perbedaan lagi alias sama persis. Mulai dari proseor, prosesor yang sama, RAM yang sama, mengoperasikan versi Android yang sama, memiliki slot kartu microSD, dan juga fitur pengaturan kamera yang sama. Jika kalian sangat ingin tampil beda dan ingin tampil dengan layar melengkung disisi namun butuh baterai yang lebih kuat dan layar besar bisa memilih Galaxy S7 Edge. Namun, jika bukan penggemar smartphone dengan layar besar bisa memilih Galaxy S7.