ArenaLTE.com – Platform live video streaming mulai menjadi fenomena tersendiri di kalangan pengguna ponsel. Di satu sisi, ada kalangan yang menyoroti dampak dan sisi negatif keberedaan layanan seperti ini. Tapi di sisi lain, konsumen yang haus hiburan bisa menikmati alternatif hiburan gaya baru. Layanan ini juga punya banyak sisi positif serta bisa memberikan benefit lho.

Ada berbagai manfaat atau sisi positif yang bisa diperoleh dari platform live video streaming. Nah, berikut beberapa keuntungan atau sisi positif layanan seperti Periscope, CliponYu, iShow, Bigo, NonoLive, dan lainnya.

Manfaat Platform Live Video Streaming

1. Menjadi Reporter Warga

Foto: digitaltrends.com
Foto: digitaltrends.com

Citizen journalism mulai marak sejak munculnya layanan blog dan social media. Kini menjadi reporter warga semakin mudah dan instant dengan adanya platform live video streaming. Ketika ada kejadian menarik, Anda bisa langsung mengaktifkan aplikasi live video streaming favoritmu dan mulai melaporkan peristiwanya penting tersebut. Bisa saja peristiwa tersebut karena memiliki nilai berita yang tinggi, menjadi viral dan Anda menjadi terkenal.

2. Mendapatkan Penghasilan

virtual-gift-live-streamingBisa dibilang, platform live video streaming menjadi andalan untuk meraup pundi-pundi uang. Bagaimana tidak, seorang host atau penyiar di aplikasi ini bisa mendapatkan penghasilan yang cukup besar hanya dengan tiap hari berpose di depan layar yang dinikmati oleh ribuan penonton.

Pada beberapa aplikasi tertentu, semakin banyak hadiah yang diperoleh, semakin senang para host. Pasalnya dari virtual gifts yang dikirimkan oleh penggemarnya tersebut, bisa ditukarkan dalam bentuk uang.

Seperti diungkap Dina Bhirawa, Marketing Manager Cliponyu, penghasilan yang diperoleh para host CliponYu terbilang fantastis. Bahkan host Cliponyu pernah ada yang mencetak rekor penghasilan tertinggi mencapai seratus juta rupiah perbulan. Tak hanya itu, host layanan seperti BiGo atau Nonolive pun bisa menikmati guyuran rupiah yang menjanjikan. Tak heran jika banyak kalangan yang rela beralih profesi dan serius menjalani bisnis baru di segmen live video streaming.
BACA: Fantastis! Penghasilan Host Live Streaming Mencapai Ratusan Juta

3. Sarana Menampilkan Bakat dan Kemampuan

musik-live-streamSebagian platform live video streaming disinyalir mendorong bangkitnya trend pornografi digital. Ada beberapa aplikasi yang kerap dikait-kaitkan dengan konten negatif lantaran hostnya terindikasi kerap tampil berani dan vulgar. Tapi harap dicatat, tidak semua host atau broadcaster menampilkan hal-hal yang negatif karena banyak dari mereka yang bisa menampilkan bakatnya.

Platform live video streaming bisa menjadi ajang mengaktualisasi diri sekaligus memamerkan bakat yang dimiliki. Seperti berbagai keahlian menggambar, bernyanyi, memberi tutorial bermasak, bahkan hingga dokter yang memberikan konsultasi kesehatan.

4. Memperluas Jaringan dan Pertemanan

LiveStreamingLepas dari anggapan bahwa layanan live video streaming sering dihiasi isu negatif, sebenarnya ada manfaat tambahan yang bisa diperoleh penggunanya. Lewat layanan seperti ini, kita ternyata bisa memperluas jaringan juga menambah pertemanan. Antara lain via sarana chatting yang disediakan.

5. Bisa Jadi Tenar dan Jadi Sarana Jumpa Fans

facebook liveJika memang broadcaster atau host dari layanan live video streaming mampu menghadirkan konten menarik bukan tak mungkin mereka jadi tenar. Contoh paling gampang tentu saja YouTube yang memberikan gambaran bagaimana seseorang bisa menjadi begitu populer berkat kepiawaiannya meramu konten atau menampilkan bakat. ‘From zero to hero’.

Tak sedikit juga selebritis yang menjadikan aplikasi live video streaming sebagai sarana menyapa dan menjumpai fans mereka secara langsung via layanan ini. Bahkan ada pula artis yang menggelar live concert seperti yang pernah dilakukan artis serta penyanyi Aliando via aplikasi iShow.

CliponYu misalnya memiliki banyak guest host yang terdiri dari artis seperti Aura kasih, Ariel Tatum, Tyas Mirasih, Vicky Su, Nikita Willy, dan artis yang sedang naik daun lainnya. Tak hanya itu para penyanyi seperti Gita Gutawa, Fatin Shidqia Lubis, Marcello Tahitoe, GAC, Astrid, Melly Mono, Terry dan Mytha Lestari pun melakukan live streaming dan dan berinteraksi langsung dengan para penggemarnya.

Di sisi lain para penggemar pun bisa berinteraksi dengan arti pujaannya mulai dari menyanyi, berbagi cerita, berbagi rahasia, chatting, dan langsung menjawab pertanyaan lucu dan unik yang jarang dilontarkan secara langsung.

6. Sarana Edukasi

Ilustrasi pemanfaatan video streaming untuk pendidikan (Foto: istimewa)
Ilustrasi pemanfaatan video streaming untuk pendidikan (Foto: istimewa)

Jika diramu dengan baik, layanan live video streaming pun bisa memberikan manfaat besar. Host atau broadcaster bisa menyajikan alternatif berbeda dari citizen journalism. Kita bisa memberikan dan menikmati laporan langsung dari suatu peristiwa tanpa harus bergantung kepada media tertentu. Tak hanya itu, buat kalangan pendidik pun bisa menggelar berbagai sekolah, kursus atau kuliah online.