ArenaLTE.com – Google telah resmi mengumumkan kehadiran dua smartphone Android terbarunya yang dikenalkan dengan nama Google Pixel dan Pixel XL. Dilihat dari sisi harga dan spesifikasi, sepertinya ponsel ini bisa dikategorikan untuk produk kelas menengah. Namun demikian, meski ini adalah produk baru bukan berarti  tidak ada pesaingnya. Berikut kami berikan komparasi perbandingan spesifikasi Pixel XL dan OnePlus 3.

Kenapa dengan OnePlus 3? Jika dilihat dari kedatangannya, OnePlus memang masih masuk dalam jalur tersebut, karena sama-sama produk baru. Namun, bila menelisik alasan yang lebih tepat adalah, karena OnePlus masih mencari jati dirinya di industri smartphone. Ini seperti halnya Google yang coba masuk ke dalam industri ponsel pintar melalui Pixel XL. Selain itu, alasan lainnya adalah spesifikasi yang tidak berbeda jauh.

Berikut komparasi perbandingan spesifikasi Google Pixel XL dan OnePlus 3.

Desain

OnePlus 3 bisa dibilang adalah ponsel yang cukup tampan dalam jajaran smartphone sekelasnya, bahkan mungkin dalam jajaran smartphone rilisan OnePlus sebelumnya. Produsen asal China ini menggunakan bahan sejenis logam dengan desain unibodi, tidak berbeda jauh dengan Pixel XL yang dikembangkan Google. Namun, ponsel milik perusahaan internet asal raksasa ini sepertinya tampil lebih elegan, karena mengombinasikan balutan logam tersebut dengan lapisan kaca dibelakangnya.

Nexus smartphone Pixel Pixel XL

Namun sayangnya, meski terlihat lebih elegan dari OnePlus 3 menjadikan Google Pixel XL memiliki bobot berlebih, jika dibandingkan produk Google inii memiliki bobot sekitar 10 gram lebih berat dibanding viralnya . Pun demikian, kedua perusahaan sepertinya menyadari keamanan perangkat adalah hal yang utama, dua smartphon ini diklaim telah mengadopsi ketahanan tubuh produknya dari debu dan air.

Secara lebih spesifik, berikut keterangan dimensi antara Pixel XL dan OnePlus 3.

Pixel XL                 : 155 x 76 x 8.5mm, 168g
OnePlus 3            : 153 x 74 x 7.4mm, 158g

Layar

Dalam penggunaan layar, antara OnePlus 3 dan Google Pixel XL sebenarnya memiliki ukuran yang sama, yakni 5,5 inci. Namun untuk teknologi dukungan layar keduanya berbeda, seperti halnya OnePlus 3 yang hanya mendukung layar Full HD. Sedangkan pada sisi Google Pixel XL sudah mengadopsi dukungan layar QHD. Tetapi, keduanya sudah menggunakan jenis panel layar AMOLED yang memang lebih hemat dalam konsumsi energi, dibanding teknologi layar lain.

oneplus 3

Untuk sisi keamanan layar, PIxel XL sudah membenamkan teknologi Gorilla Glass 4 dan sayangnya, hal ini tidak diikuti oleh OnePlus.  Tetapi, untuk perlindungan dalam penggunaan mata keduanya sudah mengadopsi light night pada Pixel XL dan fitur Night mode pada OnePlus 3.

Pixel XL                 : 5,5 inci dengan resolusi 2.560 x 1.440 piksel, 534ppi

OnePlus 3            : 5,5 inci dengan resolusi 1.920 x 1.080 piksel, 401ppi

Sistem Operasi

Untuk penggunaan sistem operasi (OS), Google Pixel XL sepertinya akan membawa dukungan OS terbaru Android yang sudah masuk dalam versi 7.1 atau Nougat. Dan seperti kita ketahui, dengan langsung datang dari tangan pengembang OS robot hijau itu sendiri maka tentunya update sistem akan dipastikan datang lebih cepat dibanding dari produk diluarnya. Selain itu, ada kemungkinan fitur yang lebih ‘dalam’ akan dihadirkan sang produsen langsung karena memang dihadirkan oleh pengembangnya langsung.

android-marshmallow2

Berbeda dari viralnya, OnePlus 3 hadir dengan sistem operasi yang masih dalam versi 6.0 atau Marshmallow, namun tidak kemungkinan bahwa pada ke depannya nanti OS pada perangkat ini akan juga mendapatkan pembaharuan ke seri yang lebih tinggi.

Pixel XL                 : Android 7.1 Nougat

OnePlus 3            : Android 6.0 Marshmallow

Piranti

Sebenarnya untuk performa kinerja, kedua produk antara Pixel XL dan OnePlus 3 telah sama-sama menggunakan prosesor kembangan Qualcomm hanya saja yang digunakannya berbeda seri. Jika pada Pixel XL menggunakan Qualcomm Snapdragon 82 Quad Core dengan kecepatan 2x 2.15GHz dan 2x 1,6GHz, serta dukungan memori sistem RAM kapasitas 4GB.

qualcomm snapdragon 821

Sedangkan untuk seri OnePlus 3 menggunakan Qualcomm Snapdragon Quad Core 829 yang notabene memiliki kecepatan sama, namun kapasitas memori RAM lebih besar yakni 6GB. Dan seperti dilansir dari laman the inquirer bahwa dengan memari yang digunakan OnePlus, maka secara teori memang akan lebih besar memiliki performa dibanding Pixel XL karena kapasitasnya.

Pixel XL                 : Snapdragon 821, quad-core 2x 2.15GHz dan 2x 1.6GHz, 4GB RAM
OnePlus 3            : Snapdragon 820, quad-core 2x 2.15GHz Kryo dan 2x 1.6GHz Kryo, 6GB RAM

Kamera

Google memang memiliki alasan sendiri dengan menggunakan nama Pixel. Dan seperti menjadi rahasia umum, tentu maksud dari nama ini mengindikasikan produk memiliki kekuatan lebih pada kamera. Pixel XL hadir dengan dukungan kamera utama 12.3MP dengan aperture F/2.0 yang diklaim akan lebih terang menangkap gambar, sedangkan pada kamera depan 8MP.

oneplus 3 b

Pada sisi OnePlus 3, produsen menempatkan resolusi kamera utama sebesar 16MP dan aperture F/2.0, serta penambahan fitur OIS, EIS, yang diklaim sangat mendukung untuk kegiatan mobile fotografi. Selain itu, pada kamera depan ditanamkan resolusi sensor 8MP. Memang belum ada informasi mengenai hasil foto bagus mana bila dibandingkan kedua produk tersebut. Namun, jika Anda ingin menilai tentang kedua produk ini seperti lebih adil bila melihat fitur mana yang lebih banyak ditawarkan.

Pixel XL                 : Kamera Utama 12.3MP, f / 2.0, kamera depan 8MP
OnePlus 3            : Kamera Utama 16MP, f / 2.0, OIS, EIS, kamera depan 8MP