ArenaLTE.com – Diluncurkan sejak bulan Agustus lalu, layanan 4G LTE Smartfren diklaim sudah menjangkau sekitar 85% wilayah di seluruh Indonesia. Jangkauan yang dimaksud Smartfren ini adalah jangkau untuk kota-kota besar di Indonesia dan juga kota-kota di sekelilingnya. Perusahaan berencana akan terus memperluas kembali jangkauan 4G LTE di Indonesia dan memberikan paket internet 4G LTE Smartfren yang bersahabat. Agar masyarakat khususnya para pengguna kartu Smartfren bisa merasakan dampak layanan 4G LTE mereka.

Lalu paket internet 4G LTE Smartfren apakah yang bisa digunakan untuk menikmati layanan 4G LTE Smartfren? Secara keseluruhan, paket internet 4G LTE Smartfren terbagi atas 4 paket yaitu Paket True Unlimited, Paket Smartplan Limitless, Paket Internet Volume dan Paket Internet Unlimited. Dua paket terakhir yang disebutkan, yaitu Paket Internet Volume dan Paket Internet Unlimited merupakan paket internet lama smartfren yang lebih dikenal dengan Connex. Sedangkan paket internet khusus yang diperuntukkan bagi pengguna 4G LTE smartfren yaitu paket True Unlimited dan Paket Smartfren Limitless.

Perbedaan Paket Internet Smartfren Biasa Dengan Paket Internet 4G LTE Smartfren

Sejatinya, semua paket internet Smartfren bisa digunakan untuk mengakses layanan internet 4G Smartfren. Namun untuk paket internet smartfren sebelumnya yang sudah ada seperti Paket Internet Volume dan Paket Internet Unlimited tidak dapat menikmati kecepatan internet maksimal yang ditawarkan oleh layanan 4G LTE Smartfren, karena maksimal kecepatan yang bisa diraih oleh akses EVDO Smartfren paket internet volume hanya 14 Mbps dan kecepatan maksimal untuk paket internet unlimited hanya 512 Kbps.

Sedangkan untuk menikmati kecepatan akses internet 4G LTE Smartfren yang bisa ngebut hingga kecepatan maksimal lebih dari 100 Mbps bisa dinikmati dengan menggunakan paket internet 4G LTE Smartfren yang disediakan khusus mendukung layanan 4G LTE Smartfren yaitu paket True Unlimited dan Paket Smartplan Limitless.

Paket Internet 4G LTE SmartfrenHarga Paket Internet 4G LTE Smartfren Smartplan Limitles

Paket utama internet dari Smarfren 4G LTE adalah My Smartplan. Inovasi menarik dilakukan Smartfren melalui paket ini, pengguna disuguhkan dengan paket komplit (tidak hanya paket data saja namun lengkap dengan paket telepon dan SMS sekaligus) dalam satuan unit.

Pengguna dapat memilih tingkatan paket Smartplan dengan jumlah unit dan harga yang berbeda-beda, paket Bronze (4 unit) Rp.50.000/bulanan, Silver (6 unit) Rp.60.000/bulanan, Gold (12 unit) Rp.100.000/bulanan dan Platinum (20 unit) Rp.150.000/bulanan. Setiap unit yang dimiliki nantinya akan di konversi menjadi paket data, paket telepon atau paket SMS.

Yang menarik dari paket Smartplan ini, pengguna Smartfren dapat menentukan komposisi jumlah unit yang dibeli untuk dikonversi menjadi paket data, paket telepon atau paket SMS sesuai dengan kebutuhannya dengan menggeser “slider” yang tersedia di bagian tengah.

Misalnya, kita memilih untuk membeli paket Silver (6 unit) Rp.60.000/bulanan. Dari 6 unit paket tersebut kita dapat menentukan sendiri alokasi dari 6 unit tersebut, jika kita butuh lebih banyak nelepon maka alokasi unit kita bisa atur lebih banyak 1 unit (10 menit telepon), 2 unit (20 menit telepon) dan seterusnya.

Begitu juga alokasi untuk paket SMS ( 1 unit setara dengan 100 SMS), sedangakan untuk paket data 1 unit dapat dikonversi menjadi 1 GB kuota data. Jika kita butuh kuota data lebih banyak maka kit abisa konversi 6 unit paket Bronze silver menjadi (1 unit untuk 10 menit telepon), (1 unit untuk 100 SMS) dan (4 unit untuk 4GB kuota data internet).

Salah satu keunggulan dari Smartplan Limitless adalah meskipun berbasis kuota, namun jika kuota paket habis, kita tetap bisa mengakses internet dengan kecepatan yang disesuaikan hingga masa berlaku paket habis. Selain itu, selama masa promo pelanggan yang melakukan registrasi paket Smartplan Limitless senilai minimal Rp 60.000, akan mendapatkan kuota internet 2 kali lipat atau double.

Harga Rp.50.000 Rp.60.000 Rp.100.000 Rp.150.000
Total Unit 4 6 12 20
Benefit Dasar unit * unit * unit * unit *
Telepon (semua) 1 10 mnt 1 10 mnt 2 20 mnt 2 20 mnt
SMS (semua) 1 100 sms 1 100 sms 2 200 sms 2 200 sms
Internet 2 1 GB 4 2+2 GB 8 4+4 GB 16 8+8 GB
Telepon (sesama) 500 menit 1000 menit 1500 menit 1500 menit
Extra Benefit** GRATIS Langganan Smart World
Masa Aktif 30 hari
Auto Renewal YES

 

Dari harga paket internet 4G LTE Smartfren diatas, khusus untuk besaran voice on-net itu tidak bisa dirubah kuotanya jadi 1 unit -10 menit off net/100 sms /500 MB. Menurut situs resmi Smartfren,  Hal menarik lainnya dari paket Smartplan Limitless yaitu, para pengguna Smartfren 4G LTE yang berlangganan senilai 100 ribu sampai 150 ribu mendapatkan layanan langganan gratis untuk mengakses beberapa konten digital yang disediakan oleh Smartfren seperti Smart Video, Music dan Cloud (Penyimpanan).

Melalui menu ini, selain paket My Smartplan, pelanggan juga dapat menikmati paket internet lainnya seperti paket harian, paket mingguan, paket unlimited dan paket internet Volume Based. Termasuk pembelian tambahan kuota internet ketika kuota habis (paket Add ON) atau tambahan menit bicara dan tambahan paket SMS.

Paket Harian Dan Paket Mingguan Internet 4G LTE Smartfren

Harga Rp. 3.000 Rp. 20.000
Telepon (semua) 5 menit
SMS (semua) 10 sms 20 sms
Internet 50 MB 300 MB
Telepon (sesama) 120 menit 500 menit
Masa Aktif 1 hari 7 hari

 

Paket Lain Internet 4G LTE Smartfren

Paket Paket Bicara Harian Add On Kuota 25 Add On kuota 10 Add ON Bicara Add On SMS
Harga Rp. 2.000 Rp. 25.000 Rp. 10.000 Rp. 5.000 Rp. 2.000
Benefit 120 Menit (sesama) 1 GB Data 250 MB 10 menit (semua) 25 SMS (semua)
Syarat My Smartplan Bulanan Masih Aktif
Masa aktif 1 hari Sesuai Masa aktif My Smartplan

Cara Daftar Paket internet 4G LTE Smartfren Smartplan Limitless

Untuk melakukan registrasi atau daftar paket Smartplan Limitless caranya sangat mudah. Proses pendaftaran bisa dilakukan dengan dua cara yaitu melalui aplikasi My Smartfren dari smartphone dan juga via website My Smartfren. Berikut adalah caranya:

Cara Beli Paket Smartplan Via Aplikasi My Smartfren

  1. Masuk ke aplikasi MySmartfren di Android
  2. Pilih menu package
  3. Pilih paket yang diinginkan atau tekan tombol ‘rekomendasi’ jika ingin membeli paket rekomendasi dari Smartfren
  4. Atur kuota sesuai dengan kebutuhan, dengan menggeser SMARTSLIDER setelah selesai klik tombol BUY
  5. Akan muncul halaman konfirmasi
  6. Setelah itu akan ada notifikasi pembelian sukses
  7. Enjoy your Limitless experience

MysmartfrenCara Beli Paket Smartplan Via Website My Smartfren

  1. Kunjungi https://my.smartfren.com/mysmartplan.php
  2. Gerakkan tombol slider di atas ke kanan atau ke kiri untuk mengatur porsi telepon, sms atau internet yang kamu inginkan
  3. Klik tombol beli paket
  4. Jika mempunyai akun MySmartfren bis melakukan login dan melanjutkan pembelian paket
  5. Jika tidak mempunyai akun MySmartfren bisa mengisi bagian kirim token, SMS konfirmasi akan dikirimkan ke nomor yang di masukkan
  6. Kode token akan dikirim Via SMS
  7. Masukkan kode token yang diterima, setelah itu lanjutkan dengan klik beli paket
  8. Akan muncul konfirmasi pembelian setelah pembelian paket

Paket Internet 4G LTE SmartfrenSyarat & Ketentuan Paket Internet 4G LTE Smartfren Limitless:

  • Paket dan Feature ini hanya bisa dinikmati oleh Pelanggan Prabayar
  • Mekanisme ini hanya berlaku untuk paket data MySmartplan
  • Pengguna My Smartplan Limitless tetap dapat mengikuti Promo Double Quota sampai dengan tanggal 31 Desember 2015
  • Ketika kuota data Habis maka pelanggan akan tetap dapat terus menikmati akses Internet tanpa BIAYA TAMBAHAN pada kecepatan yang disesuaikan
  • Untuk dapat kembali menikmati layanan dengan kecepatan yang tinggi pelanggan dapat melakukan pembelian paket Add On
  • Jika pelanggan mengganti paket dan atau men Stop paketnya maka sisa quota datanya akan hilang
  • Dengan berlakukanya mekanisme Limitless, maka Bonus Internet Malam tidak lagi disertakan pada pembelian/aktifasi/perpanjangan paket My Smartplan mulai dari tanggal 19 Agustus 2015

Harga Paket Smartplan True Unlimited 4G LTE

Mulai bulan November 2015, pengguna smartfren 4G LTE dapat menikmati paket internet 4G LTE Smartfren terbaru bernama True Unlimited. Paket TRUE UNLIMITED ini merupakan paket Internet Unlimited 4G LTE untuk dapat menikmati pengalaman berinternet sepuasnya browsing, chatting, dowload, streaming dan lainnya langsung dari Smartphone tanpa rasa khawatir kehabisan kuota atau tagihan yang membengkak.

Menurut klaim smartfren, Paket Smartplan True Unlimited 4G LTE ini disebut True Unlimited karena paket ini tak ada batasan 2 GB, 5 GB dan seterusnya. Juga tak ada hambatan Fair Usage Policy (FUP), yang biasanya langsung menurunkan kecepatan akses jika sudah mencapai volume data tertentu (batas pemakaian wajar).

Untuk menikmati  Paket Smartplan True Unlimited 4G LTE ini, pengguna harus merogoh kocek sebesar IDR 300 ribu (harga normal). Namun selama masa promo, Paket TRUE UNLIMITED ini dapat dibeli dengan harga khusus Rp 75,000 (Harga Normal Rp 300,000) oleh pengguna nomor Smartfren yang di-bundling dengan Andromax 4G LTE (Q,Qi,R,Es,Ec) & Hisense Pureshot.

Paket Internet 4G LTE SmartfrenMengenai aktivasi paket layanan, Paket True Unlimited Smartfren dapat dibeli melalui Aplikasi My Smartfren atau website my.smartfren.com.Masa berlaku paket adalah 30 hari dan bersifat auto renewal. Paket akan diperpanjang secara otomatis di akhir masa berlaku paket selama pulsa yang dimiliki pelanggan mencukupi. Namun True Unlimited ini bukanlah paket yang akan berlaku seterusnya. Karena informasi di website resmi smartfren menyebutkan bahwa Paket True Unlimited Smartfren tersedia hingga 30 April 2016.

Paket ini juga tidak berlaku bagi pengguna MiFi, router, modem, serta data devices lainnya. Selain itu akses atau download melalui P2P seperti Torrent pun tidak diijinkan untuk digunakan di Paket True Unlimited ini. Selain keunggulan internet 4G yang tanpa batas kuota dan tanpa batas kecepatan, paket True Unlimited Smartfren juga memberikan ekstra keuntungan, yaitu 10 menit gratis bicara ke semua operator, dan 1000 menit bicara ke sesama Smartfren.

Syarat & Ketentuan Paket Internet 4G LTE Smartfren True Unlimited :

  1. Paket TRUE Unlimited dapat dibeli dengan harga khusus Rp 75,000 (Harga Normal Rp 300,000) oleh pengguna nomor Smartfren yang di-bundling dengan Andromax 4G LTE (Q,Qi,R,Es,Ec) & Hisense Pureshot.
  2. Bagi pengguna nomor Smartfren di perangkat Smartphone lainnya (non-bundling Andromax 4G LTE & Hisense Pureshot) dapat membeli Paket TRUE Unlimited dengan harga normal Rp 300,000 (tidak berlaku bagi pengguna MiFi, Router, Modem serta Data devices lainnya).
  3. Akses Unlimited Paket TRUE Unlimited berlaku bagi nomor Smartfren yang di-bundling di perangkat Andromax 4G LTE & Hisense Pureshot dan tidak diperkenankan untuk dipindahkan maupun digunakan di atau ke perangkat lain, baik MiFi, router maupun Modem serta perangkat Smartphone lainnya.
  4. Untuk menjaga kualitas serta kesetaraan layanan bagi semua pelanggan Smartfren, maka Smartfren berhak melakukan pengawasan secara berkala terhadap penggunaan akses Internet pelanggan Paket TRUE Unlimited. Smartfren berhak untuk melakukan tindakan yang diperlukan terhadap penyalahgunaan pemakaian, seperti contohnya (tetapi tidak terbatas pada) akses Peer-to-Peer (P2P) dan penggunaan pada perangkat Smartphone non Andromax 4G LTE & Hisense Pureshot.
  5. Masa berlaku Paket TRUE Unlimited adalah 30 hari dan bersifat auto renewal. Paket akan diperpanjang secara otomatis di akhir masa berlaku paket selama pulsa yang dimiliki pelanggan mencukupi.
  6. Pelanggan yang menggunakan nomor Smartfren yang dibundling dengan Andromax 4G LTE & Hisense Pureshot masih dapat membeli kembali Paket TRUE Unlimited dengan harga spesial Rp 75,000 jika proses perpanjangan otomatis tidak berhasil.
  7. Jika Pelanggan melakukan pembelian Paket True Unlimited serta menggunakannya pada perangkat MiFi, Router, Modem, serta perangkat data terminal lainnya, maka dapat menyebabkan penurunan kualitas layanan yang diterima oleh Pelanggan tersebut, yang dapat berupa (tetapi tidak terbatas pada) penurunan kecepatan, hilangnya sinyal 4G LTE serta penonaktifan nomor Smartfren terkait.

Comments