ArenaLTE.com – Secara default sistem informasi untuk jangkauan sinyal bar frekuensi radio, yang ada pada ponsel akan menampilkan ikon garis putus-putus. Namun demikian, ternyata ada cara yang cukup unik untuk mengubah sinyal bar iPhone tersebut menjadi lebih menarik, seperti halnya dengan angka maupun ikon titik sebagai informasi besaran sinyal frekuensi radio yang didapat.

Sebagaimana dilansir dari laman Wonder How To, Kamis (6/8/2015), tampilan informasi sinyal bar dengan garis horizontal putus-putus terutama pada ponsel basis iOS, sepertinya sudah tidak lagi berlaku. Informasi sinyal bar pada iPhone dengan tampilan unik dan informatif, seperti bisa dilakukan pengguna dengan cara yang cukup sederhana dan dilakukan sendiri.

Pengguna bisa mengubah sinyal bar iPhone dengan menggantinya menjadi informasi dalam hitungan angka. Perkiraan kekuatan sinyal dalam bentuk angka, akan tampil lebih informatif dibanding dengan informasi grafis bar. Informasi numerik tersebut, dapat disesuaikan sesuai dengan jangkauan ponsel yang didapat pengguna.

Berikut cara yang bisa dilakukan pengguna iOS untuk mengubah sinyal bar iPhone menjadi angka, tanpa harus melakukan jailbreak dengan langkah sederhana.

 

Langkah Pertama

Hal pertama yang bisa dilakukan pengguna adalah masuk dalam modus ujicoba menu, yakni dengan cara memasukkan angka numerik ke dalam menu panggilan. Masukkan kode rahasia *3001#12345#* kemudian tekan tombol dial, sehingga tampilan deretan menu pilihan akses ujicoba jaringan akan muncul dalam layar.

Langkah Kedua

Setelah masuk dalam tampilan menu ujicoba tersebut, pengguna dapat menekan sinyal bar yang ada dibagian pojok kiri layar. Tekan ikon bar putus-putus tersebut untuk menggantinya dengan angka numerik, sebagai informasi jangkauan sinyal.

angka_5

Langkah Ketiga atau Penyimpanan

Tampilan sinyal bar akan kembali seperti semula, jika pengguna tidak melakukan penyimpanan tampilan dengan cara ketiga. Pengguna dapat melakukan hal tersebut dengan menekan tombol power atau lockscreen hingga menu nonaktif ponsel muncul. Saat menu non aktif ini muncul, langkah selanjutnya adalah dengan menekan dan menahan tombol home beberapa detik (1±0 detik) hingga pengguna ditampilkan kehalaman penyegaran homescreen.

angka_6

Informasi

Sebagai informasi dasar, jika pengguna memilih tampilan sinyal bar dibuat dalam bentuk angka, maka informasi yang perlu dipahami adalah mengenai nilai yang didapat. Artinya, jika pengguna dalam satu area mendapatkan sinyal bar lebih banyak, maka otomatis angka yang muncul adalah tanda strip dengan angka kecil (ex : sinyal penuh maka angka yang muncul adalah -40 atau -70). Selamat mencoba.