ArenaLTE.com – Setelah berburu Pokemon dan mengumpulkan yang terbaik, tentu tujuan terakhir para Pokemon Trainer adalah mengadunya dengan Pokemon yang lain. Gym adalah salah satu tempat yang dapat dipilih pengguna sebagai arena pertempuran. Pun demikian jika para pemain berhasil mengalahkan lawan dalam Gym tersebut, tentunya wilayah ini bisa dikuasainya dan menjadikannya sebagai Gym Master. Namun, sebelum bertempur atau mengadukan binatang ikonik ini, sebaiknya perhatikan dan kenali jenis Pokemon pertarung Anda.

Pada awal permainan Pokemon Go, ada tiga binatang ikonik atau Pokemon Starter yang wajib dipilih pengguna untuk ditangkap. Salah satu binatang tersebut adalah Chaimander, Squirtle, dan Bulbasur. Tak ada yang istimewa dari tiga jenis binatang awal ini. Mereka semua memiliki potensi masing-masing, dan yang terpenting adalah bila nanti binatang ini bisa evolusi atau ditingkatkan kekuatannya (CP/ combat power), maka hal itu sebaiknya dilakukan untuk menambah kekuatan tempurnya.

Pokemon memiliki kekuatan tempur dan kelemahan yang berbeda, hal itu tergantung dari jenis binatang apa mereka. Ada beragam jenis Pokemon atau sekitar 250 jenis binatang ikonik ini yang bisa dikumpulkan pemain, termasuk binatang darat, terbang, jenis binatang racun, binatang tanah, batu, serangga, binatang hantu, api, air, tanaman, listrik, psikis, es, naga, binatang malam dan peri.

WhatsApp-Image-20160715

Masing-masing binatang cukup kuat atau lemah terhadap jenis binatang yang lain. Hal ini pun tidak bergantung pada kekuatan besar CP yang dimiliki. Menghafal semua kekuatan dan kelemahan Pokemon ini memang cukup memusingkan kepala, namun hal itu bisa membantu Anda mendapatkan kesempatan mengalahkan lawan dan menjadi Gym Master untuk berkuasa di area pertempuran.

Seperti yang kami tuliskan diatas, sebelum bertempur sebaiknya kenali jenis Pokemon lawan dan milik Anda sendiri. Seperti dikutip dari laman Phonearena, pastikan jenis binatang yang Anda pilih berada diatas jenis yang dimiliki lawan atau perkirakan bahwa pokemon lawan bisa Anda taklukan dengan jenis yang tepat.

Untuk hal ini, Anda bisa mengenali beberapa jenis Pokemon tertentu yang bisa dikalahkan dari jenis lainnya. Seperti halnya jenis Serangga yang bisa dengan mudah dikalahkan jenis Pokemon terbang, Api, Pokemon racun, Pokemon petarung, Steel, dan Fury pokemon.

Namun demikian, bukan berarti Pokemon jenis serangga tersebut sangat lemah. Binatang ikonik dari jenis ini, bisa tampil baik dalam melawan Pokemon jenis Grass, Psikis, dan Pokemon Malam. Dan hal lain yang cukup menentukan kemenangan Pokemon dalam bertarung adalah peningkatan CP dan Evolusi ke yang lebih besar lagi. Dan peningkatan ini bisa Anda lakukan dengan mengumpulkan stardust atau candy sebagai item pembantu peningkatan Pokemon.

Selamat bertarung!