ArenaLTE.com – Tidak harus mahal, terkadang hanya dengan budget yang terjangkau kita sudah bisa memiliki semua yang kita harapkan dari sebuah smartphone 4G LTE. Beberapa waktu lalu ArenaLTE.com sudah banyak membahas tentang cara memilih smartphone 4G LTE yang tepat, dilihat dari berbagai aspek penting seperti harga, prosesor, layar, kamera, memori hingga daya tahan baterai termasuk jaringan dan frekuensi 4G LTE Indonesia.

Jangan sembarangan memilih smartphone 4G LTE, apalagi merek aneh atau seri yang belum resmi beredar di Indonesia karena belum tentu kompatibel dengan jaringan dan frekuensi 4G LTE Indonesia milik para operator. Ya, fitur dukungan terhadap jaringan dan frekuensi 4G LTE Indonesia menjadi faktor yang sangat penting dalam memilih smartphone 4G LTE yang akan digunakan di Indonesia.

akamai report 2016 internet smartphonePita Frekuensi 4G LTE di Jaringan operator Indonesia

Seperti yang kita ketahui bersama, ketika pertama kali hadir, layanan 4G LTE Indonesia hadir berjalan di frekuensi 900 Mhz (Band 8) di Indonesia. Kemudian pemerintah melakukan refarming dan memindahkan jaringan dan frekuensi 4G LTE Indonesia untuk komesial di frekuensi 1800 MHz (Band 3) oleh semua operator di Indonesia.

Operator GSM di Indonesia seperti Telkomsel, XL, Indosat dan Tri sudah mendukung layanan 4G LTE secara komersial di frekuensi 1800 Mhz tersebut dan siap digunakan untuk akses internet super cepat bagi para pelanggannya.

Jadi bagi kalian yang menggunakan yang menggunakan keempat layanan operator tersebut, patikan jika membeli smartphone 4G LTE merek “aneh” atau smartphone tidak resmi sudah mendukung frekuensi 1800 Mhz.

Di Indonesia, selain operator GSM adapula operator CDMA yang menggelar layanan 4G LTE yaitu Smartfren. Namun Smartfren menggunakan pita frekuensi yang berbeda dengan operator seluler GSM, layanan 4G LTE Smartfren menggunakan pita frekuensi 850 Mhz (Band 5) (frekuensi layanan CDMA sebelumnya).

Pemerintah kembali melakukan refarming untuk frekuensi 850 Mhz dan meminta layanan 4G LTE smartfren untuk pindah ke frekuensi dan 2300 Mhz (Band 40) dalam jangka waktu tiga tahun kedepan. Proses perpindahan ini membutuhkan waktu, jadi untuk sementara ini Smartfren diperbolehkan menggelar layanan 4G LTE di kedua pita frekuensi tersebut yaitu frekuensi 850 Mhz dan 2300 Mhz.

Jadi, jika kalian hendak apabila anda hendak membeli smartphone 4G LTE,  pastikan sudah mendukung frekuensi 1800 MHz atau 900 MHz untuk smartphone GSM dan apabila anda ingin smartphone yang bisa beroperasi di Smartfren, pastikan handset mendukung frekuensi 2300 MHz atau 850 MHz.

Indosat Ooredoo dan XL AxiataKarakteristik Frekuensi 4G LTE Indonesia

Tahukah kalian jika kita tidak bisa melakukan panggilan telepon dan SMS di teknologi 4G LTE? Sesuai dengan peruntukkannya teknologi LTE (Long Term Evolution), yang kita kenal sebagai teknologi 4G LTE, memiliki dua cara pengantaran yang dikenal dengan istilah FDD dan TDD.

FDD (Frequency Division Duplexing) merupakan cara pengantaran data menggunakan dua buah channel yang berbeda antara transmit dan receive. 4G LTE FDD, merupakan teknologi 4G LTE yang menggunakan frekuensi 800 MHz sampai 1800 MHz sebagai jalur pertukaran data.

Dengan frekuensi sekian, maka bisa mengatur keseimbangan antara upload dan download. Kelebihan dari jaringan 4G LTE FDD adalah jaringan yang luas daerah penggunannya. Cocok untuk mereka yang pengguna telepon, chat, sosial media dan browsing. Penyedia layanan 4G LTE FDD ini masih bisa menyediakan layanan telepon dan SMS dengan berpindah ke 3G secara otomatis.

TDD (Time Division Duplexing) dimana data diantarkan dan diterima dalam satu channel frekuensi yang sama, hanya dengan pemisahan jeda waktu yang singkat dan kapasitas yang tersedia bisa menjadi lebih besar dibanding FDD. Teknologi jaringan TDD 4G LTE beroperasi di frekuensi 2300 MHz.

Kinerjanya sangat cepat sekali dalam hal download, namun sangat lambat sekali dalam hal upload. Sangat cocok untuk browsing internet, video surveillance, streaming dan download. Penyedia layanan TDD 4G LTE hanya bisa menyediakan layanan data saja tidak bisa menawarkan layanan panggilan telepon dan SMS.

Salah satu operator TDD 4G LTE di Indonesia yaitu BOLT! dan nantinya Smartfren juga hanya akan menyediakan layanan TDD 4G LTE saja, yang fokus pada layanan data dan koneksi internet tanpa layanan telepon dan SMS.

Itulah kenapa, smartphone TDD 4G LTE yang beroperasi di frekuensi 2300 Mhz saja, tidak dapat digunakan untuk layanan dari operator FDD 4G LTE karena beroperasi di 1800 Mhz. Begitu juga sebaliknya, jangan kaget jika kopatbel dengan smartfren dan Bolt namun tidak bisa untuk Telkomsel, Indosat, XL dan Tri.

Penyedia layanan TDD 4G LTE bisa menyediakan layanan telepon suara dengan menggunakan menerapkan teknologi VoLTE (Voice Over LTE) yang sudah mulai diterapkan juga oleh Smartfren.