ArenaLTE.com – Setiap pengguna smartphone pasti menginstal aplikasi chatting dan punya grup chatting baik itu grup BBM, grup WhatsApp, Grup Line dan lain sebagainya. Suatu ketika teman saya mengalami kesulitan karena bergabung dalam sebuah grup chatting tentang game online yang berisikan anggota dari berbagai negara. Bahasa yang digunakan beragam dan kita tidak bisa mengerti apa yang sedang mereka bicarakan. Salah satu cara paling mudah untuk terjemahkan bahasa yaitu dengan menggunakan aplikasi Google Translate.

Biasanya aplikasi Google translate harus kita jalankan secara terpisah dan kita harus melakukan copy dan paste teks diantara berbagai aplikasi tersebut, misalnya jika ingin menerjemahkan chatting, kita “copy” teks chatting nya kemudian pindah ke aplikasi Google translate, “paste” dan terjemahkan.

Seperti yang dilansir melalui blog resminya, aplikasi Google translate kini menghadirkan sebuah fitur terbaru yang bernama Tap to translate Android. Dengan fitur ini kita bisa melakukan translate bahasa tanpa harus berpindah aplikasi. Cukup copy teks yang ingin kita terjemahkan di aplikasi apapun yang sedang kita gunakan di Android dan menu terjemahan Google Translate akan otomatis muncul di aplikasi tersebut tanpa harus berpindah aplikasi.

Google translateFitur ini mirip dengan fungsi yang ditambahakan pada browser Chrome versi dekstop komputer. Browser Chrome memungkinkan kita untuk menerjemahkan teks dalam berbagai bahasa dengan cepat dan mudah tanpa harus berpindah ke tab atau tampilan lainnya. Upgrade yang dilakukan oleh Google translate ini akan semakin memudahan para pengguna smartphone Android.

Digunakan oleh lebih dari 500 juta pengguna, aplikasi terjemahan bahasa paling populer ini mendukung lebih dari 103 bahasa di dunia yang bisa digunakan oleh versi Android Jellybean (4.2) keatas. Fitur tambahan lainnya yaitu fungsi Offline mode, jadi Google translate ini bisa digunakan meskipun kita tidak memiliki akses internet.

google translateFitur offline mode yang berfungsi untuk Android dan iOS ini menggunakan paket khusus pendukung fungsi offline, paket bahasa ini ukurannya semakin diperkecil jika sebelumnya berukuran sekitar 90 MB kini diperkecil menjadi sekitar 25 MB saja untuk setiap bahasa.