ArenaLTE.com – Pada awalnya, kamera dianggap hanya sebagai fitur pelengkap sebuah ponsel sehingga tak banyak fitur yang bisa diandalkan. Namun, seiring perkembangan teknologi dan kebutuhan pasar yang mengidentifikasi smartphone adalah perangkat multimedia, kini menjadikan kamera sebagai fitur utama. Tak hanya kamera utama, kamera depan untuk selfie pun kian menjadi andalan. Fitur smartphone selfie terus ditingkatkan untuk memenuhi hasrat pengguna yang narsis.

Beberapa produsen bahkan ada yang memberikan perhatian khusus pada fitur smartphone selfie. Sehingga memberikan label smartphone selfie pada produknya. Pada artikel ini, kami akan melakukan komparasi dari tiga smartphone selfie yang paling populer di Indonesia, yaitu Oppo F1S, Lenovo Vibe S1, dan Asus Zenfone Selfie. Ketiganya memiliki keunggulan masing-masing. Penasaran seperti apa? Baca ulasannya berikut ini.

Baca :
Fitur Kamera Selfie Smartphone yang Bikin Kualitas Foto Makin “Kece”
Kupas Tuntas Teknologi Kamera Selfie di Smartphone

Komparasi Fitur Smartphone Selfie

fitur-smartphone-selfie
Oppo F1S vs Lenovo Vibe S1 vs Asus Zenfone Selfie

Resolusi

Walaupun resolusi bukan faktor utama dalam menentukan kualitas foto, namun tetap menjadi acuan pengguna saat akan membeli sebuah smartphone kamera. Karena biasanya produsen yang berani menghadirkan resolusi besar, diikuti dengan teknologi kamera yang lebih mumpuni. Anda juga memiliki keleluasaan untuk memotong (crop) atau dicetak dengan tampilan yang bagus.

Berbeda dengan smartphone pada umumnya, Lenovo Vibe S1 memiliki dua kamera selfie. Fitur kamera selfie Lenovo Vibe S1 terdiri dari kamera utama 8MP untuk mengambil foto paling tajam serta kamera kedua 2MP untuk menganalisa kedalaman informasi medan atau ruang. Sementara itu Asus Zenfone Selfie memiliki teknologi kamera yang sama persis antara kamera depan dan belakang. Resolusinya sendiri adalah 13 MP disertai LED Flash. Oppo F1S memiliki resolusi kamera selfie yang paling besar dibanding lainnya yaitu 16MP.

 

Aperture

Aperture adalah bukaan diafragma atau bukaan lensa yang biasa hadir dengan bentuk ikon informasi F pada lensa kamera. Biasanya nilai aperture ini ditandai dengan f dan angka, misalnya f/2.2, f/1.1, atau pada smartphone biasanya diinformasikan f/2.6. Dan seperti sudah banyak diketahui orang, secara teori semakin besar nilai aperture maka tentu hasil gambar akan semakin terang.

Untuk urusan satu ini, Asus Zenfone Selfie dan Lenovo Vibe 1S kompak dengan memiliki nilai aperture yang sama yaitu F/2.2 pada kamera depan. Dalam hal aperture ini, Oppo F1s lebih unggul karena memiliki nilai bukaan F/2.0 yang mengindikasikan bahwa sensor ini mampu menyerap cahaya lebih banyak. Tingkat sensitivitas cahaya bisa diakomodir dengan baik, dan tentunya hasil gambar yang dihasilkan pun akan terlihat lebih terang. Bahkan dalam kondisi ruangan minim cahaya.

Fitur

Sebagai smartphone selfie, tentunya fitur adalah salah satu hal yang paling dikedepankan produsen karena menjadi ‘alat’ bantu untuk menghasilkan foto terbaik, bahkan bisa memberikan warna kreatif dalam menghasilkan foto diri. Demikian halnya dengan tiga jagoan smartphone selfie ini, seperti halnya Oppo F1S, Lenovo Vibe 1S, serta Asus Zenfone Selfie.

Pada Lenovo Vibe 1 S terutama pada kamera depan, produsen menanamkan dua kamera langsung dengan resolusi yang berbeda, salah satunya kekuatan 8MP dan 2MP. Dengan dua kamera tersebut, tentunya pengguna bisa memanfaatkan kamera dalam beragam resolusi, bahkan bisa juga memanfaatkan kamera depan untuk mengambil gambar secara ‘bokeh’. Satu obyek dibuat blur sementara lainnya bisa dibuat lebih fokus, lainnya tentu adalah background foto yang bisa diubah dengan mudah yang pasti bisa mengakomodir dengan baik kegiatan selfie pengguna.

Sedangkan untuk Asus Zenfone Selfie, sebenarnya fitur kamera depan dan belakang pada seri ini hampir sama dengan Oppo F1S. Karena resolusi yang ada pada kamera utama sama besar dengan resolusi kamera depan, dan ini menjadi hal yang menguntungkan. Pengguna bisa mendapatkan gambar dengan resolusi yang besar saat menggunakan kamera depan atau belakang. Namun, dibalik hal itu Asus Zenfone Selfie memiliki fitur unggulan sendiri, yakni Wide Angle  dengan sudut 88 derajat.

Oppo F1S memiliki fitur kamera selfie yang terbilang melimpah. Ponsel ini memiliki fitur Beautify 4.0 yang mengadopsi teknologi pengenalan wajah yang lebih detail dan algoritma terbaru. Fitur ini mampu menyesuaikan warna sehingga menghasilkan efek kulit wajah cerah dan natural. Tersedia 7 tingkat efek beauty dan bar warna kulit, memudahkan kita untuk mengatur hasil yang paling alami dan menarik perhatian.

Lensa kamera depan Oppo F1s memiliki lebar 120 derajat sehingga area tangkapan foto lebih maksimal. Tak hanya itu, sebagaimana dengan Zenfone Selfie, Oppo F1s juga mengadopsi fitur Selfie Panorama. Sehingga ruang yang ditangkap lebih luas. Asyiknya lagi, terdapat filter kamera untuk membuat foto selfie kreatif. Terdapat 7 jenis filter dengan tone warna bervariasi. Juga 9 jenis watermark yang dapat dipilih seperti pengaturan waktu, tanggal, lokasi, dan temperatur berdasarkan waktu saat berfoto selfie.

Oppo juga memudahkan pengguna dalam mengambil foto lewat fitur palm shutter. Dengan fitur smartphone selfie ini, pengambilan gambar tak perlu memencet tombol. Cukup dengan melambaikan tangan saja di depan kamera. Selain membuat aktivitas selfie lebih praktis, gambar pun jadi tak goyang.

Untuk memperkuat pencahayaan di kondisi remang-remang, OPPO menambahkan fitur yang disebut Screen Flash. Sehingga wajah pemotret swafoto bisa terlihat lebih jelas. Cara kerja Screen flash adalah dengan menggunakan layar dengan tingkat kecerahan yang tinggi untuk menghasilkan cahaya yang dapat menggantikan LED Flash sehingga memungkinkan kita untuk mengambil gambar dengan kamera depan tanpa menggunakan flash di tempat gelap sekalipun.