ArenaLTE.com – Awal bulan ini, Olympus resmi memperkenalkan kamera baru yang masuk ke dalam kategori baru Field Tough yaitu seri Olympus Stylus TG-Tracker. Disebut Field Touch Camera, karena tak hanya berfungsi sebagai outdoor action camera, perangkat ini sejak awal dirancang untuk tetap prima digunakan dalam berbagai kondisi sehingga memiliki ketahanan yang luar biasa. Bahkan lebih dari itu, Olympus Stylus TG mampu melacak lokasi Anda dimanapun berada secara akurat lengkap dengan informasi suhu, ketinggian, dan kedalaman.
BACA: Olympus Stylus TG-Tracker, Kamera Outdoor Tangguh Dengan Sensor Pendeteksi

TG-Tracker-(Green-&-Black)Secara garis besar, perangkat ini memiliki beragam keunggulan, di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Field Sensor System untuk merekam semua bagian dan pergerakan

Saat ini pasar perangkat wearable semakin diperluas kegunaannya. Segmen ini menawarkan cara yang secara otomatis merekam informasi lokasi, langkah berjalan, kalori yang terbakar, dan catatan informasi lainnya. Begitu juga dengan kamera baru Olympus Stylus TG-Tracker yang dilengkapi dengan Field Sensor System. Teknologi ini meliputi pelacakan lokasi via satelit (menggunakan GPS, GLONASS, QZSS), barometer, sensor suhu, kompas dan sensor akselerasi. Semuanya berkontribusi untuk merekam informasi dan pelacakan log pada olahraga outdoor.

Sistem ini memungkinkan kamera untuk menangkap film dan gambar aktivitas outdoor sembari merekam catatan digital seperti suhu lokasi, ketinggian / kedalaman, dan suhu udara / air. Juga dilengkapi dengan Underwater Detector , yang membantu selama pengambilan gambar bawah air. Sensor mendeteksi air, dan ketika kamera melampaui kedalaman 0,5 m, kamera secara otomatis beralih ke modus optimal untuk pemotretan bawah air sehingga Anda dapat fokus pada pemotretan tanpa khawatir tentang kontrol yang rumit. Layar log juga secara otomatis beralih dari ketinggian ke informasi kedalaman air.

Bidang catatan ini dapat secara bersamaan ditampilkan dengan gambar yang direkam menggunakan aplikasi smartphone Olympus Image Track. Sehingga menambah sensasi dan serunya tantangan  aksi olahraga luar ruangan.

2. Tangguh di Segala Kondisi Berkat Fitur Tough

Dengan konstruksi yang disegel agar tahan air, Olympus Stylus TG Tracker bisa diceburkan ke dalam air hingga kedalaman 30 meter. Penyegelan ini juga memungkinkan kamera tahan debu dengan  kinerja yang sangat baik sehingga Anda tidak perlu khawatir saat pengambilan gambar di pegunungan atau daerah berpasir.

Sementara itu struktur sasis dual-layer membuat kinerja terhadap ketahanan benturan hingga ketinggian 2,1 meter. Begitupun kamera tetap beroperasi meski berada di suhu ekstrim -10 ° C sehingga Anda tetap bisa memotret di pegunungan dan lokasi cuaca sangat dingin. Rancang bangunnya pun dibuat sangat kokoh yang dapat menahan beban hingga 100 kilogram-force. Fitur Tough yang canggih ini hanya tersedia pada Stylus TG Series yang jauh meninggalkan pesaingnya.

3. Gambar berkualitas tinggi dengan lensa ultra wide-angle yang menangkap sudut diagonal 204°

Kamera ini memililiki panorama diagonal 204° berukuran kompak dengan lensa ultra wide-angle yang dikembangkan menggunakan teknologi optic berdasarkan pengalaman Olympus selama bertahun-tahun. Sudut pandang jauh lebih besar dari yang bisa ditangkap oleh mata manusia, sehingga Anda bisa menangkap pemandangan yang tidak pernah dilihat sebelumnya dalam kualitas gambar yang sangat baik.

Olympus Stylus TG-Tracker juga dilengkapi dengan TruePic VII untuk resolusi 4K. Ini adalah prosesor gambarberbasisTruePic VII yang digunakan pada Olympus PEN dan OM-D Compact Kamera System dengan menambahkan kompatibilitas film 4K. Prosesor ini dengan cepat memproses data dengan sensitivitas tinggi, serta sensor CMOS back-lit rendah noise untuk menghasilkan gambar berkualitas tinggi.

4. Kemudahan Merekam dan Mengontrol Kamera

Memiliki ukuran body yang kompak, Olympus Stylus TG-Tracker memberikan kemudahan pengguna dalam merekam atau memotret dari berbagai angle, termasuk sudut rendah dan sudut tinggi. Pada paket penjualan, telah disediakan Steady Grip SG-T01 untuk membantu membuat framing stabil selama shooting genggam. Serta Mount Coupling MC-T01  yang dilengkapi dengan cermin kecil di bagian depan untuk membantu dalam menangkap foto group selfiebersudut lebar. Selain itu, terdapat lampu head terintegrasi dengan intensitas tinggi pada bodi kamera untuk pengambilan gambar dengan kondisi cahaya rendah.

Stylus TG-Tracker dilengkapi dengan konektivitas built-in Wi-Fi. Ketika dikombinasikan dengan smartphone menggunakan aplikasi eklusif Olympus Image Track, film yang direkam pada kamera bersama dengan info pelacakan dapat dengan mudah diimpor ke smartphone.

5. Terhubung dengan aplikasi smartphone Olympus Image Track

Anda dapat secara simultan menampilkan data log saat melihat gambar untuk menikmati sensasi yang lebih realistis dari lingkungan pengambilan gambar selama pemutaran. Tampilan log dapat beralih antara informasi geografis daninformasi ketinggian / kedalaman untuk mencocokkan adegan terbaik. Log data yang tercatat pada dapat dilihat setiap saat menggunakan Olympus Image Track sehingga Anda dapat memeriksa rincian untuk menghitung kecepatan dan jarak tempuh.

Fitur Lain

  • Time Lapse Movie untuk obserasi gerakan fixed-point
  • Fungsi Loop Record guna memudahkan pengelolaan data video.
  • Dibundel dengan Underwater Protector UP-T01 untuk pemotretan bawah air
  • GUI (Graphical User Interface) untuk kontrol intuitif
  • Powerful electrical 5-axis IS untuk kompensasi dari setiap blurring
  • 4K movie playback via koneksi HDMI