Internet memiliki dampak baik dan buruk kepada penggunanya. Pun demikian, diluar dari dampak tersebut, mengaksesnya adalah sebuah kebutuhan yang harus dipenuhi pengguna gadget saat ini. Menikmati video streaming, bermain game online, update status, dan memajang foto di ranah situs media sosial sudah menjadi salah satu bagian dari kegiatan tersebut. Meski sayangnya, hal ini bisa terkendala jika pengguna salah dalam memilih paket layanan dari operator.

Menyusuri informasi yang dirangkum di dunia maya yang cukup menyita waktu, saya persempit dengan membuang informasi yang tidak jelas dan kurang transparan. Pasalnya, tak sedikit informasi yang diberikan operator memiliki dua alasan tersebut. Ujung-ujungnya, syarat dan ketentuan menjadi dua beban yang tak bisa dihindari. Beruntung, informasi yang lebih dalam disajikan dalam situs http://indosatooredoo.com/freedom.

Hadirnya paket layanan Freedom Combo dari IM3 Freedom, saya anggap adalah jawaban yang tepat terutama bagi pengguna gadget yang cukup addict terhadap internet. Bayangkan, dalam satu paket layanan yang diberikan oleh IM3 Ooredoo pada paket Freedom Combo ini disajikan dalam beragam varian (M, L, XL, dan XXL). Biaya paket tersebut disesuaikan dengan kuota yang diberikan. Meski awalnyaa saya ragu dan tertawa dengan nama layanan ini, karena seperti membeli sebuah pakaian yang harus menentukan ukurannya. Ah, mungkin ini adalah filosofi dari layanan tersebut, yakni ‘kesesuaian’.

Sedikit saya jelaskan, untuk paket Freedom Combo bisa diakses langsung dari ponsel dengan mengetikkan kode dial *123# ataupun via website di http://indosatooredoo.com/freedom. Paket ini menawarkan bonus kuota dobel, seperti halnya paket layanan M yang ditawarkan dengan harga Rp59 ribu, harga ini sudah termasuk untuk kuota utama 1GB dengan bonus kuota 1GB. Kedua kuota bisa dipakai kapan pun (malam, siang, pagi, atau sore) bahkan di kedua jaringan IM3 Ooredoo di kanal 3G maupun 4G.

Sedangkan untuk paket L, pengguna akan diberikan kuota data sebesar 3GB dengan bonus 3GB yang dibanderol dengan tarif Rp99 ribu. Serta paket XL yang ditawarkan dengan kuota data sebesar 5GB ditambah bonus 5GB dengan tarif Rp 149 ribu, jika ingin yang lebih besar bisa mengikuti paket layanan XXL yang memiliki kuota besar 10GB dengan bonus 10GB yang ditarifkan sekira Rp 199 ribu.

Senang? Saya rasa lebih dari itu yang dirasa saat ini. Ke-empat paket layanan bukan hanya memberikan keluangan waktu penggunaan paket dan bonusnya kapan saja selama 24 jam penuh. Melainkan juga untuk bonus lainnya, seperti menelfon dan SMS yang bisa digunakan tanpa batasan waktu. Dan saya tidak perlu lagi menjadi kalong untuk menikmati bonus, atau bahkan menghemat waktu pembicaraan agar sisa bonus tetap bisa dinikmati.

Kepuasan dari hal informasi layanan dan penerapan tarif data serta bonus yang diberikan, menjadikan saya mewajibkan keluarga untuk menggunakan layanan IM3 Ooredoo. Tentu sudah jelas, selain komunikasi dengan keluarga yang akan menjadi lebih murah dan mudah. Alasan lainnya adalah tak ada lagi batasan waktu akses internet, pemakaian yang bebas kapan saja tak akan lagi menjadi kendala. Mengakses data yang dibutuhkan pada saat jam sibuk, bukanlah lagi momok yang menakutkan. Bahkan, sekedar menghilangkan dahaga untuk ‘war’ di game Clash of clans (CoC) di jam istirahat bekerja adalah kenyamanan selepas makan siang yang sangat bahagia.

Oiya, dalam layanan yang saya coba tersebut ada satu hal yang dirasa cukup membahagiakan dan tidak mengecewakan, yakni sisa kuota data tidak hilang meski berpindah paket layanan. Bravo, Indosat Ooredoo!