ArenaLTE.com – Smartphone sudah menjadi perangkat wajib aktivitas kita sehari-hari, segala hal kini semuanya bisa dilakukan dengan smartphone.  Banyak hal dilakukan pengguna untuk melindungi agar smartphone Android terlindungi dan mampu bertahan lama dengan performa yang tetap menawan.

Baik itu menginstal anti virus, task manager, aplikasi pembersih data dan ain sebagainya. Namun apakah smartphone kita sebenarnya butuh perlakukan tersebut? Atau justru malah membahayakan smartphone kita? Nah berikut ini ada beberapa hal yang harus kita hidari agar kinerja smartphone Android kesayangan kita agar tidak menjadi berat dan bahkan dapat merusaknya.

task killer smartphone AndroidSering Menggunakan fitur Task killers atau menutup aplikasi secara manual.

Banyak dari kita sering menggunakan task manager untuk menutup berbagai aplikasi yang berjalan dan aktif secara background melalui fitur “recent app menu”. Namun tidak menyadari bahwa sebenarnya ini akan mempengaruhi performa dan kinerja smartphone kita.

Sebenarnya, ketika kita menjalankan aplikasi untuk pertama kali, sebagian data akan tersimpan dalam RAM. Ini berarti bahwa ketika kita akan membuka aplikasi yang sama kedua kalinya. Proses loading akan menjadi lebih cepat karena adanya cached data yang tersimpan di RAM. Nah jika kita menutup aplikasi tersebut menggunakan task manager atau menutupnya secara manual maka data cache yang tersimpan di RAM juga akan terhapus, dan ketika kita akan menjalankan aplikasi tersebut jadinya proses loading akan mulai dari awal lagi dengan beban kerja prosesor yang lebih berat.

Jadi disarankan untuk aplikasi yang sering dibuka berulang kali tidak perlu ditutup menggunakan task manager, dan tutup aplikasi yang hanya sekali-kali digunakan saja untuk meringankan kinerja prosesor dan menghemat baterai smartphone.

smartphone AndroidMenggunakan lebih dari satu aplikasi antivirus di Smartphone Android

Jika kalian merasa membutuhkan aplikasi antivirus dalam smartphone Android kalian, yang harus dipahami adalah aplikasi antivirus ini akan menguras RAM dan daya tahan baterai smartphone. Aplikasi anti virus sejatinya kan sellau aktif secara bacground dan melakukan scanning terhadap berbaai file, namun memiliki lebih dari stu anti virus malah justru akan menambah beban kinerja smartphone. Jadi kalian harus memutuskan untuk memilih satu aplikasi antivirus pilihan yang bisa terinstal dalam smartphone. Cukup satu aplikasi antivirus saja.

smartphone AndroidMengabaikan permintaan update software

Biasanya kita mengatur smartphone untuk tidak melakukan update sistem operasi atau aplikasi secara otomatis. Padahal, sistem operasi dalam smartphone butuh untuk secara rutin diperbaiki dan diupdate untuk memperbaiki beberapa bug atau kekurangan fike agar kinerja smartphone lebih maksimal baik dari sisi kinerja sistem maupun faktor keamanannya. Biasanya kita akn menerima notifikasi berupa update software, disarankan untuk segera melakukan update ketika notifikasi tersebut muncul. Bahkan kita juga bisa mengatur untuk melakukan update secara otomatis. Pastikan untuk melakukan update agar kinerja smartphone jadi lebih efisien dan lebih baik.

smartphone AndroidMendownload aplikasi dari sumber yang tidak terpercaya

File installer Android dalam format .APK menjadi file aplikasi yang paling rentan disusupi oleh virus atau malware berbahaya yang bisa meninfeksi smartphone. Untuk mencegahnya kita harus memastikan bahwa sumber file aplikasi yang akan kita instal kedalam smartphone berasal dari tempat yang dipercaya seperti misalnya dari Google Play Store. Karena market pplace aplikasi seperti Google Play Store sudah dikenal memiliki tingkat kemanan yang sudah sangat baik.

smartphone AndroidTidak pernah merestart smartphone Android

Masih banyak kontroversi mengenai tema ini, banyak yang mengatakan tidak perlu merestrat smartphone namun banyak juga yang menjelaskan betapa pentingnya merestart smartphone. Namun merestar smartphoen setidaknya seminggu sekali akan berdampak baik pada kesehatan smartphone kesayangan kita. Dengan merestart smartphone maka data chace yang sudah tidak dibutuhkan akan dibersihkan dan data dalam memori penyimpanan akan tersimpan aman. Karena jika tidak pernah direstar terkadang ada beberapa memoir yang terblock dan data temporary tidak bisa dibersihkan yang akan membuat kinerja smartphone jadi melambat.