ArenaLTE.com – Ajang Mobile World Congress (MWC) 2016 menjadi pesta bagi para produsen smartphone untuk meluncurkan produk terbarunya. Sebagian besar yang menjadi sorotan di berbagai media adalah smartphone premium yang inovatif seperti Samsung Galaxy S7, LG G5 dan Xiaomi Mi5. Namun ternyata ada juga beberapa smartphone harga terjangkau yang diluncurkan di MWC 2016. Setidaknya ada lima smartphone yang menarik perhatian kami. Apa saja itu? Simak ulasan kami berikut ini.

LG X Series

LG X seriesLG memperkenalkan rangkaian seri baru yakni X Series. Jajaran produk ini menawarkan pengalaman baru yang berbeda buat konsumen. Mengusung fitur papan atas nan istimewa namun tetap mengandalkan harga kelas menengah. Dua model pertama smartphone harga terjangkau di keluarga LG X series adalah X cam dan X screen. Keduanya didesain untuk konsumen yang tak terlalu mementingkan berbagai fitur dan spesifikasi yang diusung ponsel high end saat ini. Kalangan yang lebih tertarik dengan kamera mumpuni dan tampilan mutakhir.

X cam mengemas dua kamera di sektor belakang dan mampu menyuguhkan pengalaman fotografi terdepan dari para rivalnya. X cam juga memiliki tampil elegan berkat dukungan 3D Bending Glass serta sudut membulat di bagian depan dengan profil hanya sekitar 5,2mm. Perangkat ini sangat nyaman dalam genggaman.

Sementara saudaranya yang bernama X screen sudah dibenami dengan layar sekunder berteknologi Always On. Layar sekunder ini nongkrong di bagian atas layar utama berteknologi HD In-cell yang membentang seluas 4,93 inci. Ukuran layar sekunder ini sendiri hanya sekitar 1,76 inci namun bisa membuat kinerja ponsel jadi lebih efisien. Secara desain, X screen menawarkan konsep stylish dengan dukungan tampilan eksterior berbahan crystal-clear glass. Sayang sekali belum ada informasi harga resmi mengenai kedua produk tersebut.
Baca: LG Siap Pamerkan X cam dan X screen dari keluarga X Series

Alcatel Idol 4

alcatel idol 4

Alcatel Idol 4 diboyong dengan spesifikasi yang cukup menggiurkan, dan banyak diungkapkan para pengunjung seimbang dengan harga yang ditawarkan. Dengan banderol sekira USD280 atau sekira IDR3,7 jutaan, seri ini membawa dimensi layar yang besar 5,2 inci dengan dukungan resolusi Full HD.

Spesifikasi yang ditawarkan pun sudah cukup tinggi, seperti halnya prosesor dari Qualcomm Snapdragon 617 yang bekerja dengan empat core atau inti dari ARM Cortex A53 kecepatan 1,7GHz dan 1,2GHz. Seri ini juga sudah memboyong memori RAM dengan kapasitas besar 3GB.

Untuk urusan multimedia, Alcatel Idol 4 membawa kapasitas kamera berkekuatan 13MP di sektor belakang dan kamera depan dengan sensor 8MP. Vendor juga menancapkan memori internal sebesar 16GB dan baterai berkapasitas 2160 mAh.

BacaAlcatel Idol 4 dan Idol 4S, Box-nya Bisa Jadi Google Cardboard!

Sony Xperia XA

sony xperia xa

 

Sebenarnya ada tiga varian seri baru yang diluncurkan Sony dalam pagelaran acara MWC 2016, namun menariknya hanya satu seri Xperia XA ini yang dinilai cukup menggoda pengunjung. Mungkin karena seri XA ini, hadir dengan harga yang lebih ramah di kantong dibanding keluarga Xperia X lainnya. Ser ini dibanderol dengan harga EURO300 atau IDR4,3 jutaan.

Smartphone harga terjangkau ini mengusung layar seluas 5 inci resolusi HD 720p dan kamera utama 13MP serta kamera selfie 8MP. Sudah dibenami dengan chipset MediaTek MT6755 chipset (2GB RAM, 16GB storage). Kamera utama membawa resolusi 13MP dan kamera depan dilengkapi dengan resolusi 8MP.
Baca: Perkenalkan Andalan Baru Sony: Xperia X, Xperia XA dan Xperia X Perfomance

Lenovo Vibe K5

lenovo vibe k5Lenovo memang tidak mencoba menjadi pusat perhatian dengan merilis smartphone premium. Tapi sang vendor resmi menghadirkan Lenovo Vibe K5, portofolio baru mereka di segmen kelas menengah yang banderolnya ramah di kantong. Smartphone harga terjangkau ini memiliki layar seluas 5 inci dengan resolusi HD (720p) untuk seri yang standar dan full HD (1080p) untuk seri Plus.

Buat kamu yang cukup memperhatikan sektor dapur pacu, K5 mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 415. Untuk mendongkrak kinerjanya, vendor menyuntikkan LPDDR3 RAM sebesar 2GB pada ponsel yang sudah berbasis OS Android 5.1 Lollipop ini.Soal kamera, Lenovo Vibe K5 menyiapkan sensor utama berkekuatan 13MP dan kamera depan yang resolusinya 5MP. Smartphone ini mendukung jaringan 4G LTE dengan dua slot kartu SIM sudah tersedia.

Seperti biasa, Lenovo membenamkan fitur Doubly Atmos dan suntikan dual speaker untuk mendukung multimedia dalam ponsel. Sementara untuk baterai hanya membenamkan baterai berkapasitas 2750 mAh yang bertipe removable alias bisa dicopot. Harga Lenovo K5 diperkirakan sekitar 129 (IDR 1.806.000).
BacaLenovo Vibe K5 dan K5 Plus, Pasangan Seri Murah di Segmen Tengah

ZTE Blade V7

zte_blade_v7ZTE Blade V7 adalah smartphone yang keseluruhan bodinya dirancang dari material logam. Pada bagian tertipisnya, ketebalan Blade V7 hanya sekitar 3,5mm. Di sektor layar, ponsel ini sudah mengantongi layar seluas 5,2 inci pada resolusi full HD (1080p). Supaya terlihat lebih premium, panel sentuh di bagian depan ini berlapis 2.5D glass.

Untuk bagian dapur pacunya, ZTE menyerahkan tanggung jawab kepada MediaTek yang menyisipkan chipset MT6753 dengan inti octa core berclockspeed 1.5GHz Cortex-A53. Pengolah grafis Mali-T720 dan RAM 2GB menjadi tandem untuk mendongkrak performa.

Buat yang lebih tertarik dengan kamera, Blade V7 sudah menyiapkan sensor berkekuatan 13MP di bagian belakang lengkap dengan dual tone dual LED flash. Kemudian ada kamera selfie di sektor depan dengan resolusi 5MP. Asyiknya, ZTE merancang sedemikian rupa sehingga layar ponsel bisa jadi pengganti lampu kilat untuk kamera depan. Sayang sekali belum ada informasi mengenai harga resmi. Tetapi jika melihat spesifikasinya, smartphone ini tergolong kelas menengah yang harganya terjangkau.
SelengkapnyaZTE Blade V7 dan Blade V7 Lite, Berusaha Tampil Beda di Sektor Kamera