ArenaLTE.com – VoLTE atau Voice over LTE adalah layanan panggilan suara yang disediakan Smartfren dengan berbasis LTE atau 4G. Berbeda dengan panggilan telefon biasa, melalui VoLTE para pengguna diklaim akan mendapatkan panggilan suara yang lebih jernih dan video call yang lebih baik. Pun demikian, bukan hanya Smartfren Andromax baru yang bisa menikmati layanan ini ada beberapa smartphone 4G LTE pilihan yang bisa menikmati layanan panggilan basis 4G tersebut.

Teknologi VoLTE bisa memberikan kualitas terbaik, karena semua fitur data dan voice bisa dilakukan bersamaan dalam satu waktu tanpa merubah kualitas. Namun, layanan dan perangkat yang ada harus sama-sama sudah tersedia atau mendukung, sehingga layanan tersebut bisa dinikmati dengan nyaman.

Daftar smartphone 4G LTE pilihan yang mendukung VoLTE Smartfren

1. Smartfren Andromax R2

Andromax R2 adalah ponsel flagship yang menjadi andalan baru Smartfren. Model ini dari awal memang sudah dirancan untuk VoLTE Ready yang diproduksi oleh Hisense dan telah dibekali dengan spesifikasi kelas tinggi dengan fitur terkini dan harga terjangkau.

Smartphone 4G LTE pilihan ini memiliki prosesor Snapdragon 415 Octa Core dengan RAM sebesar 2GB dan layar high definition berukuran 5 inchi dilapisi pelindung Dragontrail. ara pecinta fotografi dan selfie juga dimanjakan dengan kehadiran kamera utama beresolusi 13 MP dengan Dual LED Flash serta kamera depan beresolusi 5 MP wide angle yang juga dilengkapi dengan LED Flash. Harga Andromax R2 adalah IDR 1.699.000.
Baca: Review Smartfren Andromax R2, Tak Perlu Bayar Mahal Buat Miliki 4G LTE dan Nikmati VoLTE

2. Hisense Pureshot

Di beberapa toko ponsel yang ada di Jakarta, Hisense kerap disebut sebagai ponsel yang istimewa. Pasalnya, harga yang ditawarkan dianggap murah jika melihat spesifikasi yang cukup mumpuni. Smartphone premium dengan harga terjangkau ini menawarkan kemampuan imaging istimewa dan bisa berjalan di semua jaringan LTE operator.

Ponsel ini memiliki konektivitas cepat X5 LTE yang terintegrasi dengan LTE Cat 4. Sehingga smartphone mampu mengunduh data dengan kecepatan hingga 150 Mbps. Pada bagian dapur pacunya, Hisense Pureshot memakai chipset Qualcomm Snapdragon 415. Kamera yang dibawanya sudah hadir dengan resolusi 13MP pada bagian utama, sedangkan pada bagian depan sudah sebesar 5MP.
BacaHisense Pureshot+: Smartphone Hybrid 4G LTE Berkamera Handal

3. Wiko Ridge 4G Fever

Hadir dengan lis bodi yang bisa menyala, memang bukan andalan utama ponsel ini dilepas di pasaran. Mengandalkan dukungan 4G dan bisa untuk digunakan aktivitas VoLTE, Wiko menjadi salah satu produk Prancis yang kerap disebutkan cukup handal untuk menikmati layanan dari Smartfren ini. Saat ini, harga di pasaran untuk Wiko Ridge 4g Fever dibanderol sekira IDR2,8 jutaan.

4. Samsung Galaxy J2

Dibundling dengan kartu perdana Smartfren, jelas menyatakan bahwa Galaxy J2 dari Samsung mampu untuk menikmati layanan VoLTE. Paket bundling Samsung Galaxy J2 ini ditawarkan kepada pengguna dengan harga IDR 1,9 juta. Selain mendapat unit smartphone Galaxy J2, pengguna juga mendapat layanan 4G LTE Advance Smartfren dengan bonus paket data 4,5 GB.

Smartphone ini hadir dengan display 4,7 inci qHD Super AMOLED. Soal dapur pacu, Samsung Galaxy J2mengandalkan chipset quad core berclockseed 1.3 GHz Exynos 3475. Didampingi dengan RAM 1B yang kini lebih banyak menjadi amunisi segmen entry level.

Baca: Samsung Galaxy J2: Internetan Cepat, Kreativitas Tanpa Batas

Samsung Galaxy J5

Samsung Galaxy J5

Ponsel modem atau ponsel hybrid sepertinya menjadi nama yang cocok untuk produk yang digaet Bolt! Super 4G LTE. Kelebihan ini juga membawa Galaxy J5 untuk bisa menikmati layanan VoLTE dari Smartfren dengan lebih baik, apalagi harga yang dibanderol sekira IDR2,2 jutaan juga cukup menjadi tawaran yang baik.

Berbicara mengenai performa, Samsung Galaxy J5 memang terbilang tanggung seperti halnya ponsel di kelas menengah lain. Namun kekuatan prosesor Quad Core dengan kecepatan 1,2GHz sudah diberikannya, dan kamera 13MP dan 5MP bagian depan bisa menikmati layanan Video Call dengan baik.
BacaSamsung Galaxy J5: Android Hybrid Menengah Kamera Mewah

5. Lenovo A6010

Awalnya memang produk ini ditawarkan di toko online Lazada, namun Lenovo A6010 sudah kini sudah tersedia banyak di gerai smartphone Tanah Air. Harga Lenovo A6010 saat ini ditawarkan kisaran IDR1,6 jutaan, tapi soal kamera tetap menyuguhkan kualitas terbaik. Tengok saja, kamera selfie mengedepankan resolusi 8MP setidaknya sudah siap berkompetisi dengan rival lain sekelasnya. Sementara kamera utama tampil dengan sensor 13MP dilengkapi LED flash.
BacaReview Lenovo A6010: Ponsel 4G LTE Produksi Lokal Kualitas Global

6. Sony Experia Z3 Compact

Mobilitas diluar ruangan memang kerap kali menjadi tantangan, pasalnya perubahan cuaca yang tidak menetu saat ini bisa berakibat buruk bagi perangkat. Hujan dan debu tentu bisa menjadi masalah jika Anda bukan pengguna Z3 Compact, karena selain bisa digunakan untuk VoLTE para pengguna tentu akan merasa aman menggunakan perangkat meski dibawah guyuran hujan. Smartphone 4G LTE pilihan ini ditawarkan dengan harga sekira IDR4,9 jutaan.

7. OnePlus One

Dapat menikmati layanan VoLTE dengan perangkat yang didukung spesifikasi yang cukup mumpuni, memang tidak bisa didapat dengan harga murah. One Plus menyadari bahwa ponsel yang dihadirkannya sudah cukup bernilai, maka harga sekira IDR3,5 sudah sesuai dengan harga pasar. Belum lagi seri ini diklaim memiliki user interface yang lebih cantik paduan antara Android dan Cyanogen.
Baca: OnePlus One: 4G LTE Bersenjata CyanogenMod Dan Memori 64 GB

8. Motorola Nexus 6

Seperti yang disebutkan diatas, tentu banderol harga yang tinggi pasti akan dipakai untuk smartphone dengan spefisikasi tinggi, maka tak salah Motorola Nexus 6 saat ini dibanderol dengan harga sekira IDR5,4 jutaan. Seri ini juga kerap disebutkan memiliki RAM yang cukup tinggi saat ini, yakni 3GB dan pasokan kamera utama sebesar 13MP utama dan kamera depan 2MP untuk mendukung aktivitas Video Call melalui VoLTE dengan gambar yang lebih terang.

9. Asus Zenfone 2

Memang banyak seri dari keluarga seri Zenfone yang dihadirkan Asus, namun Zenfone 2 diklaim sudah hadir dengan dukungan LTE bahkan hampir disemua frekuensi band operator Tanah Air. Artinya, saat ini Anda bisa gunakan seri ini untuk menikmati akses internet maupun VoLTE Smartfren. Harga yang ditawarkan pun tidak terlalu tinggi, di pasaran saat ini harganya hanya dibanderol sekira IDR 2 jutaan.

10. Smartfren Andromax E2

Andromax E2 adalah smartphone termurah yang mendukung layanan VoLTE dengan harga hanya IDR 899.000. Smartfren membekali Andromax E2 dengan jaringan 4G LTE FDD (Frequency Division Duplex) dan TDD (Time Division Duplex) serta fitur VoLTE yang pada umumnya hanya disematkan pada ponsel pintar kelas premium.

Produk yang ditujukan bagi pengguna ponsel pintar kelas pemula ini telah memiliki layar LCD berukuran 4,5 inchi, prosesor Snapdragon 212 Quad Core, dan kamera 5 MP.