ArenaLTE.com – Seraya penglihatan, pendengaran, atau ketangkasan kita menurun seiring dengan usia, menggunakan smartphone bisa menjadi sedikit lebih sulit. Smartphone untuk lansia yang tepat adalah yang tidak membuat menyipitkan mata untuk melihat tombol kecil atau berjuang dengan pilihan membingungkan ketika Anda membuat panggilan, mengambil foto, mengirim e-mail atau teks, berselancar di internet, atau menggunakan fitur dan aplikasi lain.

Tapi jika Anda memilih smartphone untuk lansia tidak perlu beralih ke ponsel besar yang tidak stylish atau ketinggalan jaman. Banyak ponsel high-end yang dapat dengan mudah digunakan untuk mengakomodasi kebutuhan lansia sembari tetap update dengan teknologi terkini.

Dua pilihan terbaik smartphone untuk lansia, menurut pengguna ConsumerReport.org adalah Samsung Galaxy Note 4 dan Apple iPhone 6 Plus. Keduanya memiliki layar besar berdefinisi tinggi 5,7 dan 5,5 inci, yang mudah dibaca, bahkan dalam cahaya terang. Mereka juga memiliki kamera yang besar dan baterai tahan lama. Kedua ponsel ini juga memiliki fitur yang memudahkan penggunaan bagi lansia.

Fitur Easy Mode pada Note 4 adalah cara cepat untuk secara otomatis meningkatkan ukuran ikon aplikasi, dial keypad, dan font dalam aplikasi seperti pesan dan kontak. Easy Mode pares ke penting fitur dalam aplikasi kritis-kamera, pesan, dan telepon. Dengan kamera, misalnya, menghilangkan kontrol manual untuk menyesuaikan pengaturan white balance dan ISO sambil menjaga mode flash dan pilihan HDR. Menggesekkan layar awal ke arah kanan menghasilkan daftar dari 12 kontak yang paling penting. Fitur-fitur ini memudahkan penggunaan smartphone untuk lansia.

Untuk mengaktifkan Easy Mode, masuk ke menu Settings utama Note 4. Untuk mengembalikan fitur yang dihilangkan, hanya kembali ke mode standar. Anda juga dapat melakukan penyesuaian tambahan dalam menu settings.

iPhone 6 Plus memiliki menu Accessibility di bagian general setting. Selain kontrol untuk membuat teks lebih besar dan tebal, Anda akan menemukan sebuah tombol yang disebut tombol Shapes yang membuat kontrol navigasi lebih menonjol. Anda juga dapat melakukan modifikasi dengan pengaturan untuk pengguna dengan pendengaran dan gangguan visual. Tentu saja ini akan berguna banyak jika Anda ingin membelikan perangkat smartphone untuk lansia