ArenaLTE.com – Layanan streaming video Netflix telah diluncurkan secara mendunia. Dan Netflix melihat adanya perbedaan yang cukup besar diantara para penggunanya yang melakukan streaming video melalui smartphone dengan menggunakan paket data internet yang mereka gunakan. Untuk itu, baru-baru ini layanan streaming video Netflix meluncurkan sebuah fitur baru yang memungkinkan pengguna untuk memiliki kendali penuh atas jumlah paket data internet yang dimilikinya ketika melakukan streaming menggunakan akses jaringan seluler.

Dengan fitur baru ini, kita dapat mengatur jumlah konsumsi data per gigabytenya dengan melakukan pengaturan kualitas video streaming yang dilakukan. Untuk pengaturan standar untuk setiap 1GB kita bisa menonton video sekitar 3 jam, dengan bitrate sekitar 600 Kbps. Untuk pengaturan video dengan kualitas yang lebih rendah “Low” kita bisa menikmati streaming video atau serial TV hingga 4 jam untuk setiap Gigabyte paket data yang kita miliki.

Dan jika kuota internet di smartphone kalian cukup banyak bisa mencoba kualitas streaming video netflix dengan kualitas terbaik dengan durasi satu jam untuk satu Gigabyte data. Tersedia juga pilihan untuk straming video Netflix dengan paket layanan unlimited.

Untuk melakukan pengaturan dalam fitur baru layanan streaming Netflix ini, pertama-tama kita harus pastikan terlebih dahulu aplikasi Netflix di Android atau iOS kita sudah merupakan versi terbaru. Kemudian pilih app setting dan menu, dan pilih “Cellular Data Usage.” Pada menu ini kita bisa memilih untuk menonaktifkan pilihan menu default lalu kemudian pilih penggunaan data lebih rendah atau lebih tinggi sesuai keinginan, termasuk pilihan menu unlimited.

layanan streaming video netflixDengan fitur baru ini, Netflix akan menyesuaikan kualitas streaming video yang ditayangkan dalam smartphone sehingga sesuai dengan kemampuan internet penggunanya. Dengan ini pengguna internet bisa menghindari borosnya konsumsi data internet ketika melakukan streaming video Netflix.

Dalam situs resminya, Netflix mengungkapkan jika sellau berusaha meningkatkan kualitas vido yang dimilikinya secara efisien sehingga bitrate video bisa berubah secara otomatis. Dan semua streaming yang dilakukan akan berbeda-beda variasinya sesuai dengan layanan internet dan kuota data yang dimiliki pengguna.

Netflix juga menambahkan jika fitur ini hanya akan berdampak pada penggunaan layanan internet menggunakan smartphone dan koneksi seluler, sedangkan jika streaming layanan video Netflix menggunakan WiFi maka fitur baru ini tidak akan berfungsi.