ArenaLTE.com – Kita memang bisa dengan mudah mengenali seorang pengguna smartphone sedang memainkan game Pokemon Go, karena dari gerak gerik dan cara sederhana yang dilakukannya bisa dengan mudah terbaca. Namun, bagaimana ketika kita ingin melakukan percakapan dengan para pemain dalam satu area yang sama? Untuk mengatasi hal ini, para pemain bisa menambahkan aplikasi GoChat yang sudah tersedia untuk perangkat basis Android dan iOS.

Seperti dilansir dari laman Phonearena, aplikasi chating GoChat dikembangkan sebagai sarana untuk percakapan antar para pokemon trainer (pemain pokemon go). Aplikasi ini sendiri diungkapkan dikembangkan oleh seorang pengembang yang bernama Jonathan Zarra.

Aplikasi ini sendiri dikabarkan hadir dan dibuat sebagai pendamping untuk berkirim pesan sesama pemain pokemon go, karena game ini sendiri tidak menyertai fitur pesan atau ngobrol dengan sesama pokemon trainer.

Aplikasi GoChat dapat diatur sebagai pin pada peta atau penanda obrolan kepada setiap pemain. Pin ini terletak dekat peta di area pokestop, tempat sembunyi para pokemon. Pengguna bisa menekan pin aplikasi yang ada dalam peta tersebut, kemudian memilih pemain untuk diajak ngobrol atau berkirim pesan langsung.

Jonathan Zarra bercerita bahwa dirinya sebenarnya adalah seorang tester dari aplikasi Pokemon Go ini. Namun, karena fitur percakapan tidak disediakan para pengembang game untuk saling bertukar informasi di area permainan, maka aplikasi pendamping GoChat dibuatnya.

Dalam waktu pertama perilisannya sendiri, sebenarnya dirinya tidak menyadari bahwa antusias pemain begitu besar. Sehingga ketika baru lima hari dirilis perdana oleh Zarra, GoChat telah berhasil diunduh sebanyak 1 juta pengguna, sehingga menyebabkan server yang dimilikinya overload dan mengalami beberapa kegagalan akses langsung.

Namun sayangnya, beberapa analis mengungkapkan bahwa sifat idealis Jonathan Zarra yang tidak ingin menempatkan iklan di dalam aplikasi dianggap salah. Pasalnya, kesalahan ini tidak bisa membantu Jonathan yang harus memperbaiki atau menambah server lagi yang diperkirakan akan membutuhkan dana sekitar USD4.000. Tanpa iklan, otomatis aplikasi ini hadir tanpa pendapatan dan bisa mengakibatkan terhambat dalam penanganannya.

Hingga saat ini sendiri, kami mencoba dengan men-download aplikasi GoChat langsung dari PlayStore. Meski aplikasi berhasil dipasang di dalam perangkat, namun akses untuk masuk kedalamnya sulit untuk diakses. Di dalamnya hanya diinformasikan bahwa server tidak ditemukan.