ArenaLTE.com – Menjelang libur Natal dan Tahun Baru, para produsen gadget baik itu smartphone, tablet, maupun laptop berlomba-lomba meluncurkan produk baru ke pasaran. Mereka berharap, dengan merilis gadget pendatang baru ini, bisa menikmati kue yang dibelanjakan konsumen menjelang liburan akhir tahun.

Dari sekian banyak gadget pendatang baru, smartphone merupakan yang paling banyak mendapat porsi. Jelas saja, karena di sinilah memang perputaran produknya sangat tinggi. Dalam memasarkan produk jagoannya tersebut, para produsen mengandalkan berbagai fitur canggih. Segmen yang disasar pun cukup bervariasi mulai dari low-end sampai premium. Dari yang mengedepankan fitur stylish, selfie, sampai kamera mumpuni.

Berdasarkan pemantauan redaksi, setidaknya ada 10 gadget pendatang baru yang diluncurkan dalam bulan ini, persisnya seminggu terakhir. Apa saja itu? Yuk baca ulasannya berikut ini.

Daftar 10 Gadget Pendatang Baru

Mengakhiri tahun 2016, OPPO memperkenalkan edisi khusus dari produk OPPO F1s bertajuk “OPPO Raisa Phone”. Wajah baru seri smartphone selfie paling populer OPPO F1s ini dibuat khusus dengan cita rasa eksklusif dan label khusus dari brand ambassador baru OPPO, Raisa Andriana.

Ada beberapa ciri yang membedakannya yaitu balutan warna khusus metal hitam yang membuatnya terlihat elegan. Selain itu, OPPO Raisa Phone ini juga mengusung konsep desain Unibody. Sisi eksklusif lain dari OPPO Raisa Phone yaitu menjadi smartphone OPPO seri Selfie Expert berwarna hitam yang dilengkapi dengan label khusus dibagian belakangnya. Label tersebut berupa nama dan tanda tangan Raisa yang diukir menggunakan laser.

OPPO Raisa Phone memiliki spesifikasi, fitur dan keunggulan yang sama dengan pendahulunya. Yaitu kamera depan 16 megapiksel dengan sensor 1/3.1 inchi dan diafragma berukuran f2.0 yang memiliki sudut lebar 120 derajat.

Berbasis sistem android 5.1 dengan ColorOS 3.0, smartphone 4G LTE yang dijual dengan harga IDR 3.499.000 ini memiliki kapasitas baterai 3075mAh.  Produk yang menjadi penutup seri Selfie Expert OPPO di tahun 2016 ini akan dijual secara terbatas dengan kuota sebanyak 6.000 unit.

Setelah lama dinantikan publik Tanah Air, akhirnya Huawei P9 resmi mendarat. Huawei mengklaim jika P9 sengaja dihadirkan di Indonesia untuk menciptakan standar fotografi baru dengan menggunakan smartphone.

Huawei P9 adalah smartphone pertama yang dihasilkan melalui kolaborasi revolusioner bersama Leica. Kamera Dual Lens yang menakjubkan telah mengangkat standar fotografi smartphone ke level yang berbeda. Ponsel ini memiliki dual 12 megapixel (MP) rear camera dan 8 MP front camera.

Kamera ini mempunyai kemampuan untuk mengabadikan foto dengan warna yang hidup dan juga foto hitam putih dengan tajam dan indah. Huawei P9 siap mengadu peruntungan di pasar Indonesia dengan banderol yang tak terlalu tinggi yakni di kisaran IDR 6.999.000.

Coolpad sepertinya ingin meniru kesuksesan OPPO dengan merilis Fancy 3 yang menyasar pecinta selfie. Ponsel ini diklaim menyediakan tiga elemen kunci selfie yang lebih bagus, yaitu sensor kamera yang baik, pencahayaan mumpuni, dan fitur capture cepat.

Kamera depan dilengkapi resolusi 8MP dengan bukaan lensa f/2.2. Sensornya sendiri memiliki angle seluas 80.1 derajat yang dapat mencakup lebih banyak orang untuk selfie. Faktor pencahayaan didukung oleh lampu flash LED di kamera depan, cocok untuk melakukan selfie walaupun di lingkungan yang redup.

Sementara itu kamera belakang memiliki sensor kamera beresolusi 13MP, auto-focus dan lampu flash LED untuk kondisi dengan pencahayaan minim. Lensa 5P dan bukaan lensa f/2.2 menghailkan hasil warna dan detil yang bagus untuk foto sehari-hari. Pengguna juga bisa mencoba fitur kreatif, seperti untuk menghaluskan, memutihkan, melangsingkan, dan memperbesar mata, termasuk membuat gambar bergerak dalam format GIF.

Seri Meizu MX6 ini merupakan smartphone premium di jajaran smartphone Meizu yang dibanderol harga IDR 4jutaan. Meizu MX6 dikemas dalam balutan desain unibodi logam yang tipis, pada ketebalan 7,25mm. Layar sentuhnya berdiagonal 5,5 inci beresolusi 1080 x 1920 pixel. Jeroannya menancap prosesor MediaTek Helio X20 deca core, (2x Cortex-A72 @2,3GHz, 4x Cortex-A53 @2.0GHZ, 4x Cortex-A53 @1,4GHz).

Mesin grafisnya (GPU) Mali-T880MP4, GPU Mali-T880 MP4, RAM 3GB/4GB dan kapasitas storage 32GB. Kamera utama beresolusi 12 megapixel  menggunakan sensor Sony IMX386 1/2.9″ (f/2.0) dengan ukuran piksel 1,4um.sementara kamera depan 5 megapixel. Teknologi 4G LTE Cat.6 dan fasilitas dual SIM tersedia pula di smartphone Android 6.0 Marshmallow yang berbalut Flyme OS ini. Begitu pula penyuplai daya baterai 3060 mAh, yang didukung kemampuan pengisian daya cepat via charger 24W.

Meizu M5 merupakan seri smartphone Meizu paling murah diantara ketiganya. Dibanderol dengan harga IDR 1.999.000, Smartphone ini memiliki layar terkecil dibandingkan dua produk lainnya dengan ukuran 5.2 inch resolusi 720 x 1280 pixel.

Meizu M5 dipersenjatai prosesor MediaTek MT6750 dan GPU Mali-T860MP2, RAM 2GB/3GB dan kapasitas internal 16GB/32GB. Kamera utama 13 megapixel sementara kamera depan 5 megapixel. Kapasitas baterai sebesar 3070mAh dan berjalan di UI Flyme yang berbasis Android 5.1 Lollipop.

6Meizu M3 Note

Meizu M3 Note ini memiliki bentang layar  5.5 inch beresolusi  full HD (1080p) berlapis kaca 2.5D. Dapur pacunya Mediatek Helio P10, dengan prosesor octa-core Cortex-A53 berkecepatan 1.8GHz yang didorong RAM 2GB/3GB dengan kapasitas internal 16GB/32GB. Kamera utama beresolusi 13 megapixel sementara kamera depan 5 megapixel, berkapasitas baterai 4100mAh dan berjalan di Flyme UI yang berbasis Android 5.1 Lollipop. Meizu M3 Note dibanderol harga IDR 2.299.000.

Infinix meluncurkan suksesor seri Note 2 dengan kombinasi baterai besar dan flash charging bernama Infinix Note 3 Pro X601. Dirancang khusus bagi generasi profesional muda yang produktif seri ini didukung dengan baterai berkapasitas besar serta beberapa fitur unggulan lain.

Infinix Note 3 Pro didukung kapasitas baterai 4500 mAh yang diklaim dapat bertahan hingga lebih dari 2 hari dengan memaksimalkan kombinasi dari Aerospace Cooling Technology, XCharge 3.0 dan XPower. Teknologi XCharge yang mempersingkat durasi pengisian daya dan Pump Expresss 2.0 yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pengisian daya 5 menit untuk waktu bicara hingga 200 menit.

Aerospace Cooling Technology memanfaatkan teknologi yang bisa mendinginkan keseluruhan smartphone dengan sirkulasi yang terus menerus pada bagian-bagian smartphone sehingga panas dapat di reduksi secara signifikan.

Layar Full HD 6 inci dan Pemindai Sidik Jari dengan kecepatan 0.25 detik untuk membuka smartphone dan mengambil gambar saat membuka kamera. Layar IPS Dragontrail 6 inci Full HD dengan kepadatan piksel 367 ppi. Kamera Utama 13MP dan Kamera Belakang 5 MP dilengkapi blue-glass filter untuk mengurangi suar cahaya dan menjadikan setiap foto jernih dan tajam. Kedua kamera tersebut juga dilengkapi dengan flash LED.

Infinix Note 3 Pro mengusung prosesor 64-bit 8 inti dengan ROM 16GB dan RAM 3GB. Tiga slot kartu tersedia, dua untuk kartu SIM (4G aktif) dan satu slot memori eksternal yang dapat diperluas hingga 128GB. Komponen audio berkualitas, AAC Stereo Technology, tersemat untuk menghadirkan dimensi suara stereo secara penuh. Infinix Note 3 Pro X601 sudah dilego di Lazada.co.id  dengan harga terjangkau IDR 2.599.000. Penjualan dimulai pada bulan Desember.

Advan-Bima-X

Advan masih optimistis di pasar tablet dengan merilis perangkat baru yang dijuluki Advan Satria Bima X7.  Sang vendor cukup cerdik menggandeng publisher serial televisi yang sempat populer di kalangan anak-anak dan dewasa Satria Garuda Bima X.

Tablet yang mengadopsi sistem operasi Android 6.0 Marshmallow ini mampu menjalankan berbagai aplikasi edukasi maupun game anak-anak dengan kinerja maksimal. Dapur pacunya makin mantab karena diperkuat dengan prosesor MT8735M Quad Core @28nm 1.0 Ghz, RAM 1GB DDR3 dan media penyimpanan eskternal 8GB EMMC serta dukungan microSD hingga 32 GB.

Layar berukuran 7 Inchi resolusi 1024 x 600 pixel dengan 250 nit menyuguhkan tampilan visual cukup baik.  Tablet juga dilengkapi dengan dual camera depan dan belakang yang keduanya menghasilkan resolusi 2MP disertai flash light yang sangat kecil untuk saat ini.

Tablet ini juga dibekali konektivitas nirkabel cukup lengkap dengan dua slot SIM Card yang mendukung jaringan luas mulai dari 2G, 3G HSDPA, hingga 4G LTE (FDD Band 3 + Band 8). Serta koneksi WiFi IEEE 802.11 b/g/n,2.4G. Untuk menunjang aktivitas kreatif penggunanya, dibekali baterai 2650 mAH yang mampu bertahan seharian. Tablet Advan-Satria Heroes  Bima X kini sudah tersedia di gerai Advan dan toko online yang dibanderol dengan harga IDR 999 ribu. Pilihan warnanya ada dua yakni Gold dan Silver dengan bagian belakangnya memiliki simbol khas Bima X.

Notebook premium Acer ini diklaim adalah perangkat komputasi personal dengan desain ultra-tipis, ramping dan S-traordinary. Swift 7 menjadi notebook pertama di dunia dengan ketipisan kurang dari 1 cm. Notebook ini dibalut dalam kerangka full aluminium yang membuatnya terlihat mewah.

Layar berukuran 13,3 inchi full HD IPS dilindungi dengan Corning Gorilla Glass 5 yang melindungi layar dari kerusakan. Selain itu pengguna dapat menikmati Dolby Audio Premium yang diperkuat dengan AcerTrueHarmony sehingga kualitas audio menjadi jernih dan jelas.

Seri terbaru notebook Acer Swift telah dilengkapi dengan prosesor generasi ke-7 Gen Intel Core dan Windows 10. Swift 7 hadir untuk pengguna yang mencari perangkat dengan desain menawan, gaya dan juga fitur serta performa dalam sebuah notebook masa kini. Bagi Anda yang tertarik, Acer Swift 7 dibanderol dengan harga mulai dari Rp 19.999.000

10Acer Spin 7

Produk lainnya yang diluncurkan Acer di akhir tahun ini adalah Spin 7 sebagai notebook convertible tertipis pertama di dunia. Seri terbaru notebook Acer Spin 7 ini telah dilengkapi dengan prosesor generasi ke-7 Gen Intel Core dan Windows 10. Perangkat ini hadir untuk pengguna yang mencari perangkat dengan desain menawan, gaya dan juga fitur serta performa dalam sebuah notebook masa kini. Acer Spin 7 memiliki layar 14 inchi dalam form-factor 13 inchi dan ketipisan 10.98 mm, dan berat 1,2 kg sehingga sangat fleksibel untuk dibawa kemana-kemana. Sebagai notebook premium, Acer Spin 7 dijual dengan harga mulai dari IDR 19.999.000.