ArenaLTE.com –  Samsung resmi meluncurkan generasi terbaru di lini wearable devices-nya, smartwatch Samsung Gear S3. Jam pintar ini diklaim menggabungkan desain dengan teknologi mobile terbaru yang membuatnya makin canggih. Penasaran seperti apa? Yuk baca ulasannya di bawah ini.

Daftar Fitur Smartwatch Samsung Gear S3

Samsung Gear S3

  1. Desain Arloji Mewah

Saat pembuatan smartwatch ini, Samsung memberikan perhatian khusus pada keterampilan dan kerajinan dari perakitan sebuah arloji mewah yang sangat kompleks. Setiap fitur, dari bezel melingkar hingga sentuhan akhir premium dan gesper, telah dikonsep ulang untuk memperoleh tampilan arloji klasik. Selain itu, Samsung Gear S3 kompatibel dengan tali jam tangan 22mm. Sehingga mudah mempersonalisasi tampilan jamya untuk mencocokkan dengan baju yang dikenakan atau saat mengikuti acara khusus.

Smartwatch Samsung Gear S3 tersedia dalam dua desain untuk memenuhi gaya hidup pengguna yang berbeda yaitu frontier dan classic. Terinspirasi dari penjelajah aktif, Gear S3 Frontier menampilkan desain luar kokoh dengan gaya abadi yang terpadu dengan bentuk dan fungsinya. Tipe ini dirancang untuk bekerja di lingkungan dan situasi apapun, baik saat bisnis atau sedang liburan.

Sementara itu Samsung Gear S3 Classic menawarkan desain khusus bagi para penyuka minimalis, gaya elegan membuat jam ini paling ikonik. Classic dirancang dengan perhatian cermat pada detail. Ukuran dan bentuknya dipilih untuk tercipta konsistensi dan keselarasan sebuah jam tangan mewah.

2. Ketahanan Tingkat Militer

Gear-S3-Lifestyle-militerSelain terlihat ramping, Gear S3 memenuhi standar IP68 untuk ketahanan air dan menawarkan tingkat daya tahan militer. Untuk pertama kalinya, Samsung Gear S3 dilengkapi dengan Corning Glass Gorilla SR+, yang dirancang khusus untuk perangkat yang dipakai dengan daya tahan lebih kuat dan tahan goresan, ditambah dengan layar yang jernih.

3. Layar Super AMOLED AOD

Display memiliki 16 juta warna Always On Display (AOD) dan teknologi Super AMOLED yang membuat layarnya begitu terang dan tajam. AOD akan selalu menunjukkan waktu dan tidak memudar menjadi hitam secara otomatis. Meniru tampilan dan nuansa dari jam analog berdesain mewah.

4. Bezel yang Kaya Fitur

Ciri khas Samsung Gear S3 dengan bezel berputar telah ditingkatkan dengan fitur baru. Tanpa menyentuh layar, pengguna dapat menerima atau menolak panggilan atau menunda alarm. Selain itu, dengan menulis di layar, pesan akan secara otomatis dikonversi ke teks.

Pengguna juga dapat membuat pengingat singkat dan to-do list untuk mengelola bahkan jadwal paling sibuk dengan aplikasi Reminders. Gear S3 menempatkan kenyamanan di pergelangan tangan, sehingga pengguna tidak perlu terus menerus menteng ponsel.

5. Koneksi 4G LTE

Yang sangat menarik, jam pintar ini dibekali dengan konektivitas 4G LTE meski dipasarkan untuk pasar negara tertentu saja. Panggilan telepon lain tidak akan terlewatkan dengan koneksi LTE yang menempatkan debut smartwatch pada Samsung Gear S3 Frontier. Bisa dibayangan berbagai fitur digital bisa dinikmati dengan konektivitas 4G LTE yang cepat di jam pintar ini. Selain itu, dengan speaker built-in, pengguna dapat mengaktifkan pesan suara dan mendengarkan lagu favorit.

6. Baterai Tahan 4 Hari

Jam ini memiliki baterai berkapasitas 380 mAh, lebih besar dari seri sebelumnya 250 mAh, yang diklaim bisa bertahan hingga empat hari. Cara pengisiannya pun masih sama yakni dengan menggunakan metode wireless charging. Dengan daya tahan yang lama, pengguna dapat menikmati musik mereka, membuat panggilan dan memamerkan smartwatch Samsung Gear S3 lagi.

7. Sensor GPS, Barometer, Speedometer

Gear S3 barometerPada smartwatch Samsung Gear S3 ini terdapat fitur Built-in GPS yang akurat memantau kegiatan kebugaran sehari-hari. Sedangkan Alti/barometer dan Speedometer dipakai untuk melacak segala sesuatu dari ketinggian dan tekanan atmosfer terhadap perubahan mendadak dalam cuaca, jarak tempuh dan kecepatan.

8. Memiliki NFC dan MST untuk Mobile Payment

Selain 4G LTE, pengguna Gear S3 di pasar tertentu juga bisa menggunakan jam pintar ini untuk melakukan pembelian. Karena jam pintar ini telah mendukung fitur Samsung Pay dengan Magnetic SecureTransmisi (MST) dan Near Field Communication (NFC). Melalui fitur ini, kita bisa mendaftarkan kartu kredit atau debit dan menggunakannya untuk melakukan pembayaran mobile.

Gear S3 samsung pay mobile payment

9. Sistem Operasi Tizen

Jam pintar ini memakai sistem operasi Tizen based wearable platform 2.3.2. Berkat ekosistem Tizen, pengguna dapat mengakses beragam aplikasi, termasuk kebugaran, musik, berita, olahraga dan aplikasi perjalanan.Juga dapat mempersonalisasi UI sesuai dengan gaya hidup.

Melalui kolaborasi terbuka dengan pengembang dan mitra, Samsung terus memperkaya ekosistem. Salah satunya integrasi pendamping mobilitas pribadi BMW dengan smartwatch Samsung Gear S3. Dengan aplikasi BMW Conneted, pengguna tetap tepat waktu, saling terkoneksi dan lebih meningkatkan pengalaman mobil. Pengguna bisa mendapatkan peringatan ketika saatnya meneruskan perjalanan, memeriksa tingkat bahan bakar kendaraan, membuka pintu BMW mereka dan sebagainya, langsung dari jam pintar S3.

10. Aman dengan Knox

Untuk pertama kalinya pada smartwatch Samsung Gear S3, Samsung menghadirkan Knox Tizen Wearable SDK untuk pihak ketiga. Dengan platform ini memungkinkan kemampuan manajemen dan pengembangan aplikasi menyesuaikan ekosistem Samsung. Platform keamanan Samsung Knox di Gear S3 juga memungkinkan peluang bisnis perusahaan yang lebih luas.

Samsung Gear S3 juga memiliki fitur keselamatan konsumen. Dalam keadaan darurat, pengguna dapat mengaktifkan SOS dan kemampuan pelacakan lokasi untuk mengingatkan keluarga, teman dan profesional darurat tentang situasi krisis, bahkan ketika ponsel tidak sedang dipegang.