ArenaLTE.com – Selfie alias aksi fotografi memotret diri sendiri menggunakan ponsel saat ini tengah menjadi tren di masyarakat. Biasanya selfie mengandalkan kamera depan smartphone yang dipegang sendiri atau menggunakan tongkat narsis (tongsis). Beberapa vendor cukup jeli menangkap trend ini lantas mulai menghadirkan camera phone yang dirancang khusus menonjolkan fitur selfie alias smartphone kamera selfie.

Selfie saat ini begitu digandrungi nyaris semua kalangan. Biasanya hasil foto selfie ini di-share di berbagai media sosial seperti Facebook, Instagram atau Twitter. Wajib dimaklumi karena kita memang punya kecenderungan ‘narsis’. Meski tak dipungkiri ada saja segelintir orang yang lebih suka menyimpan hasil foto selfie-nya buat koleksi pribadi.

Biasanya foto selfie lebih banyak dilakukan sendiri memakai kamera depan yang mengarah pada kita. Untuk menjepret bisa dipakai timer. Ada juga sebagian orang yang menyukai pemakaian tongsis, supaya menangkap area lebih luas di mana background sekelilingnya ikut terbawa. Walau demikian, beberapa produsen menerapkan kamera wide angle atau fitur wide selfie sehingga tanpa pakai tongsis-pun, area yang tertangkap bisa lebih luas.

Ilustrasi fitur Splash Screen di Oppo F1 Series

 

Vendor yang cerdik dan memahami kebutuhan pengguna ponsel pun berlomba menghadirkan kamera selfie yang lebih mumpuni, lengkap dengan berbagai fasilitas ‘selfie terpadu’ di dalamnya. Jadi pemilik ponsel tak peru repot-repot lagi memasang aplikasi tambahan atau repot-repot mengedit foto selfie mereka.

Salah satu vendor yang cukup serius bermain di segmen ponsel selfie adalah OPPO. OPPO adalah brand smartphone yang cerdik dalam memahami kebutuhan pengguna dengan menghadirkan Oppo F Series sebagai smartphone kamera selfie yang lebih mumpuni.

Melalui rangkaian smartphone OPPO F Series, sang vendor sengaja menghadirkan fitur selfie nan lengkap dan pengalaman pengguna terbaik. Bahkan, jajaran camera phone OPPO ini mengusung jargon ‘Selfie Expert’ untuk mempertegas posisinya sebagai spesialis selfie.

Salah satu seri andalannya, Oppo F1s dipersenjatai kamera depan 16MP dengan berbagai fitur yang memungkinkan pengguna mendapatkan hasil selfie maksimal. Dengan harga terjangkau hanya IDR 3.799.000, ponsel 4G LTE ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas “Selfie Expert” untuk menghadirkan pengalaman pengguna yang terbaik.

Fitur Wajib Kamera Selfie

Jika menelisik lebih jauh lagi, selain optimalisasi dari sisi teknologi, beberapa vendor benar-benar serius menyisipkan berbagai fitur dan software mumpuni supaya hasil selfie (swafoto) lebih dahsyat. Nah, berikut beberapa fitur canggih dalam kamera depan untuk menghasilkan foto selfie yang makin kece atau keren.

Face Detection

Selfie identik dengan foto wajah pemotretnya. Untuk itu, kemampuan untuk bisa mendeteksi wajah pemotretnya secara otomatis mutlak ada di kamera selfie. Face detection berfungsi mendeteksi wajah orang yang jadi objek agar selalu menjadi fokus lensa. Fungsinya seperti autofocus, tetapi lensa akan fokus ke wajah daripada lingkungan sekitar. Dengan adanya face detection auto focus, maka akan lebih mudah untuk mendapatkan hasil foto wajah yang bagus.

Beautify

Hampir sebagian besar ponsel yang punya kamera selfie handal sudah disuntik fitur ini. Beautify pada dasarnya adalah pengembangan dari fitut face detection. Jadi, ketika kamera sudah menangkap wajah, hal yang dilakukan selanjutnya adalah bagaimana membuat hasil foto wajah tersebut tidak hanya tajam, tetapi juga lebih cantik.

beautifyDi Oppo F1S, fitur ini memakai teknologi pengenalan wajah yang lebih detail dan algoritma terbaru. Fitur Beautify 4.0 mampu menyesuaikan warna sehingga menghasilkan efek kulit wajah cerah dan natural. Tersedia 7 tingkat efek beauty dan bar warna kulit, memudahkan kita untuk mengatur hasil yang paling alami dan menarik perhatian.

Selfie Panorama/ Wide Selfie

Fitur kamera ini sengaja dikembangkan buat kebutuhan narsis ke level lebih tinggi yang kerap disebut wefie. Nah, wefie ini sendiri bisa diartikan sebagai selfie rame-rame. Dengan Selfie Panorama, kalian mengambil foto grup selfie dengan sudut yang lebih lebar. Jadi, semua orang dalam grup bisa tertangkap kamera.

Pada OPPO F1s, lensanya memiliki lebar 120 derajat jadi area tangkapan foto lebih maksimal. Sementara di Asus Zenfone Selfie, kalian bisa menikmati kamera dengan lensa yang memiliki sudut 88 derajat. Bahkan dengan dukungan fitur panorama, selfie bisa lebih luas lagi menangkap siapapun yang di sekeliling supaya masuk frame saat wefie.

selfie-panorama

Filter Kreatif

Salah satu ciri khas aplikasi Instagram yang sangat populer di kalangan pecinta foto selfie adalah filter kreatif. Berkat fitur ini, kita bisa menghasilkan foto dengan berbagai nuansa retro yang unik. Nah, fitur Filter inipun sebenarnya sudah ada di beberapa smartphone terbaru seperti di Oppo F1S.

Berbeda dengan Instagram yang sifatnya post processing, filter di kamera ini bersifat real time. Sehingga kita bisa melihatnya langsung di layar untuk memilih filter yang paling tepat. Di Oppo F1S, terdapat 7 jenis filter dengan tone warna bervariasi. Juga 9 jenis watermark yang dapat dipilih seperti pengaturan waktu, tanggal, lokasi, dan temperatur berdasarkan waktu saat berfoto selfie. Keberadaan fitur filter dan watermark ini memberikan pengalaman fotografi kreatif saat selfie dan sangat menarik untuk dibagikan ke jejaring sosial.

Shutter

Kebanyakan smartphone Android saat ini tidak dibekali dengan tombol khusus untuk memotret. Karena antarmuka kamera telah menyediakan tombol virtual yang tinggal dipencet di layar. Namun hal ini agak merepotkan jika ingin berfoto selfie. Karena ketika tangan menyentuh layar, karena kadang membuat ponsel agak goyang sehingga hasilnya kurang maksimal.

Alternatifnya, memakai timer sehingga setelah tombol dipencet, beberapa detik kemudian baru memotret. Cara inipun bukan tanpa kekurangan. Seringkali hasilnya kurang maksimal terutama jika wefie karena ada jeda tersebut kadang ada saja wajah yang tidak menatap dengan sempurna. Unsur spontanitas yang biasanya memiliki emosi ceria juga sering absen di sini.

Ada beberapa inovasi yang dilakukan vendor untuk memudahkan penggunanya memotret selfie. Sony misalnya menggunakan teknologi Smile Shutter untuk mengambil foto wajah saat tersenyum. Kamera mendeteksi hingga lima wajah, kemudian memilih satu wajah untuk deteksi senyum dan fokus otomatis. Bila wajah yang dipilih tersenyum, kamera akan otomatis mengambil foto.

Kemudian banyak juga yang memanfaatkan perintah suara. Jika berkata “Cheese” dengan suara cukup jelas, maka kamera secara otomatis akan langsung mengambil foto. Namun fitur seperti ini kurang bekerja dengan baik jika di tengah keramaian, seperti saat di konser musik.palm-shutter

OPPO lain lagi. Salah satu fitur yang cukup menarik di OPPO F1s adalah palm shutter. Dengan fitur ini, pengambilan gambar saat selfie tak perlu memencet tombol. Cukup dengan melambaikan tangan saja di depan kamera. Selain membuat aktivitas selfie lebih praktis, gambar pun jadi tak goyang.

HDR

HDR (High Dynamic Range) adalah fitur yang telah lama digunakan pada bidang fotografi dan kini digunakan sebagai salah satu fitur kamera smartphone. Teknologi kamera ini mengambil setidaknya tiga gambar sekaligus dengan tingkat eksposure yang berbeda, kemudian digabung sehingga menghasilkan foto dengan detail terbaik di semua bagian.

Namun jika kamera selfie Anda memiliki fitur HDR, saat memotret dengan mode ini ponsel harus tetap stabil dalam beberapa saat. Karena kamera membutuhkan waktu untuk mengambil tiga foto tadi kemudian langsung memprosesnya menjadi satu foto.

Tangkapan layar yang dihasilkan pada kamera HDR akan menampilkan hasil yang se-alamiah mungkin persis seperti mata melihat, bukan seperti yang terlihat oleh kamera. HDR mampu menghasilkan hasil foto yang indah dengan detail dan pencahayaan yang menakjubkan.