ArenaLTE.com – Saat ini, merekam aktivitas dalam layar smartphone langsung telah menjadi salah satu kegiatan yang digemari para pengguna Android. Namun sayangnya, kegiatan tersebut harus menggunakan aplikasi yang banyak meminta syarat, seperti perangkat harus dilakukan rooting sehingga menggunakan aplikasi rekam layar smartphone menjadi hal yang menjemukan.

Kehadiran Android terbaru versi 5.1 Lollipop, kini memungkinkan para pengguna ponsel pintar melakukan perekaman aktivitas layar tanpa proses yang panjang. Hanya cukup mengikuti beberapa langkah, dan memilih aplikasi yang tepat maka proses rekam layar smartphone menjadi kegiatan yang cukup menyenangkan dilakukan.

Berikut aplikasi rekam layar smartphone yang direkomendasikan

REC.

rec

Salah satu aplikasi rekam layar smartphone yang paling sering digunakan saat ini adalah Rec, bahkan aplikasi menjadi primadona para pengguna. Meski sajian menu yang ditampilkan terlihat sederhana, tetapi sajian yang bisa diakses pengguna cukup penting, seperti bitrate, resolusi, dan kontrol waktu yang dapat diatur dan disesuaikan langsung oleh pengguna. Namun untuk Versi gratis dari Rec, pengguna tidak diberikan akses untuk pengaturan batas waktu dan tidak ada watermark pada video yang direkam.

Tetapi beruntungnya untuk membeli aplikasi ini, dan membukanya menjadi versi Pro bisa membant menghilangkan iklan dan memberikan akses ke pengaturan lebih banyak, salah satunya seperti preset untuk kualitas video.

Lollipop Screen Recorder

screen recor lollipop

Kemudahan akses menjadi salah satu alasan yang kerap diungkapkan pengguna menyukai sebuah aplikasi, seperti halnya Lollipop Screen Recorder ini. Pengguna cukup mengaksesnya melalui satu tombol dalam layar untuk menjalankan proses merekam, maka aplikasi akan bekerja otomatis. Menu pengaturan akan muncul setelah aplikasi berjalan, seperti untuk pengaturan, bitrate, dan orientasi video. Sedangkan untuk fitur tambahan, pengguna bisa memanfaatkan start delay dan proses penyimpanan video yang dapat dialihkan ke penyimpanan eksternal mircroSD.

AZ Screen Recorder

AZ scr recor

Adalah aplikasi rekam layar smartphone yang telah didownload sebanyak 1 juta pengguna. Aplikasi ini mampu merekam aktivitas layar dalam resolusi Full HD 1080p dan QHD, bahkan dapat dilakukan penghentian sementara (pause) saat proses perekaman. Selain itu juga, fitur di dalamnya menyediakan perekaman Audio dari MIC, memilih resolusi video, frame rate dan bit rate video, serta menghitung waktu perekaman, menampilkan teks dan logo, serta menyimpannya secara bebas.

Mobizen Recorder Screen

mobizen

Meski dibuat dengan menu yang sederhana, namun fitur yang diberikannya menjadikan aplikasi ini rekomendasi yang paling baik untuk pengguna. Konfigurasi yang dilakukan pengguna tidak memiliki alur yang panjang, pengaturannya dapat disesuaikan dengan kemampuan perangkat. Pengguna dapat membuat video rekaman Full HD, serta melakukan pemotongan rekaman video dan menjadikannya sebagai gambar.Selain itu juga, ada watermark yang bisa diaktifkan secara default namun tetap bisa dihapus jika memang tidak sesuai dengan penggunaan.