ArenaLTE.com – Menggunakan jaringan 4G LTE, kecepatan akses internet kini terasa sangat cepat, bahkan operator penyedia akes 4G LTE di Indonesia mengklaim teknologi kecepatan akses internet mereka bisa menyentuh hingga 100 Mbps. Namun sebenarnya berapakah kecepatan internet 4G LTE yang kita gunakan?

Jika kalian penasaran dengan tingkat kecepatan akses paket internet dari operator yang kita gunakan kini ada cara cepat dan mudah untuk mengeceknya dengan menggunakan aplikasi Fast Speed Test buatan Netflix.

Mengecek kecepatan internet memang bukan hal yang baru, banyak sekali aplikasi penyedia layanan pengukur kecepatan internet ini sebut saja yang paling populer yaitu Speedtest.net juga berbagai aplikasi speed test lainnya seperti sensorly, Nperf, Net Info dan lain sebagainya.

Hasil pengujian dari berbagai aplikasi yang disebutkan tadi melakukan pengujian secara mendetail. Dan para,eter yang diuji juga banyak mulai dari ping, latency, jitter, upload, video streaming dan berbagai informasi teknis yang sangat berguna bagi para analis dan teknisi.

cek kecepatan internet 4G LTE fast speed tes netflixNamun sebagai orang awam tidak perlu terlau banyak informasi mendetail, cukup berapa kecepatan akses internet dari operator yang kita gunakan dalam smartphone yang terukur dari kecepatan downloadnya saja.

Salah satu cara paling cepat dan mudah mengecek kecepatan internet yaitu dengan menginstal aplikasi “Fast” buatan Netflix. Aplikasi Fast dari Netflix ini sangat ringan dengan tampilan yang sederhana tanpa ada iklan.

Dalam aplikasi ini juga tidak ada plug in tambahan lainnya bahkan tidak ada fitur untuk mengecek kecepatan akses upload dan informasi detail lainnya, hanya kecepatan download saja. Kecepatan akses internet langsung tampil dilayar smartphone dengan angka yang besar.

Cara Gampang Cek Kecepatan Internet 4G LTE dengan aplikasi Fast Speed Test Netflix :

  1. Download dan instal aplikasi Fast Speed Test buatan Netflix di Google Play Store (untuk pengguna Android) atau AppStore (untuk pengguna iPhone)
  2. Dengan ukuran file hanya sekitar 300 kb saja, proses instalasi akan berlangsung dengan cepat san membuat icon Fast di layar smartphone
  3. Jalankan aplikasi Fast, tak perlu memasukkan parameter apapun, aplikasi ini akan medeteksi dan mengukur otomatis kecepatan akses internet yang kita gunakan dalam smartphone
  4. Angka kecepatan akses internet akan tampil di layar smartphone dan terus bergerak (hanya ada satu indikator angka saja yang bergerak)
  5. Kecepatan maksimal akan terlihat ketika angka berhenti bergerak. Tekan tombol “refresh” jika ingin mengulangi uji kecepatan internet.