ArenaLTE.com – Layanan TV streaming Netflix yang sudah masuk ke Indonesia, memang memudahkan pengguna untuk menikmati tayangan film seri dengan baik. Namun taukah Anda, ada biaya tambahan diluar biaya akses layanan TV streaming tersebut? Ya, biaya tersebut adalah akses layanan data yang akan cepat menguras kuota paket internet yang ada. Perlu ada cara jitu untuk menghemat pemakaian bandwith streaming Netflix agar lebih menghemat pemakaian kuota data.

Serial TV produksi Netflix seperti “Orange is the New Black” dan “Narcos” memang cukup populer, karena kini bisa dinikmati dari 130 negara termasuk negara-negara dengan populasi perangkat mobile terbesar. Salah satunya adalah Indonesia yang menerapkan biaya sewa layanan dengan minimal biaya berlangganan Rp.109.000 per bulan.

Seperti diketahui, Netflix merupakan layanan TV berlangganan yang dapat dinikmati dari Smart TV, komputer, tablet, konsol game hingga perangkat mobile. Namun, jika kita lebih sering menggunakan ponsel untuk streaming video maka kita perlu berhati-hati dan cermat dalam pemakaian data yang akan lebih menguras. Pasalnya,  streaming video bisa dengan sangat cepat menyedot paket data, terutama jika kita menontonnya dengan menggunakan jaringan ponsel.

Jika dicermati dengan baik, perhitungan atau estimasi paket internet yang akan habis dalam pemakaian untuk menonton satu film di layanan Netflix berkualitas SD, adalah sebanyak 700 MB per jamnya. Semakin tinggi kualitas gambar yang kita inginkan,  akan semakin banyak pula kuota internet yang dipakai. Nah, bayangkan berapa banyak uang yang dapat kita habiskan untuk internet?

Cepatnya terkuras kuota data akibat menonton tayangan tersebut, memang tidak bisa dihindari karena kualitas tayangan terbaiklah yang kita inginkan. Namun begitu, bukan berarti hal tersebut tidak ada jalan keluar untuk bisa lebih menghemat pemakaian bandwith nNetflix agar lebih menghemat pemakaian kuota data internet Anda.

Salah satu hal yang bisa disiasati adalah pengguna aplikasi browser yang tepat, seperti halnya Opera Max yang bisa dimanfaatkan di perangkat Android pengguna. Aplikasi penjelajah situs atau browser ini, diklaim bisa mengoptimalkan layanan streaming video dan musik dari situs manapun.

Opera Max sendiri diklaim mampu menghemat hingga 60% dari paket data ketika kita menonton Netflix. Ini berarti kita bisa menonton 2 kali lebih banyak dengan jumah paket internet yang sama! Dengan Opera Max kita juga dapat  memblokir Netflix dari paket data ponsel dan hanya mengaktifkannya apabila kita berada di jaringan Wi-Fi.