ArenaLTE.com – Tak diragukan lagi jika Pokemon Go telah menjadi salah satu game ponsel terpopuler di Android saat ini. Sayang, beberapa waktu lalu ada sebagian pengguna Asus Zenfone yang kesulitan mendownload game ini. Nah, terkait kondisi ini, Asus Indonesia langsung tanggap menyikapi kondisi yang terjadi serta memberikan solusi download Pokemon Go buat para pengguna handset besutan mereka.

Pokemon Go, game Augmented Reality (AR) berbasis lokasi ini baru-baru ini memang sudah resmi masuk Indonesia. Langsung mendapat sambutan meriah dari kalangan yang tak sabar menantinya, termasuk para pengguna Asus Zenfone. Sayang, awalnya tak semua pengguna bisa download Pokemon Go langsung dari Google Play. Tapi kini, pihak Asus Indonesia mengkonfirmasi jika sekarang hampir semua lini produk sudah kompatibel.

bermain Pokemon“Dari sisi device, kita bisa konfirmasikan bahwa hampir seluruh lini produk Asus Zenfone, khususnya model terbaru sudah kompatibel download Pokemon Go langsung dari Play Store,” sebut Juliana Cen, Country Product Group Leader, Asus Indonesia dalam keterangan tertulis yang diterima ArenaLTE.com.

Juliana menambahkan, dari percobaan yang dilakukan oleh tim internal, hanya ada beberapa model Asus Zenfone seperti Zenfone Laser dan Zenfone Max yang belum bisa download Pokemon Go langsung dari Playstore. Namun perangkat lain seperti Zenfone 2 (Intel) dan Zenfone Go dapat men-download langsung. Dan hal ini juga sudah kami konfirmasikan ke tim R&D di pusat.”

Menurut informasi terakhir, masalah tak bisa download pada beberapa model Asus Zenfone ini karena bandwidth issue. Beberapa model Zenfone memang belum masuk ke daftar white list di server Pokemon. “Untuk itu, tim kita di pusat juga terus mengupayakan ke pihak Niantic dan Google agar secepatnya seluruh tipe Zenfone kita masuk ke dalam white list server Niantic,” imbuh Juliana.

Tapi tenang saja, buat pengguna Asus Zenfone yang tak bisa download Pokemon Go langsung dari Play Store, Asus sudah menawarkan solusi kok. Jadi, pengguna Asus tetap bisa menikmati permainan sambil menunggu isu bandwith dibereskan. Sementara ini, Asus menyediakan APK di server ASUS pada url berikut ini: http://dlcdnsip.asus.com/pokemon/pokemon_go.apk

Harus diketahui, APK ini resmi dan sudah mendapat izin dari pihak Niantic. Untuk cara instalasinya sendiri dijabarkan di forum resmi ASUS ZenTalk: http://www.asus.com/zentalk/thread-91032-1-1.html

Asus pun menghimbau agar penggunanya tidak khawatir jika ada versi terbaru Pokemon Go. Asus akan mengunggah update-nya di server tersebut. Asus sendiri tengah mengupayakan agar pengguna Asus Zenfone bisa mendownload Pokemon Go langsung dari Google Play.