ArenaLTE.com – Koneksi 4G LTE yang semakin meluas, menjadikan layanan internet berbasis video laris manis. Tak hanya video streaming yang populer, tetapi video streaming yang dulu sempat diperkenalkan di era 3G namun gagal, sekarang menemui momentumnya. Google bahkan menghadirkan beberapa varian aplikasi video call dalam beragam versi. Apa saja daftar aplikasi video Call Google itu? Yuk baca ulasannya berikut ini.

Google Duo

GOOGLE DUO VIDEO CALLDikenalkan dalam ajang Google I/O 2016 lalu, perusahaan kini telah resmi menghadirkan aplikasi video call terbaru yang dibekali dengan nama Google Duo untuk Android dan iOS. Aplikasi video call Google ini mengisyaratkan penggunanya untuk menggunakan nomor telefon bukan email, seperti pada aplikasi sejenisnya.

Google Duo didesain perusahaan dengan tampilan aplikasi yang user friendly, dimana pengguna hanya cukup menekan satu tombol untuk melakukan panggilan dengan sesama pengguna aplikasi maka komunikasi berbasis video pun bisa dilakukan.

Penggunaan nomor telefon bukanlah satu-satunya fitur yang bisa memudahkan penggunanya. Di dalam aplikasi ini juga disematkan fitur lain yang dinamainya dengan ‘knock-knock’. Fitur ini dapat difungsikan untuk menampilkan siapa penelfonnya.

Selain itu juga, ada fitur untuk melakukan blokir nomor telefon yang bisa dimanfaatkan pengguna ketika tidak ingin menerima panggilan video dari seseorang. Ketika pengguna sudah tidak lagi menggunakan layanan, nomor telefon pun bisa dihapus secara permanen yang dapat diakses dari menu pengaturan.
BACA: Asyiknya video call gratis Google Duo

Hasil video akan tampil baik tergantung dari kualitas kamera dan kondisi pencahayaan ruangan. Pun demikian dengan kualitas suaranya, butuh koneksi data yang stabil untuk bisa mendengar atau berkomunikasi dengan lancar melalui aplikasi.

Hangout

Hangout di Android NAplikasi Hangout sendiri sebenarnya adalah aplikasi pesan messaging yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan video panggilan. Selain itu, di dalam aplikasi video call Google ini, pengguna bisa melakukan panggilan video secara bersamaan atau video Conference. Namun, berbeda dengan Google Duo karena hangout akan mensyaratkan penggunanya untuk memiliki akun Google sebelum menggunakannya.
BACA: Chating hangout di Android N lebih Asyik dan Cepat

Seperti pada aplikasi video call berbasis internet lainnya, Hangout pun bisa digunakan jika sudah terhubung dengan koneksi internet. Kelebihan dari fitur ini tak lain adalah aksesnya yang tidak terlalu besar memakan data, serta bisa digunakan untuk mengirim pesan teks langsung.

Selain itu juga, aplikasi ini tidak mewajibkan penggunanya untuk memasang aplikasi, karena hal terpenting adalah menggunakan layanan email miliknya. Setiap pesan maupun panggilan yang masuk ke Hangout, maka akan disampaikan atau ditampilkan kedalam email di kotak masuk. 

Google Allo

Google alloSebenarnya aplikasi ini sangat mirip dengan WhatsApp. Bahkan beberapa kalangan menyebutnya sebagai aplikasi pesaing. Meski tak bisa dibilang sebagai aplikasi video call, namun melihat tren perkembangan akan aplikasi ini sepertinya fitur itu akan ditambahkan oleh Google.
BACA: Aplikasi chating Allo pesaing Whatsapp

Selain itu, ada fitur chatting menarik lainnya yang biasanya digunakan oleh pengguna seperti misalnya kini kita tak pelu lagi repot-repot menggunakan Tulisan dengan HURUF BESAR SEMUA yang biasanya identik dengan ungkapan bernada keras. Aplikasi chatting Allo menyediakan sebuah slider kecil yang memungkinkan kita untuk memperbesar tulisan dengan otomatis.

Aplikasi ini juga terintegrasi dengan fitur Google Assistant, menjadikan aplikasi chatting Allo bisa langsung kita gunakan untuk berbagai hal tanpa harus berpindah ke aplikasi lain karena sudah terintegrasi dengan aplikasi Google lainnya seperti menu search, Maps, Youtube dan Google translate.