ArenaLTE.com – Di era teknologi 4G LTE seperti sekarang ini layanan konten video menjadi primadona. Konsumsi konten video oleh pengguna smartphone juga terus meningkat karena internet yang cepat menjadikan streaming konten video semakin lancar dan nyaman. Lihat saja postingan di sosial media penuh dengan konten video. Bagi kalian yang mulai gemar membuat konten video di smartphone Android sepertinya mulai membutuhkan aplikasi edit video terbaik untuk Android.

Ada banyak sekali aplikasi edit video terbaik yang bisa kita dapatkan di Google Play Store, baik itu gratisan maupun berbayar. Berikut ini kai pilihkan beberapa aplikasi edit video terbaik untuk Android dengan tampilan dan kemudahan dalam menggunakannya juga mampu menghasilkan konten video yang menarik seperti layaknya hasil kerja professional yang mengeditnya di komputer.

KineMaster

Aplikasi edit video terbaik untuk android KineMaster-2KineMaster adalah aplikasi yang agak sulit untuk dikalahkan. KineMaster merupakan salah satu aplikasi edit video terbaik untuk Android. KineMaster dapat memberikan kita bebreapa fitur edit video seperti multitracked timeline dengan dukungan drag-and-drop. Kita dapat mengimpor beberapa video, gambar dan klip audio, dan kemudian memindahkannya ke timeline sesuai dengan kebutuhan kita dengan mudah.

Kita bisa melakukan “tweak” dan kemudian tekan ikon gunting yang berada di atas timeline kemudian melakukan trim video yang ada, atau tekan pilihan “Split” untuk membagi video menjadi dua bagian klip terpisah. Disediakan juga pilihan opsi untuk meningkatkan kualitas produksi video, termasuk slider untuk menyesuaikan kecerahan klip, kontras dan saturasi warna untuk berbagai efek filter warna.

Dari sisi grafis, aplikasi Android KineMaster memiliki berbagai macam pilihan template yang bagus untuk menciptakan tampilan full-screen ataupun tampilan dengan title superimpose. KineMaster Pro juga mendukung beberapa track audio, sehingga kamu dapat memiliki layer-layer audio yang beragam, termasuk beberapa efek dan suara hasil rekaman kita sendiri.

Untuk bisa menjalankan aplikasi KineMaster, anda membutuhkan smartphone bersistem operasi Android dengan versi 4.1 (Jelly Bean) ke atas. Format file yang didukungnya untuk video format yaitu .mp4 (H.264 Baseline/Main/High Profile + AAC LC), .3gp (H.264 Baseline/Main/HIgh Profile AAC LC), dan .mov (H.264 + AAC LC). Kemudian untuk audio yang didukungnya antara lain .mp3, .m4a, dan .aac. Dan terakhir untuk format gambar yang didukungnya yaitu .jpg dan .png.

Aplikasi edit video KineMaster ini memiliki versi FREE dan versi PRO. Versi yang free akan menempatkan sebuah watermark ke dalam hasil akhir video yang kita buat, sedangkan versi yang PRO tidak ada watermark nya, jadi tampak lebih bersih.

PowerDirector

Aplikasi edit video terbaik untuk android PowerDirector-1PowerDirector merupakan salah satu aplikasi edit video terbaik untuk android yang dibuat oleh Cyberlink. Nama Cyberlink tentunya sudah tidak asing lagi, karena sudah populer bagi pengguna komputer dengan Microsoft Windows melalaui software PoweDVD.

Jika aplikasi KineMaster sebelumnya odentik dengan interface dan edit video ala professional yang mengkombinasikan timiline video, audio dan tittle. Selain fungsi utama tersebut, aplikasi PowerDirector ini memiliki berbagai variasi lengkap transisi dan efek menarik yang bisa ditambahkan kedalam video plus kita bisa mengexpor video dengan resolusi HD 720p. Aplikasi ini sangat sederhana dan mudah digunakan. PowerDirector ini layak menjadi pilihan karena versi desktopnya mampu mengalahkan popularitas dari software edit video sekelas Adobe Premiere.

VivaVideo

Aplikasi edit video terbaik untuk android VivaVideo-1Salah satu aplikasi edit video terbaik untuk Android yaitu Viva Video buatan developer QuVideo Inc. Aplikasi ini menyediakan berbagai fitur edit video yang bisa membuat hasil video tampak lebih profesional dan elegan. Salah satu fitur utama pada Viva Video adalah fitur Photo Movie untuk membuat kumpulan foto menjadi video keren dengan tambahan tema, backsound dan slide berisi teks.

Kita bisa membuat video menarik dari Gallery, termasuk menciptakan sebuah video dari kolase foto, kolase musik dan juga klip video. Cukup pilih berbagai konten multimedia yang ingin kita jadikan kolase video, tambahkan berbagai efek menarik, stiker dan mengatur durasi video. Fitur ini bernama Photo Movie, agar hasil video lebih menarik kita juga menambahkan beberapa tema video, efek transisi, filter serta backsound yang kita inginkan.

Tersedia juga fitur dubbing yang memungkinkan kita untuk memberi efek rekaman suara pada kolase foto yang kita susun. Hasil video juga kita bisa simpan dalam berbagai format degan kualitas yang berbeda-beda, hasil nya bisa kita simpan atau share melalui media sosial.