ArenaLTE.com – Setiap hari, semua pengguna smartphone Android pasti melakukan chatting. Ya, layanan berkomunikasi lewat pesan teks kata ini sudah jadi pilihan berkomunikasi yang paling murah, cepat dan efektif bagi pengguna smartphone di Indonesia. Bukan hanya WhatsApp saja, ada banyak pilihan Aplikasi chatting terbaik yang bisa kita gunakan sehari-hari.

Setiap aplikasi chatting terbaik untuk Android ternyata menawarkan fitur dan memiliki keunggulan masing-masing. Karena chatting dilakukan bukan hanya untuk berkomunikasi saja, namun juga untuk bisnis, pekerjaan, berkirim foto, berkirim pesan suara bahkan melakukan panggilan telepon dan video calling juga bisa dilakukan menggunakan aplikasi chatting Android.

Bahkan tidak jarang kita menggunakan berbagai aplikasi chatting android yang berbeda-beda untuk saling berkirim pesan dengan orang lain melalui smartphone berdasarkan fungsi dan kebutuhan yang berbeda-beda. Berikut ini kami pilihkan aplikasi chatting android terbaik yang disesuaikan dengan fitur dan kemampuan paing terbaik yang dimiliki oleh aplikasi tersebut.

Rekomendasi Aplikasi Chatting Terbaik

  1. WeChat: Untuk Cari Teman Baru

wechatSejak diluncurkan pada 2012, aplikasi asal Cina ini mengklaim memiliki sekitar setengah milyar pengguna. Aplikasi Chatting Android WeChat ini cocok untuk dijadikan sarana menambah teman baru karena kita dapat melacak dan menambahkan teman baru yang juga menggunakan WeChat disekitar kita. Kita bisa saling add teman dan berkenalan dan berkomunikasi lebih lanjut.

2. Tinder: Aplikasi Untuk Cari Jodoh

jejaring sosial BlackberryDiluncurkan sejak September 2012 oleh Sean Rad, Aplikasi chatting bernama Tinder ini akan memudahkan penggunanya untuk memilih teman berkencan sesuai keinginan. Caranya cukup melakukan swipe ke kanan di layar smartphone jika menemukan seseorang yang disukai atau swipe ke kiri jika tidak menyukai.

Jika kebetulan orang yang kita sukai juga ternyata menyukai kita maka aplikasi tinder ini akan secara otomatis mempertemukan kita di aplikasi Tinder untuk berkenalan dan berkomunikasi lebih lanjut.

3. Facebook Messenger: Social Messenger dengan Banyak Fitur

facebook messengerSesuai namanya, aplikasi merupakan layanan chatting resmi buatan Facebook. Memiliki fitur yang sama dengan layanan chatting lainnya, Facebook Messenger cukup banyak di gunakan oleh semua pengguna smartphone android.

Karena banyaknya pengguna Facebook secara otomatis menjadikan layanan chatting ini sering digunakan untuk berkomunikasi dengan teman facebook yang terkadang tidak kita miliki nomor kontaknya. Selain dapat digunakan untuk berkirim pesan, gambar dan juga file, aplikasi chatting android terbaik ini juga bisa di gunakan untuk melakukan panggilan telepon.

4. Google Duo: Terbaik Untuk Video Call

GOOGLE DUO VIDEO CALLKini melakukan video call bisa dilakukan dengan cara yang lebih mudah menggunakan aplikasi Google Duo. Diperkenalkan pada ajang Google I/O Mei 2016 lalu, kini aplikasi Google Duo sudah bisa dinikmati oleh pengguna Android dan iOS di Indonesia. Google Duo membutuhkan nomor telepon kita dan memungkinkan kita untuk terhubung dengan semua orang dalam daftar kontak smartphone. Google Duo dapat bekerja di lintas platform artinya pengguna bisa melakukan video calling dari smartphone Android ke iPhone, ataupun sebaliknya.

5. Telegram: Paling aman dari penyadapan

telegramTelegram merupakan Aplikasi pesan chatting yang memungkinkan pengguna untuk mengirimkan pesan chatting rahasia yang dienkripsi end-to-end sebagai keamanan tambahan atau bisa dibilang bebas dari penyadapan. Selain dijamin memiliki kemanan data yang sangat tinggi dibandingkan aplikasi chatting lainnya, dengan aplikasi Telegram ini kita juga dapat mengirimkan gambar, video, dokumen atau mengirim lokasi.

6. LINE: Cocok untuk Pelaku Usaha

Line mobile
Aplikasi Cahatting Line kini semakin populer, tidah hanya dilengkapi dengan cara berkomunikasi yang beragam muali dari teks, kirim gambar, kirim foto, video calling dan berbagai fitur menarik lainnya.

LINE juga memungkinkan penggunanya untuk mengembangkan usaha melalui layanan @LINE. Dengan berbagai kemudahan yang ditawarkannya pelaku usaha dapat mempromosikan produknya dan langsung berinteraksi dengan konsumen.

7. Google Hangouts: Alternatif SMS

Hangout di Android N
Meskipun layanan chatting semakin populer, namun berkirim pesan dengan SMS juga masih banyak dilakukan. Aplikasi Google Hangout merupakan jawaban atas kolaborasi kedua layanna tersebut.

Google Hangout merupakan aplikasi standar bawaan Google yang pasti bisa kita temui di setiap smartphone Android, layanan ini secara otomatis mengintegrasikan layanan SMS kedalamnya sehingga kit abisa berkirim SMS sperti layaknya sedang chatting.

Google hangout juga memiliki beragam fitur menarik lainnya seperti mengirim pesan singkat SMS, kirim foto, kirim video dan audio dalam waktu singkat dan melakukan pangilan telepon.

8. BlackBerry Messenger (BBM): Masih Populer di Indonesia

BBM AndroidWalaupun popularitasnya secara global semakin meredup, namun kebalikannya dengan Indonesia. BlackBerry Messenger (BBM) masih menjadi aplikasi chatting paling populer di Tanah Air. Terutama banyak dipakai oleh pengguna di daerah. Tak heran jika EMTEK melakukan investasi di aplikasi milik BlackBerry ini agar bisa memberdayakannya.

BBM masih dikenal sebagai salah satu aplikasi chatting teraman karena memiliki tingkat keamanan tinggi. Fiturnya pun semakin banyak. Beberapa fitur menarik yang bisa digunakan yaitu always-on (aplikasi ini otomatis selalu aktif di smartphone), mengirim dan menarik pesan tertentu berdasarkan jadwal yang kita tentukan, delivery reporting, groups, emoticons, broadcast messages dan lain sebaginya.

9. WhatsApp: Aplikasi Chatting Terbaik dan Paling Simpel

Nomor WhatsAppDigunakan oleh lebih dari 1 milyar orang di seluruh dunia, WhatsApp menjadi aplikasi paling populer di muka bumi ini. WhatsApp menjadi aplikasi favorit pengguna Android di 109 negara, Beberapa negara dengan pengguna WhatsApp terbanyak antara lain Brazil, Meksiko, India, Russia. Selain itu, pengguna WhatsApp juga tersebar di negara-negara Amerika Selatan, Eropa, Afrika, Asia, dan Ocenia.