Para pengguna smartwatch rata-rata sudah memiliki smartphone yang selalu menemani aktivitas sepanjang hari. Lalu kenapa masih butuh smartwatch? Jam pintar hadir sebagai jawaban atas kebutuhan sebuah perangkat teknologi yang mengkombinasikan antara gaya hidup modern dan kebutuhan update informasi yang mudah diakses.

Tak bisa dimungkiri, kehadiran smartwatch berhasil merevolusi cara kita mengakses informasi. Kita tidak perlu merogoh kantong atau tas untuk mengambil smartphone dan mengecek pesan dari email dan media sosial. Semua notifikasi bisa dilihat pergelangan tangan. Berikut ini kami berikan 7 alasan penting kenapa kita harus segera mulai menggunakan smartwatch.

1. Mendukung Lifestyle

S2---lifestyle_20150903Tren fashion masa kini mulai mengarah ke smartwatch yang banyak bermunculan dengan berbagai gaya dan tampilan yang apik. Jam pintar membuat pergelangan tangan kita terlihat lebih seksi dan menarik. Ada gaya klasik tampilan mirip arloji dengan tali kulit atau stainless steel. Ada juga tampilan modern dengan tali terbuat dari silicon fleksibel. Selain itu ada juga yang tahan air dengan kaca yang dilapisi anti gores gorilla glass.

Beberapa vendor coba menghadirkan berbagai desain smartwatch dengan tipe berbeda-beda seperti bergaya sporty, bergaya klasik hingga berbentuk gelang dengan lapisan emas 18 karat. Sekarang kita bisa menemukan smartwatch keluaran Samsung. Produsen smartphone tersebut baru meluncurkan inovasi jam pintar dengan desain elegan. Penyuka gaya modern minimalis bisa memilih model Samsung Gear S2. Sementara penggemar jam tangan ‘tradisional’, bisa memilih Samsung Gear S2 Classic dengan sentuhan akhir warna hitam yang elegan dengan tali jam dari kulit asli.

Selain trendi, jam pintar ini juga cocok dipakai untuk berbagai aktivitas, termasuk kegiatan outdoor seperti berenang. Karena Samsung Gear S2 telah memiliki sertifikasi IP68 yang membuatnya tahan air dan debu. Smartwatch memang didesain khusus untuk mendukung penampilan penggunanya sambil tetap selalu terkoneksi tanpa harus mengganggu aktifitas yang sedang dilakukan.

2. Melihat Waktu Lebih Informatif

S2---watchFungsi utama sebuah jam yaitu untuk melihat waktu. Jika sebelumnya kita harus repot mengeluarkan smartphone untuk melihat jadwal sambil mengecek update email, kini ‘kepintaran’ yang dimiliki ponsel bisa menempel di pergelangan tangan. Namun, smartwatch lebih dari sekadar penunjuk waktu. Dengan jam pintar, kita bisa mendapatkan berbagai fitur cerdas seperti notifikasi penting dari sosial media, chatting hingga mendengarkan musik.

3. Lebih Personal

Gear-S2_mendini_band_0901_2Smartwatch di pergelangan tangan kita bukan hanya sekedar jam, tapi bisa berperan sebagai asisten pribadi. Sebab jam pintar akan mengingatkan kita agar bisa melakukan aktivitas. Sehingga semua kegiatan berjalan dengan lebih efektif.

Sebagai cerminan pribadi, piranti ini memungkinkan kita untuk mengganti tali jam dengan sekali klik, dan mengubah tampilan jam yang lebih personal dan canggih tergantung dengan waktu, tempat, dan aktivitas. Seperti Samsung Gear S2 yang menawarkan fitur untuk tali jam berwarna silver atau putih, juga tampilan UX yang intuitif dan dapat dipersonalisasi sesuai kebutuhan aktifitas kita sehari-hari. Jam ini juga memiliki bezel yang dapat diputar dan dilengkapi dengan dua tombol, yaitu Home dan Back. Sehingga kita dapat lebih cepat dan tepat dalam mengakses notifikasi dan aplikasi dengan lebih cepat.

4. Membuat Kita “Stay Connected” Dengan Smartphone

S2---connectivityKebanyakan smartwatch dirancang secara khusus sebagai perangkat pendamping smartphone yang terkoneksi melalui Bluetooth. Jam pintar mampu melakukan semua hal yang kita bisa dilakukan smartphone. Jam akan bergetar ketika ada panggilan telepon masuk, email, SMS, notifikasi sosial media, Facebook messenger, WhatsApp, Path, Twitter dan berbagai update lainnya.

Smartwatch juga memberitahukan informasi cuaca, jadwal penerbangan, informasi kemacetan, even tertentu di kalender dengan cepat dan mudah. Gadget ini juga akan notifikasi yang terlewat juga akan diingatkan kembali. Salah satu smartwatch yang memiliki kemampuan untuk melakukan pengaturan khusus adalah Samsung Gear S2. Jam pintar ini memungkinkan kita untuk memilih notifikasi tertentu saja yang kita inginkan dengan menggunakan aplikasi Gear Manager di smartphone.

5. Meningkatkan Kualitas Kesehatan

Smartwatch Samsung Gear S2Hampir semua smartwatch terbaru yang beredar di pasaran diintegrasikan dengan alat pelacak kebugaran (fitness trackers) untuk memonitor aktifitas fisik dan tingkat kesehatan penggunanya. Smartwatch dapat memotivasi kita untuk terus bergerak membakar kalori dan menjaga pola hidup sehat. Seperti misalnya fitur kesehatan 24-hour Activity Log pada Samsung Gear S2 yang akan merekam dan menampilkan semua kegiatan yang dilakukan setiap hari.

Wearable device ini juga akan memberi saran untuk menjaga kesehatan kita lebih baik melalui berbagai indikator kesehatan seperti monitor denyut jantung, atau GPS. Fitur-fitur tersebut memungkinkan kita untuk melacak jumlah langkah, kecepatan lari, jarak tempuh, jumlah kalori yang terbakar, detak jantung dll, sehingga kebugaran dan kesehatan lebih terjaga.

6. Dukungan Fitur Dan Aplikasi Yang Komplit

S2-appsSalah satu alasan penting saat memilih smartwatch yaitu kompatibel dengan smartphone yang kita punya. Selain itu, kita juga akan menimbang seberapa lengkap fitur serta aplikasi dalam satu gadget. Maka, banyak konsumen yang menyarankan agar vendor smartwatch sesuai dengan vendor smartphone-nya. Sedangkan para pengguna smartphone Android bisa lebih bergembira karena banyak pilihan smartwatch. Salah satunya Samsung Gear S2 yang menjadi smartwatch pertama keluaran Samsung, yang dirancang untuk mendukung konektivitas dengansmartphone Android 4.4 yang memiliki RAM minimal 1,5 GB. Menurut rencana, Samsung Gear S2 juga akan tersedia di platform iOS.

7. Membuat Hidup Kita Lebih Mudah

Smartwatch Samsung Gear S2Waktu adalah uang. Dengan menggunakan smartwatch kita bisa mengurangi waktu yang terbuang untuk ‘memainkan’ smartphone. Kita bisa memeriksa segala hal penting yang datang ke smartphone hanya dengan menengok pergelangan tangan. Selain itu, smartwatch bisa menjadi remote untuk memotret pada smartphone. Jam pintar juga akan merespon perintah suara. Instruksi tersebut akan dijalankan oleh ponsel pintar.

Smartwatch diprediksi akan menjadi tren baru di era modern ini. Jam pintar bisa terus melekat di pergelangan tangan semua orang mulai dari bangun tidur hingga tidur kembali. Karena kehadiran teknologi baru melaluismartwatch akan membuat hidup kita lebih mudah dan nyaman. It’s #Time2Change with Samsung Gear S2.

Comments