ArenaLTE.com – Tahun 2015 lalu banyak sekali smartphone canggih yang telah digelontorkan dan masih akan tetap jadi incaran hingga tahun ini. Namun memasuki tahun yang baru, kita juga pasti akan terus penasaran tentang smartphone yang akan menjadi andalan para vendor di tahun 2016 ini. Berdasarkan prediksi dan berbagai rumor yang beredar di internet, berikut ini kami pilihkan 9 smartphone 2016 yang paling ditunggu-tunggu kehadirannya pada tahun ini.

Motorola Moto G 4th genMotorola Moto G (4th gen)

Seri Motorola G memang dikenal sebagai smartphone dengan spesifikasi bagus dan harga yang terjangkau, namun kehadiran Moto G (3rd gen) kurang berhasil mempertahankan kombinasi harga dan performa para pendahulunya. Tahun 2016 ini bisa dipastikan Motorola Moto G (4th gen) akan hadir dengan misi kembali mengukuhkan posisi Moto G sebagai smartphone dengan performa menawan dan harga terjangkau.

Untuk menyelesaikan misi tersebut Moto G (2016) mungkin harus memiliki layar Full HD seperti yang dihadirkan Sony Xperia Z5 Compact dengan layar 720p nya, namun sepertinya kita masih harus menunggu kehadiran smartphone berlayar seperti ini dengan bandrol seharga seri Moto G. Namun jika Moto G berhasil menghadirkan generasi keempatnya dengan layar secanggih itu dan harga terjangkau, bisa dipastikan Moto G (2016) akan menjadi smartphone yang menarik. Moto G (2016) ini diperkirakan akan muncul sekitar bulan Juli 2016.

galaxy s7Samsung Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge

Kehadiran Samsung Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge berhasil mengubah beberapa aspek desain dari keluarga Galaxy S sebelumnya. Desain lengkung di sisi layar, mematenkan baterai hingga tak bisa dilepas juga slot ekstra MicroSD menjadikannya malah banyak disukai penggemarnya. Namun Samsung masih terus melanjutkan untuk melahirkan smartphone canggih dengan layar indah dan kamera bagus yang masih sering menjadi kelemahan mereka.

Diperkirakan akan muncul pada bulan April 2016 nanti, Samsung Galaxy S7 and S7 Edge akan mengalami berbagai upgrade dari pendahulunya termasuk konsep desain glass dan metal. Bahkan menurut rumor yang banyak beredar Samsung Galaxy S7 series akan dilengkapi dengan teknologi 3D Touch.

LG G5LG G5

LG telah berhasil menghadirkan beberapa smartphone bagus nan canggih selama beberapa tahun terakhir ini, bahkan smartphone unik dan anti mainstream. Jejeran smartphone seri G merupakan flagship LG yang menjadi smartphone andalan mereka dengan berbagai kecanggihan terbaru hasil inovasi mereka. Sudah menjadi rahasia umum jika LG tidak mengejar desain indah dengan bahan glass atau metal seperti kompetitornya. Namun lihat saja, kehadiran LG G4 meskipun tanpa bahan material yang bagus namun memiliki kemampuan dan fitur secanggih smartphone premium lainnya dipasaran.

Dan jika LG tetap berada di jalur ini, bisa dipastikan tahun 2016 nanti LG G5 akan hadir dengan berbagai fitur canggih hasil innovasi teknologi LG yang patut kita nantikan kehadirannya sekitar Q2 2016 nanti.

Sony Xperia Z6Sony Xperia Z6

Tahun 2016 ini, Sony sudah mencapai seri ke enam dari jejeran keluarga smartphone andalan mereka melalui Xperia Z series. Dan sepertinya Sony Xperia Z6 yang diperkirakan akan hadir pada Q1 2016 ini akan menjadi smartphone yang cukup dinanti oleh para penggemarnya. Smartphone keluarga Xperia Z yang diluncurkan Sony memang mendalkan prinsip OmniBalance dengan berbagai kemampuan seperti anti air dan debu juga bahan material glaas dan metal. Setiap generasinya keluarga Xperia Z hanya mengalami perubahan sedikit saja, namun sepertinya generasi Xperia Z6 ini akan terjadi perubahan yang cukup radikal.

LG G flex 3LG G Flex 3

Smartphone seri LG G Flex dikenal sebagai smartphone yang memiliki desain berlayar lengkung dari keluarga LG. Namun kehadiran LG Gflex 2 bukan hanya sekedar smartphone berlayar lengkung saja, dilengkapi prosesor Qualcomm Snapdragon 810 dan kamera yang handal menjadikan LG G Flex 2 menjadi salah satu smartphone flagship andalan LG. Menurut rumor, seri LG G Flex 3 terbaru rencananya akan muncul pada Februari 2016 dan akan menjadi smartphone 2016 pertama yang dibenamkan prosesor Snapdragon 820, juga memiliki layar 6 inchi QHD, RAM 4 GB dan kamera 20,7 MP. Jika spesifikasi ini sesuai, maka LG G Flex 3 bisa menjadi smartphone andalan LG di tahun 2016.

project araProject Ara

Ini dia yang paling ditunggu-tunggu kehadirannya tahun 2016 yaitu Project Ara. Ini bukan smartphone 2016 yang paling canggih, namun kita bisa membuat sendiri smartphone canggih dengan spesifikasi yang sesuai keinginan kita. Seperti bongkar pasang, komponen seperti layar, kamera, baterai, prosesor dan lain sebagainya bisa dibongkar pasang dan diganti dengan mudah. Sehingga kita bisa melakukan upgrade hardware smartphone kita sendiri. Project Ara ini akan menjadi sebuah revolusi baru di dunia smartphone, dimana kita memiliki keleluasaaan dan kebebasan untuk membuat sendiri smartphone yang kita inginkan. Menurut prediksi, Project Ara in akan hadir pada Q1, 2016.

HTC One M10HTC One M10

HTC memang belum berhasil menghebohkan pasar dunia smartphone, banyak produk mereka kurang berhasil dipasaran dan HTC. Tahun ini, HTC benar-benar membutuhkan sebuah smartphone canggih untuk mengangkat dan memperkuat eksistensi mereka di pasar smartphone 2016. Akankah seri HTC One M10 mampu mewujudkannya? Memang tidak terlalu banyak informasi mengenai HTC One M10 yang merupakan seri lanjutan dari Flagship andalan mereka di tahun 2015 yaitu HTC One M9. Semoga HTC One M10 ini jauh lebih baik dari pendahulunya, mungkin perombakan dari sisi desain menjadi perhatian utama, kegagalan seri HT One sebelumnya harus diatasi dengan perombakan yang radikal pada M10 yang kemungkinan akan muncul pada April 216 nanti.

nextbit robinNextbit Robin

Kehadiran Nextbit Robin mungkin akan cukup menghebohkan dunia Android dan pasar smartphone 2016. Sebuah smartphone baru yang dibuat oleh para mantan pegawai Google, HTC, Amazon dan Apple, kolaborasi mereka ini berhasil menghadirkan sebuah konsep smartphone baru nan unik yang terlihat berbeda dengan smartphone yang sudah ada dipasaran. Selain desain yang unik, kemampuan dukungan dengan berbagai fungsi layanan cloud menjadi andalan utama Nextbit Robin yang rencananya akan muali beredar pada Q1 2016 ini. Kolaborasi dengan cloud ini juga berarti para pengguna nantinya dapat melakukan backup data dan menyimpan file secara cloud dengan cepat dan mudah untuk menghemat penggunaan memori smartphone yang terbatas.

asus zenfone 3Asus Zenfone 3

Asus melalui seri keluarga Zenfone berhasil menjadi fenomenal dengan sambutan luar biasa di pasar smartphone Android. Tahun 2015, seri Asus Zenfone 2 berhasil membuat catatan tersendiri dengan kemampuannya menghadirkan RAM 4 GB dengan bandrol harga yang terjangkau. Hal inilah yang menjadikan Asus berhasil mengukuhkan posisi sebagai smartphone powerfull dengan harga terkangkau. Dari segi desain memang tidak terlalu banyak variasi, bahkan layar juga masih cukup standar namun keunggulannya terletak pada prosesor 64-bit dan fitur fast charging. Dengan harga yang ditawarkannya, Asus Zenfone 2 menjadi pilihan paling menarik di kelas menengah. Asus Zenfone 3 sudah diperkenalkan pada CES 2015 lalu, jadi diperkirakan sekitar Q2 tahun 2016 seri Asus Zenfone 3 akan melenggang dipasar.

Berikut itu, beberapa smartphone pilihan yang kita nantikan kehadirannya pada tahun 2016 ini. Jika kalian memiliki opini lain mengenai smartphone yang paling dinanti tahun 2016, silahkan berpendapat dan kirimkan komentar kalian di kolom komentar yang disediakan.

Comments

  1. Gw paling penasaran ama Project Ara dan Nextbit Robin. Kalau yang lain masih bisa diprediksi karena lebih ke pengembangan dari generasi sebelumnya.