ArenaLTE.com – Tahun 2016 segera berakhir dan kita akan segera memasuki tahun baru 2017. Tahun 2016 menghadirkan banyak inovasi teknologi terbaru dalam smartphone yang menjadi fenomenal. Namun akan lebih banyak lagi inovasi teknologi smartphone 2017.

Tahun 2016 lalu kita takjub dengan maraknya penggunaan teknologi “fingerprint”, pendeteksi sidik jari ini menjadi fitur andalan dari smartphone terbaru yang diluncurkan tahun 2016. Belum lagi dari sisi prosesor yang semakin cangih seperti Qualcomm dengan seri Snapdragon 820 dan 821, dan tak mau kalah Mediatek juga menghadirkan seri andalan mereka X20 dan X25 yang hadir dipasaran pada tahun ini juga.

Memasuki tahun 2017, sudah ada berbagai bocoran informasi mengenai inovasi teknologi smartphone 2017 yang akan menjadi andalan para vendor untuk smartphone terbaru mereka. kira-kira teknologi terbaru apa saja yang akan dipasangkan dalam sebuah smartphone? Berikut ini beberapa inovasi teknologi smartphone 2017 yang akan diterapkan dan hadir dalam sebuah smartphone.

7 tren teknologi smartphone 20177 Inovasi Teknologi Smartphone 2017

1. Dual Camera 

Dual Camera phoneTeknologi dual kamera sudah banyak diterapkan pada smartphone keluaran terbaru tahun 2016 ini hususnya untuk seri flagship para vendor global. Teknologi dual kamera pada smartphone ini pertama kali diperkenalkan oleh HTC One M8 sejak tahun 2014 lalu, namun tidak dilanjutkan. Di tahun 2016 ini, hadir beberapa smartphone yang sudah memiliki fitur dual camera yaitu diantaranya Huawei P9, LG G5, LG V20, iPhone 7 plus dan Xiaomi Mi5.

Teknologi Dual camera ini diprediksi akan menjadi tren teknologi smartphone 2017, karena sudah didukung dengan kehadiran produsen chip yang sudah mendukung teknologi dual camera ini. Dual kamera akan menjadi standar baru fotografi smartphone di tahun 2017, karena fungsi dual camera mampu menghasilkan foto lebih bagus daripada single kamera. Ulasan detail mengenai teknologi dual camera ini sudah kami bahas pada artikel sebelumnya.

Baca juga : Mengenal kecanggihan teknologi dual camera

2. Desain Smartphone Modular

Project AraDengan desain smartphone modular memungkinkan dilakukannya upgrade hardware pada suatu perangkat. Meskipun Project Ara dihentikan, namun kehadiran desain smartphone modular masih akan terus berlanjut. Sebut saja Motorola yang berencana menghadirkan 12 tipe baru Moto Mods di tahnu 2017 mendatang dan salah satunya merupakan tango enable Mod. Tidak usah jauh-jauh, tahun 2016 kemarin LG G5 sudah menjadi pelopor hadirnya desain smartphone modular di Indonesia. Pengguna LG G5 sudah bisa mengupgrade komponen smartphone seperti baterai, kamera dan komponen lainnya. Nah, belum lama ini muncul di Jerman smartphone modular Shift5+. Shift5+ ini merupakan smartphone yang dapat berjalan di dua OS, yakni Android dan Windows 10 Mobile. Meski punya kemampuan dual boot sistem operasi, namun antar sistem operasi tidak dapat dijalankan bersamaan, melainkan harus bergantian.

3. Layar 4K

xperia-z5-premium-layar-4KJika tahun 2016 layar yang paling populer adalah Full HD (1920×1080 piksel) dengan rata-rata ukuran layar 5,5 inchi dengan ketajaman densitas 400 ppi. Memang di tahun 2016 ini juga sudah ada beberapa smartphone yang hadir dengan teknologi layar Quad HD (QHD) atau yang sering juga di sebut dengan layar 2K yang memiliki 2560 x 1440 piksel dan densitas layar hingga 538 ppi pada layar berukuran 5,5 inchi. Beberapa smartphone yang sudah menerapkan layar 2K seperti Samsung Galaxy S6 Edge, samsung Galaxy S7, HTC One M9+, Google Nexus 6P, Motorola Moto Turbo,  LG G4 dan LG G5.

sepertinya tahun 2017 kita akan dimanjakan dengan ketajaman layar smartphone 4K yang akan menjadi standar baru layar smartphone. Layar 4K memiliki resolusi 4096 x 2160 piksel, agak lebih sedikit daripada Ultra HD 3,860 x 2,160 pixels. Memang sepertinya kita belum melihat ada smartphone yang memiliki layar 4K ini di tahun ini, yang paling tajam yaitu Sony Xpera Z5 Premium yang menawarkan ketajaman layar Ultra HD namun mampu memutarkan video 4K dengan lancar.

4. Desain Layar Tanpa Bezel

sensor ultrasoundAdalah Samsung Galaxy S6 Edge yang menggebrak pasar lewat desain layar membulat pada bagian tepinya. Dengan desain ini sepertinya layar smartphone penuh dan tanpa tepi. Namun beberapa vendor smartphone mulai benar-benar menghadirkan smartphone tanpa tepi (tanpa bezel) seperti Xiaomi Mi Mix. Smartphone ini memang di desain dengan layar yang lebih besar daripada bentuk bodynya yang menjadi lebih keren dilihat dan tentu saja ukuran layar yang lebih luas. Tren smartphone tanppa beel ini akan menjadi standar baru tampilan desain layar smartphone 2017.
Baca: Xiaomi Mi Mix: Smartphone Berbingkai Super Tipis, Bodi Keramik dan Desain Nyeleneh

5. USB Type-C Audio

USB Type-CSelamat tinggal lubang jack headset 3,5 mm. Tahun 2016 tiba-tiba saja vendor smartphone merasa bahwa lubang jack 3,5 mm tersebut tidak nyaman dan harus dihilangkan. Penggantinya yaitu USB Type-C yang sudah ditemukan lama namun baru mulai tren tahun 2016 ini.

Port USB Type-C ini mulai dipasangkan pada smartphone terbaru di 2016 sebagai pengganti lubang jack yang benar-benar dihapuskan. Adalah iPhone 7 yang menjadi pelopor pertama smartphone tanpa lubang Jack headset 3,5 mm yang kemudian diikuti oleh vendor smartphone Android lainnya seperti Motorola, HTC, LeEco dan lainnya. Sepertinya tahun 2017 akan menjadi era smartphone jack-less dan kebangkitan USB Type-C.

6. Semakin Populernya VR dan AR

perangkat VRTahun 2016 bisa dibilang sebagai kebangkitan dari teknologi Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR). Sudah bukan hal yang aneh lagi kita menyaksikan bertapa banyaknya headset VR dipasaran, bahkan Lenovo sudah menjadikan VR ini sebagai fitur andalan jualan smartphone mereka. Beberapa vendor juga muali melengkapi sensor Gyroscope dalam smartphone mereka untuk mendukung VR ini. Dan tahun 2017 mendatang teknologi VR ini akan berlanjut dan terus meningkat popularitasnya.

Sedangkan teknologi Augmented Reality (AR) ini sejalan dengan perkembangan VR, sebut saja booming Pokemon Go menjadi titik awal kebangkitan AR. Diprediksikan tahun 2017 teknologi AR akan terus berkembang, yang paling dekat adalah Huawei Honor Magic yang menjadi smartphone berisikan paket bundling AR lengkap sudah siap meluncur awal tahun depan begitu juga dengan project tango yang Google melalaui seri Lenovo Phab 2 Pro, ASUS yang akan memperkenalkannya pada ajang CES 2017 dan juga Motorola yang siap meluncurkan AR Moto Mod tahun depan.

7. Smartphone RAM 8GB

smartphone RAM 8 GBTahun 2016 ini ita sudah melihat kehadiran smartphone dengan RAM 6 GB seperti diantaranya Xiaomi Mi Note 2, Samsung Galaxy C9 Pro, Le eco Le max 2, OPPO R9 plus, Xiaomi Mi Mix, ZTE Axon, Asus Zenfone 3 Deluxe, ZUK Z2 Pro hingga Vivo XPlay5 Elite. Bahkan vendor sekelas Samsung saja masih bertahan dengan RAM 4GB dan belum menemukan racikan yang pasa untuk main-main di RAM 6GB.

Namun tahun 2017 sepertinya berebeda, baru-baru ini Samsung mengumumkan kemampuan mereka menciptakan chipset RAM 8GB, tidak sendirian perusahaan SK Hynix juga sudah siap memproduksi chip RAM 8GB secara massal. Tak bisa dihindari lagi, smartphone RAM 8 GB akan menjadi tren di tahun 2017.

Tidak hanya itu saja chipset berbasis 10 nm Finfet yang mendukung RAM 8GB ini juga akan menjadi tren 2017 mendatang.  Qualcomm Snapdragon 835 akan hadir dengan teknologi 10nm, selanjutnya ada juga Samsung yang memperkenalkan teknologi 8895 yang siap meluncur 2017. Qualcomm sendiri masih bekerja sama dengan Samsung untuk menghadirkan prosesor 10nm, dengan teknologi FinFet.

Hampir bisa dipastikan prosesor 835 ini akan ditancapkan dalam smartphone flagship tahun depan. Akankah Galaxy S8, One Plus 4 dan HTC 11 menjadi smartphone berteknologi canggih pertama dengan RAM 8GB dan chipset 10nm Finfet? Mari kita songsong inovasi teknologi smartphone 2017.
Baca: Smartphone RAM 8 GB, Siap Muncul Di Tahun 2017