Apa yang ditunggu-tunggu para pekerja di bulan Ramadhan? Tentu saja Tunjangan Hari Raya (THR). Gaji ke-13 ini biasanya diberikan oleh perusahaan mulai H-14 sampai H-7 sebelum Hari Raya Idul Fitri. Dana segar ini dipakai untuk berbagai keperluan menyambut lebaran, termasuk beli smartphone baru. Dengan semakin banyaknya layanan e-commerce di Indonesia, membeli smartphone baru pun kini menjadi semakin mudah dan nyaman.

Terlebih di bulan Ramadhan menjelang Idul Fitri seperti sekarang ini, menjadi waktu yang sangat tepat untuk berbelanja smartphone baru di situs belanja online jika dibandingkan harus mencari-cari di toko ponsel tradisional. Bahkan Samsung yang merupakan market leader sangat cepat menangkap tren ini. Produsen smartphone terkemuka tersebut telah mengembangkan Samsung Brand Store di 8 partner situs E-commerce di Indonesia. Sehingga apapun situs belanja favorit Anda, bisa mendapatkan penawaran istimewa saat beli smartphone Samsung.

Belanja online memang kini bukan hanya sekadar menjadi tren, ada banyak keuntungan yang bisa dilakukan. Berikut ini kami ulas tujuh alasan kenapa harus beli smartphone secara online.

1. Tidak Merepotkan

Jelang hari raya selalu identik dengan pengaturan jadwal dan persiapan aktivitas mudik, meski tak sedikit juga yang sudah mengatur rencana liburan di kampung halaman. Pun demikian, mengganti gadget baru juga menjadi aktivitas yang tak kalah penting. Namun bagi Anda yang sangat menghargai waktu, tentu akan berpikir ulang jika ingin membeli ponsel dengan cara konvensional yaitu pergi ke toko ponsel. Karena waktu Anda akan terbuang banyak bermacet-macetan di jalan, belum lagi ketika di tempat tujuan harus pergi dari satu toko ke toko lainnya untuk mendapatkan smartphone yang diinginkan.

SamsungRamadhanContent_5-4

Oleh karena itu, memanfaatkan situs belanja untuk membeli smartphone adalah cara yang cerdas sekaligus efektif. Sambil bekerja atau beristirahat di kantor, Anda bisa mengakses situs belanja favorit dari komputer Anda. Begitupun ketika di rumah, di perjalanan, sambil menunggu rekan dan lainnya, Anda tinggal mengaksesnya dari smartphone. Sangat simple tanpa harus membuang waktu Anda.

Selain itu, situs e-commerce juga memberikan jasa pengiriman sampai ke tempat tujuan bahkan ada beberapa yang menggratiskan biaya ongkos kirim. Sehingga jika saat mudik barang bawaan Anda sudah banyak, tidak menambah beban dengan berbagai produk baru yang Anda beli sebagai hadiah lebaran. Anda tinggal mengarahkan pengiriman sesuai dengan alamat sanak saudara atau orang tua yang ingin diberi hadiah lebaran. Mereka pun akan terkejut dan senang ketika mendapat paket hadiah dari Anda.

2. Bisa Memanfaatkan Berbagai Program Promo

Toko online tidak melulu mengandalkan momen tertentu untuk menghadirkan banyak promo. Tak seperti toko konvensional yang ada dan biasanya menunggu momen tertentu untuk menghadirkan promo potongan harga. Anda bisa mendapatkan program diskon itu setiap harinya, promo yang digelar toko online bahkan bisa berjalan setiap hari. Tengok saja situs belanja seperti Blibli, Elevenia, Lazada, Mataharimall, Bhinneka, Dinomarket, Erafone, dan Hartono yang hampir setiap harinya menggelar program promo dengan memberikan potongan diskon produk termasuk untuk program gadget Samsung. Anda pun bisa lebih mudah mencari produk Samsung karena telah ada Samsung Brand Store di 8 situs e-commerce tersebut.

3. Informasi Lebih Cepat dan Lengkap

Saat Anda membeli ponsel di toko tradisional, sangat mungkin informasi yang Anda dapatkan akan bias, kurang akurat dan lengkap. Karena kemampuan penjual dalam memahami produk yang berbeda-beda. Apalagi karena produk yang dijual cukup banyak, agak sulit untuk menghafal satu per satu. Mereka pun biasanya memberikan brosur produk tersebut yang tentu saja informasinya terbatas. Tak sedikit kejadian, konsumen akan membeli produk tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Hal itu tak akan terjadi jika berbelanja di situs e-commerce. Karena pembeli bisa membaca informasi seputar produk yang akan dibeli dengan lengkap. Ada deskripsi yang jelas dengan spesifikasi yang detail. Kalau masih kurang puas dengan informasinya, Anda pun bisa mengirim pesan ke situs e-commerce yang akan memberikan informasi lebih rinci. Setelah produk yang Anda beli benar-benar sesuai, Anda pun bisa langsung membayarnya.

4. Perbandingan Harga

Dengan berbelanja online, Anda bisa terhindar dari salah beli atau kekuatiran harga yang lebih mahal. Karena Anda bisa melakukan perbandingan dengan beragam produk untuk menyesuaikan dengan budgetpembelian. Bahkan jika memiliki waktu luang, Anda bisa membandingkan antara harga smartphone yang diincar dari satu situs belanja satu ke yang lain dalam waktu singkat. Karena meski harga banderolnya sama, seringkali masing-masing situs belanja online memiliki penawaran yang berbeda. Sehingga Anda bisa menentukan harga dan penawaran yang terbaik.

Samsung-content-1-rev-kata-maaf-rev (1)

Namun jangan sampai terkecoh dengan harga yang sangat murah. Karena bisa jadi itu barang black market, illegal atau refurbish. Anda harus benar-benar memperhatikan keterangan yang ada di situs tersebut, kalau perlu menanyakan secara langsung. Sebagai informasi, Samsung telah mengembangkan Samsung Brand Store di 8 partner situs E-commerce yaitu seperti Blibli, Elevenia, Lazada, Mataharimall, Bhinneka, Dinomarket, Erafone, dan Hartono.

5. Bisa Menentukan Pilihan Terbaik

Kelebihan berbelanja di situs e-commerce adalah Anda lebih leluasa dalam menentukan pilihan tanpa takut mendapat informasi yang bias. Jika berbelanja di toko tradisional, bisa saja penjual akan menawarkan produk tertentu yang memberikan komisi lebih besar dari distributornya atau karena ingin memenuhi target. Karena itu, terkadang Anda tidak mendapatkan produk yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan.

Dengan mengakses situs belanja, konsumen juga bisa membandingkan satu produk dengan produk lainnya dengan mudah. Sehingga bisa menentukan mana yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan. Sebagai contoh jika Anda ingin membeli produk Samsung yang memiliki banyak tipe dari kelas low-end sampaihigh-end. Anda tinggal compare masing-masing produk yang Anda incar sesuai dengan budget yang dimiliki, sehingga dari situ terlihat perbedaan spesifikasi dan fiturnya. Setelah cocok, bisa langsung membeli produk yang diinginkan.

6. Pilihan Sistem Pembayaran Lebih Banyak

Dulu salah satu kendala berkembangnya situs e-commerce di Indonesia adalah dalam hal pembayaran. Karena sebagian besar masih memakai kartu kredit atau transfer bank yang mungkin masih kurang nyaman bagi sebagian pengguna. Terlebih jika melihat fakta bahwa pengguna kartu kredit di Indonesia memang tergolong sangat rendah. Tetapi sekarang kendala tersebut sudah tidak ada lagi, karena sebagian besar situs belanja di Indonesia telah mendukung berbagai jenis cara pembayaran sehingga semakin nyaman. Mulai dari kartu kredit, internet banking, transfer bank, mobile payment, hingga kemampuan membayar di gerai mini market yang mudah ditemui di sekitar rumah.

Tak hanya itu saja, bagi yang memiliki kartu kredit pun akan mendapat keistimewaan lebih karena toko online bekerja sama dengan banyak pihak perbankan memberikan berbagai promosi cashback atau program cicilan 0% untuk produk yang dibeli. Sehingga untuk beli smartphone premium seperti Samsung Galaxy S7/S7 Edge, Anda bisa lebih nyaman memanfaatkan program cicilan ini agar tidak mengganggu budget bulanan.

7. Keleluasaan Memilih Metode Pengiriman Barang

Masih ragu untuk membeli smartphone secara online karena takut tertipu atau salah kirim? Tenang saja, bahkan jika hal ini adalah pengalaman pertama Anda berbelanja online, maka cash on delivery (COD) bisa dilakukan saat membeli gadget sekalipun. Beberapa situs belanja terkemuka seperti MatahariMall, Blibli, Bhinneka, dan lainnya telah menyediakan jasa COD yang menemukan penjual dan pembeli secara langsung.

Selain itu, situs e-commerce juga terus berinovasi mempermudah sistem pengiriman. Seperti yang dilakukan oleh Lazada dengan menggandeng Go-Jek dan MatahariMall yang bekerjasama dengan Grab. Sehingga pesanan Anda akan dikirim lebih cepat dengan memanfaatkan layanan ojek online tersebut.

SamsungRamadhanContent_3 (1)

Namun COD maupun pengiriman lewat ojek online ini hanya berlaku jika area masih tercover layanan yang biasanya di kota-kota besar. Jika tidak, Anda pun bisa memanfaatkan jasa pengiriman seperti JNE, Pos, Wahana, Tiki dan lainnya yang mana sekarang sudah semakin membaik layanan pengirimannya. Nah, untuk pembelian barang elektronik dan alat komunikasi seperti smartphone Samsung, Anda tak perlu khawatir barang rusak atau hilang saat dalam perjalanan pengiriman barang. Karena biasanya telah diasuransikan.

Dari uraian di atas, kini Anda semakin mengerti bahwa beli smartphone di situs e-commerce itu ternyata lebih menguntungkan. Kolaborasi antara produsen smartphone seperti Samsung dengan situs belanja akan memberikan kenyamanan sekaligus kepastian bahwa produk yang dibeli adalah asli, bergaransi dan memiliki layanan purna jual memadai. Selamat menikmati nyaman dan serunya berbelanja online untuk memberikan hadiah lebaran yang terbaik bagi keluarga tercinta!

 


Artikel ini merupakan kerjasama antara ArenaLTE.com dan Samsung Indonesia