ArenaLTE.com – Kemampuan dan teknologi kamera pada smartphone terus melesat dan semakin jempolan. Bahkan, meski tergolong mungil, unit kamera utama yang biasanya tertanam di bodi belakang handset memiliki performa yang tak bisa dianggap enteng. Dan bukan hal aneh kalau kamera ponsel terbaik biasanya ditemukan pada perangkat terbaik juga.

Tidak sembarangan ponsel punya kamera berkemampuan spesial. Hanya seri tertentu saja yang punya fitur serta performa hebat. Seperti dilansir techinsider, kamera pada smartphone pilihan ini benar-benar diuji performanya antara satu dan yang lain dalam kondisi sesungguhnya. Kehebatan dan kelemahan kameranya tergantung tiga hal: Kualitas lensa, kualitas sensor dan kemampuan autofokus serta kecerdasan software dalam mengoptimalkan berbagai fiturnya.

Berikut adalah seri dengan kamera ponsel terbaik di muka bumi saat ini.

  1. Sony Xperia Z5

6-sony-xperia-z5Sony Xperia Z5 adalah flagship Android pertama sang vendor yang dirilis 2016. Dan, kalau bicara soal kamera, seri besutan Sony selalu punya fans tersendiri. Sony memang punya reputasi dalam bisnis kamera smartphone dimana DXOMark mengklaim seri ini sebagai salah satu yang terbaik di dunia.

Muncul awal Februari 2016 mendahului flagship besutan vendor lain, kala itu kamera pada Xperia Z5 menjadi yang terbaik dibenamkan dalam smartphone Android. Tapi ada sedikit perdebatan soal rating tinggi dari DXOMark dan beberapa situs lain.

Sony Xperia Z5 memang sangat diharapkan menjadi smartphone camera terbaik. Sony menanamkan spesifikasi impresif ke dalamnya, mulai dari sensor 23MP dan autofokus 0,03 detik. Tapi nyatanya, seri ini agak mengecewakan dibandingkan flagship lain.

Megapiksel sangat besar ternyata malah jadi masalah. Semakin banyak piksel dijejalkan dalam sensor berukuran sama, maka kualitasnya pun menurun. Sony Xperia Z5 memiliki jepretan yang over exsposure, highlight dan shadow pun berantakan. Lensa dengan aperture f/2.3 membuat cahaya yang diterimanya paling kecil dibanding kamera ponsel lain dalam daftar ini. Autofokusnya pun bahkan tidak mendekati 0,03 detik sama sekali dalam uji coba techinsider.

Sony Xperia Z5 memiliki kamera yang bagus dibanding sebagian besar seri lain dalam urusan fotografi. Tapi masih ada beberapa opsi lain lebih menjanjikan sebagai rivalnya.

  1. LG G5

5-lg-g5LG G5 adalah smartphone pertama yang menyuguhkan kamera ganda untuk mendukung focal length berbeda. Seri ini juga mengandalkan aksesoris modular seperti Cam Plus buat mendongkrak kemampuan kameranya. Jika kamera smartphone ingin melakukan loncatan besar, mereka membutuhkan berbagai fungsi yang ditanamkan dalam DSLR, dengan beberapa sensor dan lensa untuk situasi berbeda. Jadi, secara konsep LG G5 adalah sebuah perangkat brilian.

Sayang, dalam prakteknya ternyata belum sejauh yang diharapkan. Keputusan LG menghadirkan lensa sekunder yang extra wide hanya sekedar gimmick saja. Kamera utama 16MP dengan aperture f/1.8 tidak bisa menghadapi smartphone lain dalam uji coba techinsider. Lebih dari itu, Cam Plus tidak berjalan sebagaimana mestinya.

  1. HTC 10

4-htc-10Jika saja muncul tahun-tahun sebelumnya, HTC 10 bakal menjadi salah satu smartphone favorit dalam list ini. Lensa dengan aperture f/1.8 di ponsel ini bisa memproduksi tekstur dan gambar nan bagus. Sensor berkekuatan 12.1 MP di HTC 10 mampu menghasilkan dynamic range bagus. Autofokusnya pun termasuk jempolan. Faktanya kalau murni hanya bicara hardware saja, kamera ponsel ini sanggup mengalahkan daftar no. 2 dan 3.

Sayang sekali, tahun ini adalah eranya kamera mutakhir dan hebat. Kekurangan kecil dalam kamera HTC 10 membuatnya hanya bisa duduk di posisi ini. Dynamic range-nya belum sebanding dengan kamera terbaik di daftar kali ini. Selain itu, hasil jepretan memiliki kecenderungan over exsposure lebih dari dua terbaik dalam daftar techinsider ini.

  1. Huawei P9

3-huawei-p9Kamera Huawei P9 berkualitas tinggi tapi masih kurang hebat. Pasalnya, kamera HTC 10 bisa dengan mudah mengalahkannya dalam kondisi minim cahaya. Hanya saja software dan fitur dual kameranya yang inovatif membuatnya berhasil menempatkan diri di posisi ketiga.

Saat HTC 10 masih berkutat dengan konsistensi, dual kamera pada Huawei P9 mampu beraksi dengan baik kapan saja. Gambar yang diproduksi tetap konsisten dalam hal ketajaman dan kesempurnaan optik. Poin terpenting dalam Huawei P9 adalah kemampuan kamera gandanya yang bisa bekerjasama dengan baik dalam mengkoleksi informasi kedalaman. Memungkinkan kameranya meniru pola latar belakang soft pada DSLR dan mengatur fokus setelah foto dijepret.

  1. iPhone 6s/6s Plus/SE

2-iphone-6s6s-plusseTahun ini, iPhone akhirnya jatuh ke posisi kedua. Kamera yang hadir dalam iPhone 6s, 6s Plus dan iPhone SE mulai memperlihatkan tanda-tanda penuaan. Meskipun perangkat ini masih menjadi salah satu yang sangat powerful di sektor fotografi.

Lensa f/2.2 mulai terlihat ketinggalan jaman dibanding rivalnya di Android. Dulu, iPhone bisa menghasilkan gambar low contrast yang membuatnya bisa mengangkangi Android. Tapi sekarang, seri lain seperti HTC, Samsung dan LG bisa menangkap warna tanpa kehilangan kualitas.

Potensi terbaik kamera iPhone adalah dynamic range yang mumpuni, ketajaman gambar hingga tekstur sinematik. Tak berlebihan kalau ditempatkam di posisi kedua. 1. Samsung Galaxy S7/S7 Edge

  1. Samsung Galaxy S7/S7 Edge

1-samsung-galaxy-s7s7-edgeKalian bisa saja mendebat kenapa Samsung Galaxy S7 memiliki kamera terbaik. Tapi tak ada keraguan jika kamera utama ponsel ini adalah yang terbaik yang bisa ditemukan dalam smartphone saat ini. Kamera 12MP dengan aperture f/1.7 dalam Galaxy S7 mampu menggeser posisi iPhone dalam uji head to head.

Kamera Galaxy S7 mampu memproduksi dynamic range terbaik dalam sebuah smartphone. Aperture terluas saat ini sehingga memungkinkan cahaya masuk lebih banyak, tekstur dan kontras paling memukau. Bisa menghasilkan foto sempurna dalam kondisi minim cahaya dengan autofokus tercepat saat ini. Bahkan, kamu bisa memotret di dalam air. Wow, benar-benar kamera ponsel terbaik.