ArenaLTE.com – Pengguna smartphone pasti sering mengalami baterai lebih cepat habis dari biasanya? Bahkan terkadang kinerja smartphone terasa lebih lambat dan kuota data internet juga menjadi lebih boros? Jika kejadian ini sering terjadi, kita harus waspada. Menurut AVG anti virus, aplikasi yang biasa kita gunakan dalam smartphone ternyata yang menjadi penyebab masalah itu semua.

AVG salah satu perusahaan software anti virus terkemuka di dunia baru-baru ini merilis laporan kuartal kedua tahun 2015 tentang aplikasi dan situs yang paling boros menghabiskan data internet kita. Termasuk juga aplikasi dan situs yang paling menyedot baterai dan membuat lambat kinerja smartphone.

AVG mengumpulkan data-data ini dari aplikasi AVG AntiVirus & aplikasi AVG Cleaner untuk Android yang banyak diinstal oleh pengguna smartphone di negara US, UK dan Australia. Sebenarnya aplikasi apa saja yang menjadi penyebab kekacauan dalam smartphone? AVG anti virus mengumpulkan data dan kemudian membuat rangking sekaligus membuat empat kategori aplikasi dan software berdasarkan data yang diperoleh AVG dari perilaku penggunanya.

AVG app-report-Q2-2015Meskipun relatif singkat, namun profil pengguna Snapchat terus meningkat ddan berhasil menjadi aplikasi yang paling menguras kinerja smartphone menggantikan facebook, hal ini bisa terjadi karena Snapchat secara simultan menggunakan berbegai fasilitas berat didalam smartphone secara sekaligus yaitu WiFi, informasi GPS dan kamera ponsel kita.

Bahkan aplikasi Snapchat berhasil menduduki 5 aplikasi teratas dari tiga kategori lain yang diselidiki oleh AVG seperti pemakan data trafik paling boros juga sebagai aplikasi penyedot baterai. Aplikasi streaming musik seperti Spotify sudah jelas mengkonsumsi kuota data namun Google Chrome ternyata menduduki peringkat kedua sebagai aplikasi penguras data internet kita. Dan ternyata Google Chrome menjadi satu-satu nya aplikasi kategori browser internet yang masuk dalam kategori pengacau smartphone.

Aplikasi Pengacau otomatis Menurut AVG

Bisa dibilang aplikasi pengacau yang berbahaya menggangu smartphone yaitu aplikasi yang otomatis aktif ketika menghidupkan smartphone  dan bekerja secara background tanpa kita sadar. Bahkan tanpa kita jalankan, aplikasi ini terus mempengaruhi kinerja smartphone hingga mengkonsumsi kuota data internet kita secara diam-diam termasuk menyedot baterai sejak kita menghidupkan smartphone. Berikut ini daftar aplikasi tersebut dalam kategori yang sama dibuat oleh AVG

AVG startup-report-Q2-2015Lagi-lagi kita bisa melihat dari daftar AVG ternyata aplikasi Facebook menempati peringkat 5 besar dari seluruh kategori yang dibuat sebagai aplikasi yang berdampak buruk terhadap kinerja smartphone, termasuk boros baterai dan pengkonsumsi terbesar memori penyimpanan. Untungnya aplikasi Facebook tidak termasuk sebagai penyedot baterai yang ternyata dikuasai oleh aplikasi proses firmware updater Android dan aplikasi chatting buatan Samsung ‘Chat On”. Aplikasi media sosial seperti facebook dan instagram memang banyak mengonsumsi data namun aplikasi anti virus dan aplikasi cuaca juga ternyata banyak menghabiskan kuota data.

AVG memberikan sedikit tips dan trik untuk mengatasi kekhawatiran dari aplikasi pengacau smartphone ini. Salah satu caranya yaitu dengan secara rutin membersihkan browser history dan cache files. Juga membatasi waktu dalam menggunakan beberapa aplikasi pengganggu tersebut juga memastikan bahwa aplikasi dan software yang kita gunakan selalu dalam kondisi update terbaru.

Comments

  1. […] ArenaLTE.com – AVG salah satu perusahaan software anti virus terkemuka di dunia baru-baru ini merilis laporan kuartal kedua tahun 2015 tentang aplikasi smartphone penguras data internet kita. Termasuk juga aplikasi dan situs yang paling menyedot baterai dan membuat lambat kinerja smartphone. Baca: Ini 5 Aplikasi Pengacau Smartphone Versi AVG yang Perlu Diwaspadai […]

  2. […] AVG menyebut Facebook, Snapchat, Instagram, Netflix, dan beberapa aplikasi lain yang haus baterai dan menguras paket data. Sementara itu Opera mengklaim Facebook Messenger dan Gmail adalah aplikasi yang paling ‘haus data’, dengan hampir 73% dari total penggunaan data mereka terjadi di latar belakang. Google Drive dan WhatsApp menunjukkan lebih dari 50% penggunaan background data. Baca juga: Ini 5 Aplikasi Pengacau Smartphone Versi AVG yang Perlu Diwaspadai […]