ArenaLTE.com – Sekarang ini, rata-rata smartphone sudah dibekali kemampuan memberi akses internet ke perangkat lain. Portable wifi atau thetering istilahnya. Di mana smartphone menjadi sumber hotspot bagi perangkat lain untuk akses internet. Di saat bersamaan, beredar juga perangkat yang dinamakan MiFi (Mobile WiFi Hotspot).

Alat ini berfungsi sebagai hotspot, yang artinya bisa memberikan akses internet kepada perangkat lain. Namun, tak seperti hotspot konvensional yang sifatnya stasioner, MiFi tak perlu sambungan kabel, dapat di bawa ke mana-mana karena ukurannya yang segenggaman tangan. Fungsinya mirip fitur portable hot spot pada smartphone, hanya saja tak dilengkapi fungsi telepon, dan berbagai fungsi lain. Hanya untuk akses internet thok.

Salah satu contohnya adalah mifi Andromax M2S yang baru saja dipasarkan Smartfren. Alat ini bisa memberi akses internet ke 15 perangkat lain sekaligus, dan memberikan akses internet super cepat dengan dukungan 4G LTE Advance milik Smartfren. Alat yang berukuran setengah kotak rokok ini dipasarkan dengan harga Rp499 ribu.

Pertanyaannya, bila  fungsi MiFi ini bisa dilakukan oleh smartphone, kenapa pula MiFi masih dipasarkan? Apakah orang masih butuh perangkat ini?

Untuk itu, Park Se Kil, Presiden LG Innotek Indonesia, perusahaan pembuat MiFi Andromax M2S, Sukaca Purwokardjono, Head of Product PT. Smartfren Telecom, serta Agung Kus Sugiharto, seorang konsultan IT, memberikan alasan kenapa mereka masih yakin mifi tetap jadi kebutuhan pengguna perangkat bergerak:

Park Se Kil:

park-se-kilAnda tahu, dari tahun ke tahun persoalan lalu lintas di kota-kota besar di Indonesia makin menjadi. Kemacetan makin parah. Waktu orang banyak terbuang di perjalanan. Sementara sekarang ini orang makin tergantung pada koneksi internet untuk bekerja, berinteraksi, mencari informasi dan sebagainya.

Tentu orang bisa mengakses internet dari smartphone mereka. Tetapi, apakah tetap nyaman ketika Anda harus membaca dan mempelajari dokumen presentasi misalnya? Dan, apakah masih nyaman mengetik dan memperbaiki dokumen di layar kecil smartphone? Tentu tidak, bukan? Nah, orang masih membutuhkan komputer jinjing. Dan komputer jinjing butuh portable hot spot.

Sukaca Purwokardjono:


sukacaSekarang era 4G LTE. Berapa harga smartphone 4G LTE yang paling murah? Masih di atas sejuta rupiah bukan? Apakah semua orang sanggup membelinya dengan harga segitu? Belum tentu semuanya sanggup. Padahal, semua orang ingin dan butuh akses internet lebih cepat yang diberikan 4G LTE.  

Nah, mifi seperti ini harganya kan sangat terjangkau banyak orang. Dan ini memberikan kesempatan kepada banyak orang untuk dapat menikmati layanan internet super cepat 4G LTE Advance yang kami miliki. Jadi, kenapa tidak? Perangkat ini jelas tetap akan jadi kebutuhan banyak orang.

Agung Kus Sugiharto:

agung-kusInternet sudah jadi kebutuhan masyarakat, terutama di perkotaan. Tidak hanya para bapak, tetapi juga istri dan anak-anaknya. Untuk itu pada umumnya mereka berlangganan internet kabel untuk kebutuhan di rumah.

Sekarang ada pilihan lain, perangkat MiFi. Satu perangkat bisa memenuhi kebutuhan semua angota keluarga. Itu yang saya lakukan, memakai untuk akses internet di rumah. Dan saya yakin banyak orang-orang seperti saya. Apalagi tawarannya adalah akses internet super cepat. Tinggal persoalan bujet pulsanya saja nih..hahahaha.