ArenaLTE.com – Meskipun pengguna smartphone semakin cerdas, namun terkadang kita masih cukup sulit untuk memahami berbagai hal teknis dengan istilah teknologi yang rumit. Hal ini bisa menyebabkan kita sulit untuk membedakan smartphone yang benar-benar bagus atau tidak, apalagi kian banyak smartphone replika yang beredar di pasaran. Dalam dunia informasi teknologi dan elrektronik, kita bisa dimudahkan untuk mengetahui smartphone terbaik melalui benchmark. Dan salah satu aplikasi benchmark yang paling banyak digunakan untuk smartphone yaitu AnTuTu benchmark yang baru-baru ini merilis daftar 10 smartphone terbaik 2015.

Benchmark sendiri merupakan sebuah langkah-langkah pengetesan perangkat elektronik secara lengkap, dan di akhir tes kita akan langsung mendapatkan sebuah angka benchmark yang menunjukkan tingkat kehebatan sebuah smartphone. AnTuTu benchmark bukan satu-satunya aplikasi benchmark untuk smartphone, banyak juga aplikasi benchmark lain yang bisa digunakan untuk mengetahui kehebatan sebauh smartphone, seperti Quadrant, GLBenchmark, dan lain-lain.

AnTuTu banchmark menjadi aplikasi benchmark yang paling dipercaya saat ini, AnTuTu Benchmark ini berfungsi untuk melakukan test performa dan spesifikasi terhadap smartphone kita. Aplikasi melakukan berbagai tes semua kinerja komponen dan sistem dalam sebuah smartphone seperti CPU Tests, CPU Single Test, RAM Tests, GPU Tests, I/O Tests, LCD test dan Multi Touch test.

Dan hasilnya akan terlihat berupa angka dan informasi teknis detail tentang smartphone kita, mulai dari RAM, CPU, sampai I/O. Secara keseluruhan AnTuTu Benchmark akan menampilkan skor final dan posisi smartphone kita dibandingkan dengan skor smartphone lainnya. Semakin tinggi skor AnTuTu Benchmark maka smartphone akan semakin bagus. Di dalam AnTuTu Benchmark juga tersedia fitur AnTuTu Officer yang berguna untuk mengecek keaslian sebuah smartphone.

Setiap tahun, AnTuTu Benchmark rutin merilis peringkat smartphone populer terbaik dari skor AntuTu Benchmark. Dan diawal tahun 2016 ini, melalui situs resminya, AnTuTu Benchmark merilis 10 smartphone terbaik 2015. Sebelumnya AnTuTu Benchmark hanya mendukung smartphone Android saja, namun sejak dluncurkannya AnTuTu Benchmark V.60, selama tahun 2015 ini AnTuTu Benchmark mampu melakukan tes semua smartphone dengan berbagai sistem operasi baik itu Android maupun iOS.

smartphone terbaik 2015Dari daftar smartphone terbaik 2015 yang dirilis oleh AnTuTu Benchmark terlihat bahwa pemenangnya yaitu iPhone 6S plus yang menjadi smartphone dengan performa terbaik selama tahun 2015. Posisi kedua diduduki oleh Huawei Mate 8 namun keduanya terpaut skor yang cukup jauh yaitu iPhone 6S Plus (132620) sedangkan Huawei Mate 8 (92746). Smartphoe meizu Pro 5 menduduki posisi ketiga diikuti dengan Samsung Galaxy Note 5 dan Samsung Galaxy S6 Edge+. Produk iOS lainnya yaitu iPhone 6 Plus juga memilliki skor yang lebih baik daripada OnePlus 2, Letv 1Pro, Xiaomi Note Pro, dan Nexus 6P.

Jika kita fokus pada smartphone Android saja, Huawei Mate 8 menjadi juaranya. Namun jika melihat dari kinerja prosesor yang tertanam dalam smartphone, dari skor ini terlihat bahwa prosesor A9 milik Apple dan Hisilicon Kirin milik Huawie Mate 8 mampu mengalahkan smarthone dengan prosesor Samsung Exynos E7420 dan Qualcomm Snapdragon 810.