ArenaLTE.com – Sebentar lagi kita akan memasuki tahun 2016 dan meninggalkan tahun 2015. Banyak sekali kejadian yang telah dilalui. Sebagian diantaranya menimbulkan dampak yang besar, hingga memicu terjadinya gerakan petisi untuk menuntut perubahan terhadap suatu kebijakan. Salah satu tools favorit yang biasa dipakai adalah membuat petisi di Change.org.

Platform petisi terbesar di dunia yang memiliki lebih dari 70 juta pengguna di seluruh dunia ini telah merekam berbagai gerakan petisi yang terjadi di Indonesia. Menurut Arief Azis, Campaigns Director Change.org Indonesia, tahun ini bisa dilihat sebagai tahun yang gaduh. Begitu sering disebut para petinggi. Gaduh soal korupsi, asap, diskriminasi, dan lainnya.

“Namun apa “gaduh” kata yang tepat? Kalau kegaduhan jadi suara yang solid dan lantang? Kalau suara tersebut menyatukan masyarakat dalam menuntut perubahan? Dan kalau tuntutan itu berhasil? Maka mungkin kata “kegaduhan” tersebut lebih cocok disebut pergerakan,” kata Arief seperti dilansir dari laman Change.org.

Arief menambahkan, tahun 2015 bisa dilihat sebagai tahun yang penuh masalah. Tapi bisa juga dilihat sebagai tahun di mana masyarakat Indonesia mengawal terus negara, bersuara lantang untuk berpartisipasi dalam perubahan.

Bekerja sama dengan House of Infographics, tim Change.org Indonesia merangkung pergerakan-pergerakan tersebut, khususnya melalui media sosial dan petisi online. Sebagaimana bisa dilihat di bawah ini:

infografis-change-2015