ArenaLTE.com – Mulai 12 Mei lalu, warga Jogjakarta dan sekitarnya sudah bisa menikmati jaringan 4G LTE XL Axiata yang lebih bagus kualitasnya, lebih kuat dan lebih stabil. Itu karena XL sudah memindahkan frekuensi untik 4G, dari 900 MHz ke 1800 MHz. Serta menambah jumlah BTS 4G, menjadi 201 BTS saat ini, dari target 215 BTS totalnya.

Menurut Yessie D. Yosetya, Direktur dan Chief Service Management Officer XL Axiata, peningkatan jaringan 4G LTE XL Axiata di Jogjakarta ini sudah saatnya dilakukan, mengingat pertumbuhan pelanggan data yang cukup tinggi. Pelanggan XL di wilayah Jogjakarta sendiri mencapai 1,4 juta pelanggan, dengan trafik data 28,7 TB per bulan. Pada masa mudik lebaran, trafik akan naik sebesar 30-40%. “Karena itu kami perlu mempersiapkan jaringan sebaik mungkin,” ucap Yessie.

Tapi, bagaimana kualitas dan kekuatan sinyal jaringan 4G LTE XL Axiata setelah ditingkatkan tersebut? Melalui pogram tahunan yang bertajuk XL Network Rally 2016, operator biru ini melakukan uji jaringan di kawasan Jogjakarta dan sekitarnya. Uji jaringan dilakukan dengan software TEMS, yang bisa menunjukkan kualitas dan kekuatan sinyal sepanjang jalur pengujian. Berikut beberapa hasil test di sejumlah titik yang diambil secara acak:

XL-Sultan-Agung

Di kawasan jalan Sultan Agung, Jogjakarta, yang termasuk jalan protokol, alat pengukur speed test menunjukkan angka 31.64 mbps sebagai kecepatan unduh (download). Kecepatan yang tergolong baik, pada pada pengukur TEMS, nampak warna hijau yang menunjukkan kekuatan jaringan yang baik. Sementara untuk kecepatan upload mencapai 14,31 mbps.

XL-Palagan

Kawasan Palagan Tentara Pelajar, Sleman, tepatnya di sekitaran restoran Pecel Solo yang cukup terkenal di Kota Gudeg, kekuatan sinyal jaringan 4G LTE XL Axiata menurun, ke angka 8,04 mbps untuk download dan 3,14 mbps untuk upload.

XL-Prambanan

Prambanan, di kawasan Candi Prambanan yang terkenal itu, uji jaringan XL menunjukkan hasil luar biasa. Angka kecepatan download mencapai 42,60 mbps. Sementara angka kecepatan upload mencapai 22,59 mbps. Kawasan wisata memang menjadi salah satu prioritas peningkatan kualitas jaringan. Namun untuk satu ini, di kawasan Candi Prambanan rupanya sedang digelar acara XL –mungkin semua kekuatan sinyal tercurah ke situ

Sekadar perbandingan, uji kecepatan jaringan pada sebuah operator lain yang juga sudah menebar layanan 4G LTE di mana-mana, menunjukkan hasil 26,29 mbps untuk download, namun kecepatan uploadnya tergolong kecil, 2,38 mbps.

XL-PrawirotamanPrawirotaman, kawasan yang berada di pusat kota ini menjadi salah satu tempat favorit para pelancong menginap. Uji sinyal menggunakan aplikasi Speedtest menunjukkan hasil yang agak lemah untuk XL, yakni 7,08 mbps untuk download serta 5,56 mbps untuk upload.

Sementara operator lain menunjukkan hasil 10,19 untuk download dan 7,62 mbps untuk upload. Ini bisa menjadi catatan XL untuk perbaikan ke depannya.

XL-MalioboroTitik uji terakhir dilakukan di kawasan paling terkenal di Jogjakarta, yakni kawasan Malioboro. Di sinilah tujuan utama orang-orang bila berkunjung ke Jogjakarta. Di Malioboro, uji sinyal dengan menggunakan aplikasi speedtest menunjukkan angka 14,95 mbps untuk download speed. Serta angka yang lebih besar, 17,72 mbps untuk kecepatan upload.

Hasil test yang dilakukan pada operator lain menunjukkan angka 12,46 mbps untuk download speed, serta 4,22 mbps untuk upload speed.

Secara keseluruhan, hasil uji jaringan 4g LTE XL di Jogjakarta menunjukkan hasil rata-rata yang memuaskan. Bila menggunakan aplikasi test TEMS, sekitar 80% area Jogjakarta yang dijelajahi menunjukkan indicator warna hijau, yang menunjukkan kekuatan sinyal di atas 15 mbps untuk download.

Menurut I Gede Darmayusa, VP Service Management XL Axiata, pihaknya sudah melakukan uji coba di 68 titik di seantero Jogja, dengan hasil yang memuaskan.