ArenaLTE.com – Akhir tahun menjadi momen penting bagi vendor smartphone untuk berlomba menjajakan produknya agar jadi pilihan masyarakat. Momen penting di akhir tahun adalah natal dan tahun baru 2017 sebagai waktu ideal untuk membeli smartphone baik itu untuk hadiah atau mengganti tahun yang baru dengan smartphone 4G LTE terbaik Desember 2016.

Sejak bulan Oktober lalu, ArenaLTE.com mencoba menghadirkan rubrik baru, tentang smartphone-smartphone terbaik pilihan redaksi. Pilihan dilakukan berdasarkan penilaian pada empat faktor: kinerja smartphone, kelengkapan fitur, respon pasar dan value for money-nya. Berikut ini kami tampilkan rekomendasi smartphone 4G LTE terbaik Desember 2016.

Dari hasil kunjungan ArenaLTE.com ke pusat perbelanjaan smartphone yang ada di Jakarta. Beberapa pengujung toko ponsel di ITC Roxy Mas yang kami temui menuturkan bahwa smartphone dengan banderol harga terjangkau, serta kualitas produk yang baik dengan segudang fitur canggih kerap menjadi alasan dalam memilih smartphone.smartphone 4G LTE terbaik Desember 2016

Dari hasil pengamatan di berbagai pusat perbelanjaan, selama Bulan Desember 2016 ini baik toko maupun pengunjung masih menyebutkan bahwa untuk level harga yang pantas dengan spesifikasi dan fitur yang bagus adalah Oppo F1S.

Pasalnya, menurut para penjaga toko saat ini smartphone dengan kamera besar adalah yang paling dicari, terlebih piksel menjadi patokan utamanya terutama pada bagian depan yang saat ini dipakai sebagai senjata utama aktivitas selfie. Bahkan variasi OPPO F1s ditambahkan dengan peluncuran versi OPPO F1s Raisa Phone Limited Edition yang langsung habis diburu oleh pelanggan.

Meskipun saat ini menjadi produk yang paling mudah didapatkan, namun bukan berarti smartphone 4G LTE terbaik Desember 2016 hanya ada OPPO saja. Dari sisi desain, harga, spesifikasi dan fitur ada beberapa tipe smartphone yang layak masuk kedalam rekomendasi smartphone 4G LTE terbaik Desember 2016. Seperti Asus Zenfone 3 dengan RAM 4GB juga menjadi tawaran yang cukup menggoda. Terlebih Asus menghadirkan dengan desain baru ‘Galaxy S6 Wannabe’ dengan tempered Glass di desain belakangnya.

Seri smartphone lain yang cukup menggoda yaitu sang pendatang baru VIVO V5 yang mengandalkan kamera selfie 20 MP, ada juga Xiaomi Note 3 Pro dan Infinix HOT 4 Pro yang masuk dalam kategori rekomendasi smartphone 4G LTE terbaik Desember 2016.

Smartphone 4G LTE terbaik Desember 2016

OPPO F1s

SMARTPHONE 4G LTE TERBAIK DESEMBER 2016Lagi-lagi, hingga bulan Desember 2016 ini, posisi Oppo F1s sebagai Best 4G LTE Smartphone of The Month belum tergeser dari dua bulan lalu. Masih menjadi pilihan favorit penjual dan pembeli smartphoen di Indonesia, beberapa hal penting inilah yang menjadikannya sebagai jawara smartphone 4G LTE terbaik Desember 2016 pilihan ArenaLTE.

Kelengkapan Fitur :
Smartphone ini memiliki fitur yang lengkap. Dalam artian, kemampuan dan fungsionalitasnya bisa menunjang aktivitas sehari-hari. Mulai dari fun hingga mobile office. Di beberapa sektor bahkan memiliki kualitas di atas rata-rata. Contohnya area fotografi yang didukung kamera selfie berkekuatan 16MP.  Juga disokong dengan kamera utama berkekuatan 13MP. Tak hanya itu, seri ini mengantongi sensor sidik jari.

Oppo F1s yang punya dual slot SIM card ini juga mendukung jaringan 4G LTE berkecepatan hingga 150 Mbps. Teknologi 4G LTE-nya dari tipe FDD band 1/3/8. Sehingga, bisa dipakai mengakses data berkecepatan tinggi, juga bisa digunakan fungsi basis, voice dan sms. Beberapa ponsel 4G LTE tak mendukung fungsi ini, sehingga ketika hendak melakukan fungsi voice dan sms, harus mengunduh aplikasi tertentu. Didukung beragam jaringan mulai dari GSM  (850/900/1800/1900Mhz), WCDMA (850/900/2100Mhz).

Performa :
Percuma punya fitur seabreg bila performanya kerap mandeg. Nah, Oppo F1s ketika digunakan menunjukkan kinerja yang ciamik. Bahan logam yang membungkus bodi Oppo F1s sangat kokoh dan terasa premium. Dapur pacu kelas menengah Mediatek MT6750 yang ditemani RAM 3GB membuat ponsel ini tetap gesit dan minim lag saat menjalankan beragam aplikasi secara multi tasking.

Contohnya aplikasi pesan instan yang selalu aktif di background seperti WhatsApp, BBM hingga Line. Aktivitas pun tetap lancar walaupun kita sambil browsing internet, membuka Facebook dan lain-lain. GPU-nya pun tetap prima dalam mengolah grafis, padahal dipakai untuk game berat seperti Need for Speed. Baterai termasuk awet lho, bisa bertahan seharian penuh.

Value for Money :
Harga murah belum tentu jadi patokan. Harga mahal juga belum menjamin itu smartphone bagus dan layak beli. Terpenting adalah aspek value for money, alias kepantasan antara harga dan kualitas serta performanya. Oppo F1s ini memang harganya sekitar  IDR3,49 juta. Di atas rata-rata smartphone sekelas (dari segi fitur). Tapi value for money-nya bagus, karena baik dari aspek look (design), fungsional serta kelengkapan fitur, sangat memadai.

Respon Pasar :
Dari sejak bulan Oktober hingga Desember 2016 ini, beberapa smartphone pendatang baru juga mencoba menggeser posisi sang jawara OPPO F1s. Namun dari hasil penelusuran ArenaLTE di beberapa pusat perbelanjaan ponsel di Jakarta. Dari beberapa toko, kami mendapat data bahwa Oppo F1s ini masih menjadi primadona para penjual dan pembeli smartphone penjualan masih sangat bagus dari 10 smartphone yang berhasil dijual tiap harinya, 6 hingga 7 di antaranya adalah Oppo F1s. Dengan promosi yang gencar, kita bisa dengan mudah mendapatkan OPPO F1s dipasaran dan selfie masih menjadi senjata andalan utama berjualan smartphone. Rata-rata

Para Pesaing Smartphone 4G LTE Terbaik Desember 2016 di Urutan 2-5

Asus Zenfone 3

Asus Zenfone 3 ZE552KLAsus Zenfone 3 (ZE552KL) bisa kita peroleh dipasaran dengan merogoh kocek sekitar IDR4,8 juta. Smartphone ini naik daun karena kemampuan spesifikasi yang handal dan layarnya yang luas. Smartphone Asus Zenfone 3 ZE552KL mengusung layar Super IPS+ dengan bentang layar 5,5 inci pada resolusi full HD (1080p). Dibenami dengan chipset Qualcomm Snapdragon 625 serta memiliki kamera 16MP di bodi belakang dan kamera selfie 8MP. Seri ini mengedepankan RAM 4GB dan ROM 64GB. Dipasaran Smartphone Asus Zenfone 3 ZE552KL ini cukup laris dengan banderol harga sekitar IDR 4,7 jutaan.

Kamera ZenFone 3 sensor yang disokong Asus TriTech autofocus yang mengkombinasikan laser generasi kedua, phase detection dan continuous auto focus. Sekadar informasi, seri ini pertama di dunia yang memakai chipset Snapdragon 600 Series yang dibuat dengan teknologi pemrosesan 14nm FinFET. Asus ZenFone 3 juga punya sensor sidik jari yang diposisikan di bodi belakangnya. Hebatnya, Asus mendukung LTE Category 7 dimana kecepatan secara teori bisa sampai 300Mbps. Seri ini juga sudah mendukung MiMO Wi-Fi dan USB Type-C.

Xiaomi Mi Max

Xiaomi-Mi-Max-OKDibanderol harga IDR 2.695.000, Xiaomi Mi Max masih bertahan masuk dalam smartphone 4G LTE terbaik Desember 2016. Xiaomi Mi Max menawarkan layar berukuran jumbo mendekati ukuran bodi tablet dengan diagonal mencapai 6,44 inci. Layar raksasa tersebut dibungkus material casing yang menggunakan struktur unibodi dari bahan metal. Smartphone 4G LTE yang memiliki ketebalan 7,5 mm dan kapasitas baterai 4850mAh ini mengusung chipset Snapdragon 650 dengan RAM 3GB plus memori internal 32GB.

Keduanya tetap menggunakan pengolah grafis generasi baru Adreno 510. Cukup optimal untuk bekerja pada layar 1080p. Semua versi yang ditawarkan mengusung slot dual-SIM card hybrid, jadi kalian bisa menambahkan kartu microSD.

Xiaomi Mi Max berjalan menggunakan antarmuka MIUI 8 yang berbasis Android terbaru yakni versi 6.0 Marshmallow. Bagian kamera pun sepertinya tak mau kalah dimana sang vendor menancapkan sensor berkekuatan 16MP ditunjang dengan dual LED flash. Untuk kamera depannya yang biasa dipakai narsis, tertanam kamera berkekuatan 5MP dengan lensa sudut lebar hingga 85 derajat.

Vivo V5

Vivo V5Vivo menghadirkan seri terbaru mereka Vivo V5 yang khusus dibuat untuk pecinta selfie. Tak tanggung-tanggung, Vivo menancapkan kamera selfie berkekuatan 20 MP dengan Moonlight Flash. Sedangkan kamera utamanya hanya 13 MP saja.

Spesifikasi dan harga Vivo V5 akan hadir dengan Funtouch OS 2.6 diatas Android OS 6 Marshmallow yang kemungkinan bisa di-upgrade ke Android Nougat. ViVo V5 memiliki layar 5.5-inch HD (1280 x 720 pixel). Untuk prosesor menancap Snapdragon 652 SoC Octa core 64 bit, RAM 4GB dan memori penyimpanan 32GB yang bisa ditambah dengan MicroSD hingga 128GB.

Fasilitas lainnya yaitu HiFi chip audio AK4376 Hi-Fi dan tentu saja beberapa sensor standar untuk konektifitas seperti Wi-Fi, GPS, GLONASS, Acelerometer, Light, Proximity, dan sensor E-compass. Vivo V5 ini juga memiliki kemampuan dual-SIM dual standby dengan dukungan terhadap jaringan LTE baik itu FDD-LTE Band 1, Band 3 dan Band 5 maupun TDD-LTE band 40.

Dan untuk sumber energi dipasangkan baterai 3.000 mAh. Untuk penampilan luarnya Vivo V5 ini dibalut casing metal dengan warna Gold atau Rose Gold dengan dimensi 153.8 x 75.5 x 7.55 mm dan bobot 154 gram. Vivo V5 dibanderol dengan harga IDR3.499.000

Infinix Hot 4 Pro

Infinix-Hot-4-ProInfinix Hot 4 Pro masuk sebagai rekomendasi smartphone 4G LTE terbaik Desember 2016 karena value for money. Dibanderol dengan harga hanya IDR1,69 juta ini, Infinix Hot 4 Pro dibekali Prosesor Hot 4 Pro menggunakan MediaTek6737 dengan dorongan RAM 2GB dan memori internal 16GB yag bisa diperluas hingga 128GB.

Untuk urusan kamera, smartphone 4G LTE pendatang baru ini dibekali kamera utama kamera utama 13MP dan kamera selfie 5MP yang dilengkapi soft LED flash dan wide angle 84 derajat. Daya tahan baterainya cukup bagus dengan kapasitas 4.000mAh yang diklaim tahan hingga 2 hari untuk pemakaian normal. Tak hanya baterai besar, perusahaan Hong Kong itu juga menyematkan fitur XChange yang bisa memangkas waktu pengisian daya, yakni 30 menit pengisian daya untuk pemakaian 1 hari.