ArenaLTE.com – Waze, aplikasi navigasi dan informasi real time asal Israel yang telah dibeli Google kembali membuat terobosan fitur baru. Dalam upaya meningkatkan layanannya pada pengguna, serta memberikan keamanan lebih pada pengguna jalan lainnya, Waze yang dapat berjalan di Android dan iOS kini dilengkapi fitur Speed Limit yang akan sedikit mengubah perilaku menyimpang pengendara kendaraan bermotor.

Dikutip dari Ubergizmo.com, berkat fitur Speed Limit kini pengguna Waze akan mendapatkan notifikasi jika mereka berkendara melampaui batas kecepatan yang telah ditentukan. Peringatan tersebut akan muncul pada speedometer Waze saat pengendara melebihi batas kecepatan sebanyak 5, 10, dan 15 persen. Tak perlu melakukan atau menekan tombol apapun saat peringatan tersebut muncul, pengemudi cukup melambatkan laju kendaraannya saja agar keamanannya terjaga.

Waze-Speed-LimitBaca juga: Aplikasi Waze 4.0 di Android Hadirkan Navigasi Lebih Segar & Fitur Terbaru

Mirip dengan sebuah alarm, peringatan tersebut juga akan menghilang secara otomatis ketika kecepatan penggunanya menurun dan berada di bawah batas. Lalu bagaimana caranya fitur Speed Limit pada aplikasi ini mengetahui batas kecepatan maksimal yang boleh dicapai penggunanya?

Sama seperti fitur lain yang ada di Waze, semua data berasal dari komunitas dan pengguna Waze lainnya. Namun untuk sementara waktu, fitur baru ini hanya bisa dipakai di Austria, Belgium, Brazil, Colombia, Czech Republic, El Salvador, Perancis, Hungaria, Italia, Latvia, Liechtenstein, Netherlands, New Zealand, Sweden, Switzerland, Trinidad, Tobago serta Uruguay saja.

Meski demikian, pihak Waze telah mengumumkan bahwa fitur baru ini akan hadir juga untuk pengguna yang berada di daerah lain di luar daftar tersebut. Tentu pengguna Waze di Indonesia juga akan menantii kesiapan fitur ini, terkecuali bagi pengendara kendaraan bermotor di Jakarta yang sudah terjebak dengan kemacetan parah, speed limit rasanya-rasanya tidak akan terlalu berguna banyak.