Dapat Panggilan Telepon Tak Dikenal Dari Luar Negeri? Waspadai Aksi Scammer

ArenaLTE.com - ArenaLTE.com – Beberapa hari terakhir ini, banyak yang mengeluhkan tiba-tiba dapat panggilan nomor aneh dari luar negeri. Berdering sekali dan kemudian panggilan akan terputus. Kadang-kadang, panggilan tersebut dilakukan durasi penuh. Paling sering adalah panggilan dari Rusia dengan kode negara +7. Mungkin pembaca Ada juga yang mengalami hal ini. Jika demikian, maka yang Anda harus dilakukan adalah jangan pernah menerima atau menjawab nomor tersebut. Pasalnya, disinyalir itu adalah ulah dari scammer yang melakukan penipuan dan pencurian pulsa.

Sebenarnya ini bukanlah hal yang benar-benar baru, karena beberapa tahun yang lalu juga pernah kejadian. Kasus di mana tiba-tiba dapat panggilan dari nomor internasional, padahal sebelumnya sama sekali tidak ada relasi dari negara yang di maksud.

Setelah ditelusuri nomor prefiknya, kebanyakan berasal dari Burundi, Malawi, Nigeria, Tunisia, Rusia, Belarus, Pakistan serta beberapa negara-negara di Afrika. Beberapa pengamat mensinyalir bahwa kejadian tersebut adalah ulah dari scammer.

[caption id="attachment_30396" align="alignnone" width="640"]Contoh panggilan internasional yang diduga scammer Contoh panggilan internasional yang diduga scammer[/caption]

Bagaimana sebenarnya scammer bekerja?

Seperti dilansir dari laman techwelkin, Scammer akan menyewa nomor premium internasional (IPRN) dari perusahaan telepon lokal. Setelah ini, scammer akan memberikan satu cincin dan kemudian mengakhiri panggilan. Anda akan berpikir bahwa Anda melewatkan panggilan penting (termasuk panggilan dari negara asing karena itu juga terkadang dianggap penting).

Baca :
Jelang Natal dan Tahun Baru, Ini Smartphone yang Banyak Diincar Konsumen
Cara Mengetahui & Mengatasi Pengisian Baterai Smartphone yang Sudah Lemah



Jadi, Anda akan memanggil kembali nomor yang sama dan panggilan ke nomor tersebut akan dilakukan. Namun sayangnya, biasanya tak seorang pun akan berbicara dengan Anda dari sisi lain dan Anda akan terus mengatakan sesuatu seperti "Halo, halo, halo, adalah siapa pun di sana?!" Akhirnya, tidak menerima jawaban, Anda akan merasa frustrasi dan tekan tombol end-call . Tetapi sayangnya, saldo pulsa Anda sudah terpotong banyak.

Namun dalam beberapa kasus, penipuan ini akan mengarahkan panggilan ke nomor lain yang mungkin memiliki biaya yang sangat mahal dan menawarkan konten dewasa. Semakin lama Anda melakukan panggilan, maka secara otomatis semakin tinggi Anda akan dikenakan biaya. Untuk membuat Anda pada panggilan untuk periode lebih lama, mesin akan meminta untuk Anda menekan tombol atau masuk dalam sambungan line hingga Anda mematikan sendiri telefon tersebut.

Pengurangan Saldo

Setelah panggilan, khususnya bagi pelanggan prabayar maka ketika Anda akan memeriksa saldo telepon prabayar Anda, akan menyadari bahwa Anda telah kehilangan sejumlah besar saldo untuk membuat panggilan internasional.

Anda mungkin bertanya-tanya mengapa orang membuat seperti satu panggilan scammer tersebut? Apa manfaat yang mereka dapatkan dari itu? Nah, rupanya, scammers ini mendapatkan komisi mereka dari perusahaan telepon yang nomor tingkat premi yang mereka gunakan untuk menipu Anda. Mereka mungkin mendapatkan hingga $ 1 untuk setiap panggilan masuk!

Ratusan ribu orang tertipu sehari-hari; sehingga Anda dapat membayangkan berapa keuntungan dari s scammer ini dalam mendapatkan uang. Ini adalah hubungan antara individu dan beberapa perusahaan telepon di Afrika dan negara-negara bekas Uni Soviet.

Leave a Comment