ArenaLTE.com – Desember menjadi bulan yang memiliki arti tersendiri bagi setiap orang, termasuk masyarakat Indonesia. Biasanya bulan ini dihiasi dengan banyak hari spesial, seperti Natal dan Tahun Baru. Makanya, tak salah beberapa orang akan mulai memikirkan hadiah terbaik untuk merayakan hari tersebut, dan smartphone baru beredar dengan harga terjangkau menjadi pilihan paling mutakhir.

Menyusuri wilayah pertokoan Roxy Mas pada Minggu pertama Desember ini, terlihat bahwa banyak bermunculan smartphone baru beredar sudah mulai menghiasi rak toko-toko ponsel yang ada di kawasan tersebut. Bahkan, beberapa pramuniaga toko menyebutkan, ponsel pintar ini hadir dengan harga terjangkau dibawah IDR2 jutaan dan cukup diminati banyak masyarakat.

Berikut smartphone baru beredar dibawah IDR2 jutaan yang direkomendasikan.

Samsung Galaxy J2

samsung galaxy j2

Baru beberapa hari diluncurkan oleh produsen, seri Galaxy J2 sudah cukup menyita perhatian pasar. Pasalnya, Samsung kini telah kembali menggandeng Smartfren dalam rilis resmi terbaru untuk produk ini. Di pasaran harga Samsung Galaxy J2 dibanderol sekira IDR1,9 jutaan, dan dianggap cukup terjangkau untuk ponsel 4G di Tanah Air.

Paket bundling Samsung Galaxy J2 ditawarkan dengan mendapatkan layanan 4G LTE Advance Smartfren, lengkap bonus paket data 4,5 GB (1,5 GB kuota data regular dan 3 GB internet malam), yang berlaku selama 7 hari setelah aktivasi.

Galaxy J2 hadir dengan sokongan prosesor Quad Core Exynoss, serta memori RAM kapasitas 1GB. Sedangkan pada bagian memori penyimpanan, seri ini hadir dengan dukungan sebesar 8GB yang dapat diekspansi hingga 128GB melalui slot micro SD. Pada bagian kamera, seri ini hadir dengan dukungan kamera utama sebesar 5MP dan kamera depan 2MP. 

Lenovo A6010 

Lenovo 4G LTE A6010

Awalnya, seri Lenovo A6010 hanya diluncurkan perdana di situs belanja Online Lazada saja. Namun, selang beberapa Minggu atau lebih tepatnya awal Desember ini, seri kandung dari A6000 ini akhirnya muncul juga di toko Roxy Mas. Dipasaran toko ponsel dibilangkan Jakarta Barat ini, dibanderol sedikit lebih mahal dari pendahulunya yang sekira IDR1,9jutaan.

Meski berada di kiraan harga ponsel kelas menengah, namun spesifikasi yang dimilii A6010 tidak bisa dibilang buruk. Seri ini hadir dengan dukungan layar 5 inci dan panel IPS HD, serta sokongan dapur pacu prosesor Quad Core Snapdragon. Selain itu juga, seri ini hadir dengan dukungan memori RAM 2GB dan penyimpanan internal yang mencapai 16GB.

Sedangkan untuk persenjataan kamera, Lenovo A6010 dibekali dengan kamera utama kekuatan 13MP serta kamera depan yang memiliki kapasitas 5MP. Selain itu, seri ini juga diklaim sudah mendukung teknologi jaringan 4G LTE.

 Asus Zenfone asus-zenfone-2 LASER 6.0 ZE601KL 

 

Kabarnya, meski sudah diperkenalkan serentak secara global pada kuartal-II 2015, namun akibat terkendala distribusi Asus Laser atau Zenfone 2 dengan seri ZE500 ini baru bisa memenuhi rak toko ponsel pada akhir bulan lalu. Di pasaran, seri ini hadir dengan banderol harga yang relatif terjangkau sekira IDR1,9 jutaan, cocok untuk kado hari spesial di Desember 2015 ini. 

Berbeda dari seri sebelumnya, seri ini tidak disokong dengan prosesor Intel. Asus Zenfone Laser ini hadir dengan dukungan prosesor Qualcomm Snapdragon Quad Core dengan seri 410. Sedangkan untuk memori RAM menggunakan kapasitas 2GB dengan penyimpanan memori bervarian, ada yang sekira 16GB dan 32GB. Selain itu, seri ini juga hadir dengan dukungan layar 5 inci yang diklaim sudah menggunakan panel Gorilla Glass 4. Sedangkan untuk kamera menggunakan lensa 8MP pada bagian utama, serta kamera depan dengan lensa 5MP untuk mendukung selife. 

Hisense Pureshot 

review hisense pureshot

Hisense sepertinya cermat melihat pasar 4G di Indonesia yang kian tumbuh, celah pasar tersebut dimasuki produsen melalui seri teranyarnya Hisense Pureshot.  Hal ini juga menandakan bahwa seri terbaru ini, sudah tidak lagi bergantung dengan Smartfren yang sedari dulu menempel dengan produsen. Keuntungannya adalah, pengguna bisa menggunakan semua jenis kartu operator di kedua slot SIM card yang tersedia bahkan berikut dukungan konektivitas 4G juga bisa diaktifkan pada kedua slot tersebut.

Dibanderol sekira IDR1,9 jutaan, tidak menjadikan produk ini asal dalam penggunaan hardware pendukungnya. Didalamnya, pengguna akan menemukan kecepatan pemrosesan sistem melalui prosesor Qualcomm Snapdragon 415 Octa Core, serta memori RAM mencapai 2GB. Sedangkan untuk persenjataan kamera menggunakan lensa 13MP pada bagian utama, dan kamera depan resolusi 5MP.

 Xiaomi Redmi 2 Prime 

f-code xiaomi

Rumor deras mengenai penjualan terbatas produk Xiaomi satu ini memang cukup menyita perhatian pecinta gadget Tanah Air. Dan tentunya alasan kedua adalah produk ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau, yakni sekira IDR1,8 jutaan. Sehingga cukup pantas juga bila banyak diminati oleh pengguna smartphone yang ada di Indonesia.

Namun jika diketahui aslinya,  smarpthone 4G LTE ini adalah versi Xiaomi Redmi 2 yang disempurnakan dengan RAM 2 GB dan memori internal 16GB. Xiaomi Redmi 2 Prime sudah disuntik prosesor 64-bit Qualcom Snapdragon 410. Serta dilengkapi 4G dual SIM demi pengalaman pengguna yang lebih baik.

Untuk bagian layar, seri ini hadir dengan dukungan dimensi 4,7 inci namun memiliki persenjataan kamera yang bisa diandalkan. Pada bagian utama, dibekali dengan resolusi sensor 8MP, namun sayangnya pada bagian kamera depan hanya dibenamkan dengan resolusi kamera sekira 2MP. Meski perlu diakui bahwa kamera tersebut sudah bisa menghasilkan gambar kualitas HD 720p dengan cukup baik. 

LG Magna H502 

lg magna

Meski akhir-akhir ini produk LG terasa meredup di Tanah Air, namun tidak menutup kemungkinan bahwa seri Magna H502 menjadi produk yang paling banyak disarankan oleh pramuniaga toko. Bukan karena nama induk perusahaan yang membantu mendopleng penjualan, namun harga sekira IDR1,7 jutaan menjadi suatu tawaran menarik untuk seri ini.

Untuk persenjataannya sendiri, LG Magna hadir dengan dimensi layar 5 inci yang diklaim sudah menggunakan teknologi layar IPS. Sedangkan pada bagian dapur padunya, dihias dengan prosesor Mediatek dengan kekuatan dua Quad Core yang memiliki kecepatan berbeda. Salah satunya diisi dengan kecepatan 1,2GHz, serta lainnya memiliki kecepatan pemrosesan hingga 1,3GHz menggunakan arsitektur Cortex-A57 dan paduan lainnya adalah memori RAM 1GB.

Sedangkan pada kekuatan kamera, seri ini sudah dibekali dengan sensor lensa kamera utama sebesar 8MP, dilengkapi dengan fitur LED flash, autofokus, dan Geo-tagging untuk mengolah video kualitas Full HD dengan lebih baik. Untuk kamera depannya sendiri, seri ini dikabarkan akan membawa resolusi 5MP.

Sony Xperia E4 

xperia-e4-

Beberapa bulan lalu produk ini masih menduduki harga sekira IDR2 jutaan, namun selang kemudian Sony Xperia E4 menurun harganya yang kini menjadi IDR1,7 jutaan. Mungkin hal turunnya harga yang menjadi acuan para pramuniaga menyarankan produk ini dibeli masyarakat, sehingga tak sedikit yang akhirnya terpincut.

Meski harganya turun, namun spesifikasi yang dibekalinya masih cukup untuk mendongkrak kecepatan performa kinerja smartphone ini. Didukung dengan prosesor Quad Core 1,3GHz Cortex A7 Mediatek, serta memori RAM kapasitas 1GB. Sedangkan pada bagian memori penyimpanan menggunakan luas 8GB yang dapat diekspansi melalui slot Micro Sd hingga 32GB.

Namun sayangnya, fitur kamera masih dibawah standar dari beberapa varian ponsel yang disebutkan diatas. Seri ini hadir dengan dukungan resolusi lensa sekira 5MP pada bagian utama, serta kamera depan yang hanya sebesar 2MP.