ArenaLTE.com – Bertepatan dengan event Sail Selat Karimata 2016, Telkomsel meluncurkan layanan 4G LTE di kawasan Selat Karimata terutama di Ketapang dan Kayong Utara. Acara nasional tersebut puncak acaranya akan berlangsung 15 Oktober 2016 di Kayong Utara, Kalimantan Barat dan dihadiri langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Hadirnya layanan internet cepat 4G LTE dari Telkomsel di kawasan tersebut, harapkan akan menambah kenyamanan komunikasi sekitar lebih dari 15.000 target wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Direktur Network Telkomsel Sukardi Silalahi mengatakan optimalisasi jaringan yang dilakukan Telkomsel di Sail Selat Karimata 2016 merupakan upaya untuk menjamin kenyamanan berkomunikasi bagi seluruh pelanggan dan masyarakat, serta wisatawan yang ikut serta dalam rangkaian event tersebut.

“Upaya ini kami lakukan dalam rangka mendukung pariwisata di Indonesia, di mana telekomunikasi saat ini merupakan salah satu faktor penting pendukung perkembangan pariwisata, khususnya dari sisi pertukaran informasi,” ujar Sukardi.

Telkomsel secara total melakukan penambahan sebanyak 49 base transceiver station (BTS), di antaranya 15 BTS 4G dan 13 compact mobile base transceiver (Combat) yang tersebar di berbagai lokasi, termasuk lokasi utama acara Pantai Pulau Datok. Beberapa lokasi lainnya yang diperkuat secara jaringan meliputi Pulau Pelapis, Pulau Karimata, Pelabuhan Teluk Batang, Pelabuhan TPI Sukadana, Bandara Rahadi Oesman, dan Bandara Supadio.

Dari sisi produk, Telkomsel menghadirkan kartu perdana simPATI edisi khusus  “Explore Sail Selat Karimata” yang sudah didukung layanan 4G dengan kuota data sebesar 7 GB untuk masa aktif 30 hari yang dibanderol dengan harga Rp 65.000.

Bersama Telkom Group, Telkomsel turut berpartisipasi sebagai peserta di Sail Selat Karimata Expo 2016 dengan menghadirkan dua stand layanan yang memberikan informasi tentang Telkomsel, penjualan produk dan layanan, penukaran Telkomsel POIN yang berhadiah langsungmerchandise, serta penukaran kartu 4G (USIM) gratis bagi pelanggan yang berada di lokasi Sail Selat Karimata.

Telkomsel yang telah hadir sejak Desember 1996 di Kalimantan Barat saat ini melayani lebih dari 2,9 juta pelanggan, dengan sekitar 315.000 di antaranya berada di Ketapang, sementara sekitar 56.000 di antaranya berlokasi di Kayong Utara.

Di Kalimantan Barat, anak perusahaan Telkom Group dan Singtel Sigapura ini memiliki setidaknya 1.050 BTS. Di Ketapang telah hadir sebanyak 275 BTS, sementara di Kayong Utara tersebar 53 BTS, di mana sebagiannya merupakan BTS broadband (3G dan 4G).