ArenaLTE.com – Dengan kecepatan hingga ratusan Mbps, banyak sekali kemungkinan yang bisa dilakukan dengan memanfaatkan teknologi 4G LTE. Karena LTE adalah enabler untuk aplikasi real-time inovatif yang memerlukan koneksi data berkecepatan tinggi tanpa interupsi. Salah satu inisiatifnya adalah pemanfaatan teknologi LTE untuk keselamatan publik.

Joerg Ambrozy, head of public safety Nokia Networks mengungkapkan pandangannya di situs blog perusahaan. Ia menceritakan bulan lalu, satu juta peserta berkumpul untuk melihat Paus Francis pada World Meeting of Families di Philadelphia, AS. Kita dapat membayangkan tingkat pengaturan keamanan yang diperlukan untuk kehadiran orang dengan kualifikasi VIP (Very Important Person). “Pihak berwenang setempat memiliki video stream constant untuk keamanan langsung dari acara selama kunjungan Paus. Salah satu responden di situs berkomentar bahwa ini adalah pertama kalinya mereka mengalami tidak kehilangan komunikasi data ketika ada kunjungan VIP,” ujarnya.

Bagaimana itu bisa terjadi? Karena biasanya jika adak kunjungan penting seperti Presiden, maka komunikasi di sekitar area menjadi terganggu. Orang kesulitan untuk berkomunikasi karena jaringan nirkabel diacak demi keselamatan dan keamanan VIP. Joerg Ambrozy mengatakan teknologi LTE untuk keselamatan publik adalah kuncinya. “Jaringan LTE berkecepatan tinggi berdasarkan teknologi Nokia RAN sangat penting untuk bisa segera menilai situasi, rencana ke depan, dan membuat acara yang aman dan sukses untuk semua,” ungkap Joerg.
Baca: Mengenal Teknologi 4G HetNet dari Nokia Networks yang Diadopsi StarHub Singapura

Dalam skenario lain, seperti pencarian orang hilang di lokasi terpencil di mana cakupan jaringan seluler komersial sangat terbatas. Kemampuan Nokia LTE Network di Box sangat cocok untuk jenis dan situasi ini. Solusi ini dapat membantu otoritas keamanan publik membangun jaringan mobile broadband mandiri yang beroperasi penuh dalam beberapa menit setelah team teknisi tiba di lokasi dan yang tidak memerlukan konektivitas backhaul ke jaringan komersial.

Dengan kecepatan koneksi LTE yang tinggi, drone yang dilengkapi dengan kamera video dapat membantu memindai area yang luas dan mengirimkan video langsung ke pusat komando. Keselamatan tim pencari dapat ditingkatkan dengan pelacakan lokasi dan real-time aplikasi untuk kesadaran situasional.

Semua hal diatas tidak akan mungkin tanpa konektivitas mobile broadband. LTE adalah enabler untuk aplikasi real-time inovatif yang memerlukan koneksi data berkecepatan tinggi tanpa interupsi. Ini juga menjamin konektivitas yang handal dengan Kualitas diferensiasi layanan dan keamanan carrier-grade.

Teknologi LTE untuk keselamatan publik sebenarnya bukan cerita baru, Alcatel Lucent (ALu) dan Dewan Kota Charlotte  pada September 2011 telah menyetujui sebuah kontrak untuk penggelaran sebuah Jaringan Keselamatan Publik Long Term Evolution (LTE) di gelombang frekuensi 700 MHz yang dikhususkan untuk keselamatan publik.

Jaringan broadband canggih ini akan meningkatkan kehandalan manajemen data para responder pertama pada insiden-insiden kritis di Mecklenburg County dan juga meningkatkan kemampuan komunikasi jaringan-jaringan di area-area pendukung responder pertama dengan kantor-kantor penegakan hukum dan respons darurat lokal dan nasional lainnya.

Kontrak ini juga akan memberdayakan perangkat-perangkat abad ke duapuluh satu seperti mobile video, penggunaan aplikasi identifikasi wajah dan sidik jari di lapangan, inter-operabilitas medis yang lebih ditingkatkan antara responder pertama dan rumah sakit.

Comments

  1. […] Tentu saja penelitian dalam smartphone masa depan atau futuristis terus dilakukan, namun teknologi-teknologi ini tersebut jarang sekali dimasukan dalam produk-produk mainstream saat ini. Hal ini bisa dikarenakan biaya produksi yang sangat tinggi atau phak produsen berada di zona nyaman mereka sehingga hal-hal baru tidak terasa lagi diperlukan. Baca: Teknologi LTE Untuk Keselamatan Publik, Mungkinkah? […]

  2. […] Public Safety LTE adalah enabler untuk aplikasi real-time inovatif yang memerlukan koneksi data berkecepatan tinggi tanpa interupsi. Ini untuk menjamin konektivitas yang handal dengan Kualitas diferensiasi layanan dan keamanan carrier-grade. Beberapa vendor seperti Nokia Networks dan Alcatel Lucent telah mengembakan teknologi keselamatan publik yang memanfaatkan layanan 4G LTE. Baca:Teknologi LTE Untuk Keselamatan Publik, Mungkinkah?  […]

  3. […] Ongki menambahkan, melalui program-program kerjasama XmartCity XL, diharapkan secara langsung bisa mengenalkan manfaat besar dari keberadaan teknologi internet dan digital. “Teknologi ini bisa menjadi solusi atas persoalan publik yang dihadapi warga dan aparat pemerintah menyangkut kepentingan publik, serta bisa untuk meningkatkan produktivitas siapa pun penggunanya, termasuk kalangan UKM,” jelas Ongki. Baca juga: Teknologi LTE Untuk Keselamatan Publik, Mungkinkah? […]