ArenaLTE.com – Prediksi dari International Data Corporation (IDC) mengatakan bahwa 33% perusahaan global akan gulung tikar jika tidak segera mengadopsi teknologi cloud dan melakukan transformasi digital guna mendorong efisiensi perusahaan dalam lima tahun ke depan. Sehingga diprediksi kebutuhan pasar akan kesediaan dan layanan teknologi cloud akan bertambah, terutama berbasis private cloud yang lebih aman.

Teknologi cloud adalah topik transformasi digital yang memang sedang santer dibicarakan, diperkuat dengan studi dari CA Technologies baru-baru ini. Menyimpulkan bahwa perusahaan di Indonesia memperoleh keuntungan dari transformasi digital, kedua tertinggi dibanding negara lainnya di Asia Tenggara, bahwa urutan keempat tertinggi di dunia.

Melihat kebutuhan ini, BT berkolaborasi dengan Data Center Indonesia (DCI) dan Equinix untuk mendirikan infrastruktur private cloud di Indonesia, menjadikannya operator global pertama yang mampu menyediakannya. Dengan infrastruktur private cloud ini, diharapkan kolaborasi tersebut dapat mendukung terwujudnya transformasi digital bagi perusahaan-perusahaan di Indonesia dan menciptakan pertumbuhan bisnis yang signifikan.

Dengan menggunakan solusi private cloud BT yang merupakan bagian dari portfolio BT Compute, kini perusahaan di Indonesia dapat memperoleh manfaat teknologi cloud guna mewujudkan transformasi digital mereka, termasuk meluncurkan layanan baru dengan lebih cepat, memitigasi risiko, mengurangi biaya dan fokus pada pertumbuhan bisnis.

Baca :
F5 Meluncurkan Layanan Aplikasi Cloud Tanpa Batas
Masuki Industri Game PC, Samsung Hadirkan Monitor Lengkung dengan Kontras Tinggi

Ron Totton, Managing Director BT untuk Asia Tenggara mengatakan, “Indonesia merupakan pasar yang agresif bagi BT, di mana permintaan akan private cloud dan layanan data center tumbuh dengan cepat di banyak sektor, terutama pada sektor Keuangan, Energi, dan Telekomunikasi. Kolaborasi bersama DCI ini dibangun di atas strategi portfolio Cloud of Clouds kami dan sejalan dengan misi kami untuk menjadi penyedia layanan cloud terdepan di dunia. Solusi ini akan membantu pelanggan BT untuk lebih kompetitif di Indonesia dan di dunia.”

Melalui kolaborasi ini, BT menjadi penyedia layanan IT dan jaringan global pertama yang menawarkan infrastruktur private cloud di Indonesia. Sebagai Point of Presence, BT juga memilih data center DCI. Dengan menggunakan platform BT Private Compute, perusahaan dapat menjalankan beragam kebutuhan, mulai dari jaringan, penyimpanan data hingga komputasi dan keamanan, tanpa perlu berinvestasi untuk membangun infrastruktur cloud mereka sendiri.

“DCI siap untuk mendukung platform BT Private Compute. Dengan infrastruktur DCI yang fault-tolerance, ekosistem industri keuangan yang kuat, dan interkoneksi global melalui Cloud Exchange dari Equinix, kami yakin kolaborasi ini akan menyediakan layanan terbaik untuk pelanggan BT di Indonesia,” ungkap Marina Budiman, President Director, DCI.

“Kami bangga menjadi bagian dari kolaborasi BT dan DCI untuk mempercepat kinerja dan peluang bisnis bagi pasar Indonesia. Dengan memanfaatkan interkoneksi global kami dan ekosistem bisnis yang sudah berkembang, pelanggan akan bisa mendapatkan manfaat layanan baru dan inovatif guna membesarkan bisnis mereka,” ujar Clement Goh, Managing Director, Equinix untuk Asia Selatan.