arenaLTE.com, Singapura – StarHub, salah satu provider terbesar di Singapura berhasil mencoba kecepatan download mencapai 600Mbps menggunakanteknologi Nokia Networks 4X4 MIMO (multiple-input and multiple-output) dengan LTE-Advanced Carrier Aggregation. Percobaan teknis ini dilakukan di kantor pusat Starhub.

Kecepatan transmisi data 600Mbps dicapai melalui gabungan teknologi 4×4 MIMO, bersama dengan Aggragated Carrier, untuk mencapai kecepatan data LTE-Advanced.

Nokia mengatakan, jaringan mobile masa depan perlu menggunakan teknologi MIMO LTE untuk mengatasi ratusan ribu aplikasi berbagi data jaringan yang sama, masing-masing dengan persyaratannya sendiri.

Selain itu, StarHub dan Nokia Networks telah berhasimenguji 3-Band Aggrageted Carrier pada perangkat mobile komersial. Uji coba berhasil 4×4 MIMO dan multiband operator agregasi membuka jalan menuju mobile broadband super cepat di masa depan.

Mengomentari percobaan yang dilakukan, Mock Pak Lum, kepala divisi teknologi StarHub mengatakan “4G masih pada jalur evolusi, dan kita menyiapkan diri untuk memenuhi permintaan yang terus tumbuh untuk aplikasi dan layanan bandwidth smartphone yang lebih cepat juga mutakhir. Melalui demonstrasi LTE-Advanced ini, kami ingin menegaskan fokus kami pada memanfaatkan teknologi terbaru untuk menyediakan pelanggan kami dengan layanan terbaik.”