ArenaLTE.com – Berangkat dari berkembangnya kemampuan perangkat dan kebutuhan pengguna yang kian dinamis, WiFi (Wireless Fidelity) sebagai platform WLAN (Wireless Local Area Netwok) paling kondang sejagad juga membutuhkan penyegaran dengan menghadirkan versi (standar) yang lebih mumpuni. Guna mendukung tren IoT (Internet of Things) yang diprediksi bakal booming, WiFi Alliance belum lama ini memperkenalkan standar baru yang disebut WiFi 802.11ah HaLow.

WiFi 802.11ah HaLow diperkirakan menjadi saingan dari Bluetooh LE akibat rendahnya daya yang digunakan dan jangkauan jaraknya. WiFi HaLow akan berjalan di frekuensi 900 MHz, alhasil penggunaan daya untuk mengirimkan data bisa lebih rendah.

WiFi Alliance juga mengatakan bahwa HaLow mampu menempuh jarak yang lebih jauh yakni hingga mencapai 1 kilometer. Dengan frekuensi 900 Mhz , WiFi HaLow mampu menembus dinding beton maupun penghalang lainnya yang cukup mengurangi jangkauan perangkat pada WiFi standar saat ini.

WiFi 802.11ah HaLowTimbal balik dari daya rendah dan jarak yang jauh tersebut adalah kecepatan yang didapat akan bervariasi mulai 150 Kbps hingga 18 Mbps tergantung kompabilitas perangkat. WiFi HaLow memang didesain secara utama untuk memenuhi kebutuhan perangkat yang menggunakan baterai seperti smartphone, smartwatch dan wearable device lainnya.

Agar kompatibel dengan banyak perangkat, sudah barang tentu poin akses yang mendukung HaLow 900 Mhz dipastikan juga akan mendukung frekuensi dual band 2.4 GHz dan 5 GHz, sehingga membuat segala jenis perangkat semakin mudah untuk terhubung. Dikutip dari Telecomasia.net (6/1/2016), WiFi Alliance mengatakan perangkat yang telah memiliki sertifikasi HaLow baru akan hadir pada tahun 2018 mendatang.