ArenaLTE.com – Dengan semakin membesarnya layar smartphone, tentu semakin sulit untuk mengantonginya di saku celana kita, khususnya bagi yang suka menggunakan skiny jeans. Samsung, dalam sebuah bocoran paten yang baru-baru ini mereka ajukan tengah mencoba desain untuk sebuah ponsel pintar full screen yang dapat dilipat. Smartphone lipat Samsung ini bak dompet, bisa dilipat pada bagian tengahnya.

Terdiri dari bingkai yang sedikit mengingatkan kita akan ponsel flip, diagram paten ini menunjukkan perangkat smartphone lipat tersebut memungkinkan untuk dilipat kearah sebaliknya dengan layar berada di bagian luar. Tentu saja  hal tersebut membawa banyak kemungkinan dan cara baru untuk menggunakan smartphone kita.

Tidak jelas apakah perangkat smartphone lipat Samsung tersebut akan menjalankan aplikasi layar penuh biasa atau software khusus yang membagi layar sehingga Anda dapat menggunakannya seperti ponsel flip biasa dengan layar bawah untuk keyboard dan navigasi.

Masalah terbesar dengan ide ini adalah smartphone lipat Samsung dalam bentuk untuk jangka waktu yang panjang dapat mengakibatkan kerusakan pada touch screen. Tapi paten Samsung juga menjelaskan bagaimana ponsel bisa melacak berapa lama ponsel pintar berada dalam kondisi dilipat atau dibuka. Hal ini dapat membantu memperpanjang umur ponsel dan layar.

Keuntungan terbesar dari smartphone lipat Samsung, tentu saja, adalah layar dapat tetap terlindungi saat berada dalam posisi tutup, sehingga layar tidak akan tergores atau rusak saat berada dalam tas atau saku celana.

Tidak jelas apakah Samsung akan serius merilis desain smartphone lipat ini atau konsep ini hanya akan sampai ke ranah paten saja. Namun dalam beberapa tahun terakhir, perusahaan asal Korea Selatan ini telah bereksperimen dengan desain ponsel yang inovatif, termasuk ponsel Galaxy melengkung dan yang Galaxy Note Edge.

Namun di ranah lain, versi ponsel flip Samsung dijadwalkan untuk mulai dijual di Korea sekitar bulan Agustus. Disebut Galaxy Folder, smartphone akan memiliki semua fungsi modern dari sebuah smartphone namun dengan desain flip standar yang banyak kita lihat di awal 2000-an. “Desain flip dikombinasikan dengan fitur smartphone, termasuk layanan internet, messenger dan jejaring sosial, akan menambah kenyamanan perangkat,” kata Samsung dalam sebuah pernyataan.